Kamu Orang Riau Wajib Tau 5 Festival Memukau ini, Catat Tanggalnya Ya !

Daftar Isi

    Di Bumi Lancang Kuning ternyata mempunyai banyak festival menarik yang bahkan telah menjadi Event Nasional hingga Mancanegara. Apa aja ? Check This Out !
    1.       Festival Pacu Jalur Di Kuantan Singingi
     
    Pacu Jalur merupakan festival budaya nusantara yang berasal dari Kuantan Singingi – Riau, yaitu berupa perlombaan dengan menggunakan perahu atau sampan yang terbuat dari kayu yang oleh masyarakat Kuantan Singingi disebut Jalur. Festival ini diadakan sekali dalam setahun, yaitu setiap tanggal 23-26 Agustus. Pacu Jalur merupakan warisan budaya yang telah bertahan selama ratusan tahun di Bumi Melayu Riau dan telah dikenal hingga ke Mancanegara.
     
     
    2.       Ritual Bakar Tongkang Di Rokan Hilir
    Ritual ini juga dikenal sebagai Upacara Bakar Tongkang yang diadakan setiap tahunnya di Bagan Siapiapi, Rohil, tepatnya pada tanggal 16 bulan kelima penanggalan Lunar setiap tahunnya. Ritual ini diadakan dalam rangka untuk mengenang leluhur yang telah menemukan kota Bagan Siapiappi. Sama halnya dengan Pacu Jalur, Ritual ini mampu menyedot wisatawan dunia, terutama Asia.
     
     
    3.       Tour De Siak
    Tour De Siak merupakan Event Balap Sepeda Internasional dengan rute memutari berbagai tempat wisata di kota Siak. Tentu saja, Event ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai potensi wisata yang ada di Siak. Tour De Siak ini diikuti oleh pembalap dari berbagai Negara. Event ini telah diadakan mulai dari tahun 2013, dan pemerintah tengah mempersiapkan Perhelatan Internasional ini untuk tahun 2016, yakni bulan November mendatang.
     
     
    4.       Festival Bekudo Bono Di Pelalawan
    Festival Bekudo Bono merupakan gelaran tahunan yang bertujuan untuk lebih mempromosikan destinasi Ombak Bono di Sungai Kampar, Pelalawan, Riau. Bekudo Bono merupakan kegiatan mengarungi uniknya dan dasyatnya Gelombang Bono di Sungai Bono yang telah dikenal hingga ke Mancanegara. Festival ini diadakan setiap bulan November setiap tahunnya.
     
    5.       Festival Lampu Colok Di Pekanbaru
    Festival Lampu Colok adalah Festival merangkai Lampu Colok yang terbuat dari botol bekas yang diberi sumbu dan minyak tanah. Lampu Colok dirangkai menjadi berbagai bentuk, mulai dari Masjid hingga Perahu Lancang Kuning. Festival ini diadakan setiap malam 27 Ramadhan setiap tahunnya. Ketika lampu colok dinyalakan, kamu akan takjub dengan indahnya malam 27 Ramadhan yang dihiasi dengan lampu colok dengan berbagai bentuk indah. 
     
    (Ylz)
     
    Sumber : Dari Berbagai Sumber

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kamu Orang Riau Wajib Tau 5 Festival Memukau ini, Catat Tanggalnya Ya !
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait