Hal yang harus diperhatikan sebelum memasang wifi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Internet adalah suatu teknologi pada zaman  sekarang yang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita, rasanya sangat penting untuk meninjau aktifitas keseharian kita. Guna internet itu sangat beragam, internet biasanya digunakan untuk browsing, main game, sebagai jembatan untuk mencari informasi yang cepat dan akurat, sebagai alat untuk mempromosikan sesuatu, mengurangi adanya biaya kertas yang biasa kita gunakan.

    Selain itu, internet juga sangat penting untuk media pembelajaran dilembaga- lembaga pendidikan seperti sekolah, kampus / perguruan tinggi. Bukan hanya itu, saat sekarang ini, alat untuk mempermudah koneksi internet  kita pun sudah banyak di sekitar kehidupan kita, contohnya saja seperti Wifi / Akses Point.

    Akses Point atau yang sering disebut Wifi adalah Wireless Fidelity yang berarti jaringan standar yang di pakai untuk jaringan lokal atau area kawasan tersebut. Jarak cakupan wifi cukup jauh, jangkauan wifi pada umumnya mencapai  22 meter, itupun jika kamu ingin memaksimalkan data rate nya hingga sebesar 54 Mbps.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jika kamu ingin menambah jarak pada wifi yang kamu punya sehingga sampai dengan jarak jangkauan 30 meter atau lebih, kamu harus menggunakan repeater, yaitu salah satu perangkat jaringan yang berfungsi untuk memperkuat jaringan.

    Bukan hanya itu, repeater berguna untuk kita mempermudah mengakses signal wifi, mempermudah kita dalam mengirim dan menerima data, mengurangi biaya penggunaan kabel, dan intinya repeater sangat berguna untuk memaksimalkan jaringan wifi.

    Jika kamu yang ingin memasang Wifi atau Akses Point dirumah atau ditempat – tempat seperti toko, puskesmas, sekolah, kampus, dan sebagainya. Ada hal yang harus diperhatikan sebelum kamu memasangnya, apa saja itu?? Silahkan baca di bawah ini :

    1. Pilih Provider(ISP) atau penyedia jaringan yang baik, didalam mengakses internet sering kali kita menjumpai yang namanya jaringan lemot atau lelet. Jaringan yang seperti ini sudah tentu akan membuat kita menjadi kesal. Maka dari itu, sebaiknya hal pertama yang harus kamu ketahui adalah memilih provider yang baik seperti Indihome, Biznet home, First Media, Mnc play Media, Indosat Ooredo Gig.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Yang kedua Kita harus memperhatikan keamanan wifi tersebut agar tidak merugikan diri kita sendiri, tujuan memasang wifi disuatu tempat yaitu untuk mempermudah kita dalam mengakses internet, tetapi jika kita berlangganan wifi dengan memakai quota dan jaringan kita tidak diamankan, maka kita akan rugi, mengapa begitu?? Karena penggunaan quota berlangganan kita akan habis sendiri tanpa kita yang menggunakan, entah itu karena banyak orang yang mengakses dan sebagainya. Ini adalah hal yang kedua yang harus diketahui sebelum kita memasang Wifi.
    2. Memperhatikan tipe broadbandnya, yang ketiga kita harus memperhatikan hal ini, karena setiap Internet Service Provider (ISP) berbeda beda tipe broadbandnya. Salah satu tipe broadband yaitu DSL (Digital Subcriber Lines), pada tipe ini, jaringan akan ditransmisikan melalui jaringan telepon tetapi tidak mengganggu jaringan telepon tersebut.
    3. Kecepatan pada internet, hal yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu tentang kecepatan jaringan internetnya, setiap provider dimana kita berlangganan, biasanya pihak tersebut akan memberikan kita beberapa pilihan paket internet yang sesuai dengan kecepatannya, maka dari itu kita harus menentukan kecepatan internet kita tergantung paket yang kita pilih.
    4. Dana berlangganan, jika kita berlangganan sudah tentu kita harus membayar kepada pihak penyedia internet atau ISP tersebut. pastikan kamu tahu berapa dana yang akan dibayar, dan yang terpenting pilihlah paket sesuai dengan kebutuhan budget yang kamu punya
    5. Kabel LAN, didalam memasang perangkat jaringan seperti Wifi, kita membutuhkan kabel untuk menghubungkannya, tidak banyak tetapi kita pilih produk kabel LAN yang berkualitas yang dapat menghantarkan sinyal dengan baik, hal ini agar kita menghindari dari yang namanya data loss.

    Baca juga : Bhayangkari Polres Karimun Santuni Anak Panti Asuhan

    Itulah hal yang harus diperhatikan disaat kita memasang wifi / akses point dirumah dan sebagainya, jika kita tidak berhati- hati, maka kita akan rugi dengan sendirinya, karena dengan adanya wifi, aktifitas kerja kita dalam mengirim data atau mencari informasi di internet menjadi mudah dan efisien (Fadil).

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hal yang harus diperhatikan sebelum memasang wifi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    33%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    33%

    Marah

    33%

    Komentar