Tepati Janji Politik, Anies Kasih Kunci ke Penghuni Rumah DP 0 Rupiah

Daftar Isi

    LancangKuning.com -  Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan serah terima kunci kepada 50 calon penghuni gelombang pertama Rusunami Klapa Village, Jakarta Timur atau yang lebih dikenal rumah DP 0 Rupiah. Sebelum diberi kunci, dilangsungkan terlebih dahulu proses akad kredit oleh calon penghuni.

    “Sungguh sebuah kebahagiaan tersendiri. Hari ini kita menyaksikan sebuah menara yang nantinya akan dihuni oleh masyarakat yang mereka terlibat dalam program Rumah DP nol rupiah,” ucap Anies dalam sambutannya di Tower Samawa Klapa Village, Jakarta Timur, Sabtu (31/8).

    Proses serah terima kunci tersebut menggunakan aplikasi khusus dalam rangka untuk memudahkan penghuni. Aplikasi berbasis android tersebut berisi daftar cek serah terima unit berupa segala kelengkapan yang harus diterima penghuni dari pengembang.

    Dengan adanya aplikasi yang beroperasi melalui gawai ini, para penghuni nantinya dapat dengan mudah melaporkan jika ternyata kerusakan dari unit yang diterima, yaitu cukup difoto lalu dikirim menggunakan aplikasi ini.

    “Lalu kepada masyarakat yang hari ini sudah terima kunci. Kami ingin kepada Bapak/Ibu sekalian, mulailah tinggal di tempat ini. Kenapa diberi nama Samawa? Memang betul ini Solusi Perumahan Warga. Tapi nama itu pun membawa pesan bahwa yang bisa mengikuti program ini adalah mereka yang sudah menikah,” tambah Anies.

    Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Kelik Indriyanto, menambahkan Program Samawa ini adalah upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengatasi masalah kepemilikan rumah, melalui fasilitasi pembiayaan kepemilikan dengan skema DP 0 Rupiah.

    “Developer dan Lembaga pembiayaan diharapkan ikut serta dalam program ini, silahkan bangun unitnya dan kolaborasikan dengan Pemprov DKI,” ucapnya.

    Sementara itu, Direktur Utama Sarana Jaya, Yoory Pinontoan mengatakan, Perumda Pembangunan Sarana Jaya berkomitmen untuk menyediakan untuk menyediakan hunian berkualitas namun terjangkau untuk warga DKI Jakarta. “Kami juga memastikan proses hand over unit berjalan lancar dan mulus, yang memudahkan para calon penghuni tower Samawa,” sambungnya.

    Untuk diketahui, hunian DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa itu dibangun di atas lahan 5.686 m2, dengan total 21 lantai, terdiri dari 780 unit yang dibagi menjadi 3 tipe, yaitu pertama tipe studio berjumlah 240 unit, dengan kisaran harga setiap unit Rp 184,8 – 195,8 juta; tipe 1 kamar berjumlah 180 unit, dengan kisaran harga per unit Rp 210,7 – 213,4 juta; dan tipe 2 kamar berjumlah 360 unit, dengan kisaran harga tiap unit Rp 304,9-310,6 juta. Adapun fasilitas yang terdapat di hunian ini di antaranya, Balai Warga, PAUD, Taman Bermain Anak, Musala, dan bus Transjakarta. Selain itu, hunian juga dekat dari pasar dan sekolah.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tepati Janji Politik, Anies Kasih Kunci ke Penghuni Rumah DP 0 Rupiah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar