Tips Bersih-bersih Rumah Saat Libur Natal

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi

    LancangKuning.com, Jakarta -- Libur Nataltiba. Sudah jadi kebiasaan momen ini dijadikan ajang berkumpul dengan keluarga dan sahabat.

    Namun, jangan sampai lupa memanfaatkan libur Natal untuk bersih-bersih rumah. Walaupun memang, membersihkan rumah kadang menjadi hal yang membosankan.

    Baca Juga: Manchester City Vs Wolves, Ini Sosok yang Bikin Guardiola Merinding

    Mengutip CNN Indonesia dari laman Womans Day, Manajer Alpha Living Andre Lewis mengatakan terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar kegiatan bersih-bersih rumah bisa dilakukan dengan cepat.

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mulai dengan membersihkan kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang tamu. Setelah menyapu, menggosok,serta menyedot dan membersihkan debu, maka rumah Anda bisa bersih dalam waktu satu jam saja.

    Baca Juga: Rusia Bakal 'Lawan' Sanksi Larangan Tampil di Olimpiade 2020

    Berikut langkah untuk membersihkan rumah.:

    Zona 1: Kamar Tidur

    Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengumpulkan semua sampah dan barang-barang yang menyumbat meja rias atau lemari. Lalu kosongkan keranjang sampah.

    Setelah itu, Anda bisa memasang seprai dengan mengangkat setiap sudut kamar. Jangan lupa untuk membersihkan debu setelahnya dimulai dari setiap furnitur hingga pernak-pernik, dan buang debu ke lantai.

    Lalu, Anda masih harus menggunakan alat pembersih guna menyedot debu di setiap karpet. Pembersihan di dalam kamar ini bisa dilakukan hanya dalam waktu 10 menit.

    Zona 2: Kamar Mandi

    Anda bisa memulainya dengan menyemprotkan wastafel, meja rias, dan bak mandi dengan semprotan serba guna.

    Kemudian, Anda bisa beralih ke toilet. Untuk membersihkannya, Anda dapat memulainya dengan menaburkan baking soda ke dalam mangkok, gosok dengan sikat toilet, dan siram.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Setelah toilet, Anda perlu membersihkan cermin dengan cairan penyemprot kaca. Membersihkan cermin baiknya dimulai dari sudut atas dan usap dengan gerakan memutar agar semua noda bisa dibersihkan.

    Untuk wastafel, Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk menggosok tempat yang sulit dijangkau. Gosokan dilakukan dari depan ke belakang, mulai dari satu sudut dan bergerak secara horizontal.

    Selanjutnya Anda juga perlu membersihkan bathub dengan kain yang dibasahi dan tarik gorden hingga tertutup kembali. Kemudian, Anda bisa menggunakan pel microfiber untuk mengepel lantai. Bersih-bersih kamar mandi ini diestimasikan bisa dilakukan dalam 9 menit.

    Zona 3: Dapur

    Anda bisa membersihkan dapur selama 12 menit. Dimulai dari membersihkan piring kotor dan mesin cuci piring.

    Lalu, luangkan sedikit waktu untuk memasukkan sejumlah piring ke dalam lemari. Ini agar dapur tampak lebih leluasa dan bersih.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Setelah itu, bersihkan kompor dengan spons. Selanjutnya, Anda bisa membersihkan peralatan lain seperti kulkas, mesin cuci piring dengan kain lembab.

    Jangan lupa untuk membersihkan lantai dapur setelah semua selesai dibersihkan dengan menyapu dan mengepel. Anda bisa menggunakan pel microfiber yang dicampur dengan air.

    Zona 4: Ruang Tamu

    Bersih-bersih ruang tamu bisa dimulai dengan memindahkan semua barang yang tersebar di laci. Barang-barang yang dimaksud, seperti remote dan DVD. Sementara, bila ada majalah sebaiknya ditumpuk di atas meja.

    Kemudian, ambil kain lap untuk membersihkan sudut ruang tamu. Jika ada kerai, bersihkan dengan kain lap berukuran panjang.

    Selanjutnya, buat kaca di ruang tamu lebih berkilau dengan menyemprotkan cairan pembersih dan usap dengan gerakan melingkar dari satu sudut ke sudut lainnya.

    Terakhir, bersihkan seluruh sudut di ruang tamu menggunakan vacum cleaner. Seluruh pekerjaan di ruang tamu ini diperkirakan selesai dalam 15 menit.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Bersih-bersih Rumah Saat Libur Natal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar