BPK Soroti Perjalanan Dinas, Luhut: Hotel Saya Enak, Bayar Sendiri

Daftar Isi

    Foto: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan

    LancangKuning.com, JAKARTA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyoroti penggunaan anggaran untuk perjalanan dinas di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) untuk tahun anggaran 2018. Luhut pun menegaskan bahwa hal itu disebabkan karena tidak cukupnya anggaran dengan kebutuhan pegawai.

    Menurut Luhut, persoalan belanja barang, khususnya terkait Surat Perjalanan Dinas (SPD) tidak hanya menjadi persoalan kementeriannya, melainkan semua kementerian. Itu karena kecilnya ketentuan penggunaan anggaran yang ada dibanding kebutuhan pegawai.

    Baca Juga: Penundaan Jangan Sampai Bernuansa Politis

    "Masalah belanja barang dan SPD (Surat Perjalanan Dinas), ya memang ini masalah komplain semua rakyat ini. Dari tingkat menteri sampai bawah," kata dia di kantor BPK, Jakarta, Senin, 6 Januari 2020, melansir VivaNews.

    Luhut mengatakan, selama ini, untuk perjalanan dinas, dia seringkali tidak bisa satu hotel dengan para deputinya. Sebab, anggaran yang tersedia dengan kebutuhan tidak sesuai, akibatnya para deputi harus menempati hotel yang beda kelas dengan dirinya.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Dulu kadang-kadang saya suka komplain juga, saya sebagai pejabat negara saya pergi ke mana hotel saya enak karena saya bayar sendiri. Sekarang dibayar kantor kurang, yang parah lagi para deputi saya kalau pergi itu sering enggak satu hotel dengan saya karena uangnya enggak cukup," tutur Luhut.

    Sebelumnya, Anggota IV BPK Isma Yatun mengatakan, laporan keuangan Kemenko Marves mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk tahun anggaran 2018. Namun, masih ada satu temuan yang menjadi perhatian kuat BPK, yakni menengenai belanja perjalanan dinas.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Untuk Kemenko Kemaritiman kami akan perhatikan belanja barang, khusunya belanja perjalanan dinas," ungkap Anggota IV BPK RI Isma Yatun dalam Entry Meeting atas Pemeriksaan Laporan Keuangan TA 2019 di Gedung BPK RI, Jakarta, Senin 6 Januari 2020). (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel BPK Soroti Perjalanan Dinas, Luhut: Hotel Saya Enak, Bayar Sendiri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar