Cegah Karhutla, Kapolda Riau Canangkan Sumatera Jungle Run 2020

Daftar Isi

    PEKANBARU-Menarik minat masyarakat untuk bersama-sama mencegah dan mewaspadai meningkatnya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya mencanangkan Sumatera Jungle Run di 2020. Event ini akan dilaksanakan pasa bulan Mei 2020.

    "Suatu event internasional yang tidak ada dimanapun. Agar terselenggaranya event ini, kita harus bersama-sama memastikan api tidak ada lagi," ungkap Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya di Pekanbaru, Kamis (5/11/19).

    Agung sudah melakukan survei lokasi dan melihat track yang akan dilalui pelari nantinya. Untuk mengatasi kemungkinan adanya titik api, ia menjelaskan terdapat tiga elemenn penting demi terselenggaranya event ini yaitu Sumber Daya Manusia, sistem serta teknologi.

    Terkait teknologi pihaknya telah melakukan pengembangan melalui dashboard lancangkuning. Dalam sistem ini menggunakan 4 teknologi citra satelit (terra, noaa, lapan, aqua) untuk mendeteksi titik api. 

    Melalui sistem tersebut, Agung bisa memobalisasi orang-orang sumber daya lain dan peralatan yang dipergunakan untuk memadamkan api.

    "Dalam dashboard itu akan bisa melihat titik api dimana, anggota saya dimana, potensi selang air ada dimana pompa air dimana, dan semua gerakan pemadaman  lewat aplikasi tersebut, "tutupnya.

    Sebelumnya jumlah titik api pada tahun 2015 sebanyak 2.563, pada tahun 2016  dan 2017 terjadi penurunan menjadi 983 dan 176 jumlah titik api. Ditahun 2018 dan 2019 terjadi peningkatan berkisar 1.141 titik api. (San)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cegah Karhutla, Kapolda Riau Canangkan Sumatera Jungle Run 2020
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar