Makanan yang boleh di konsumsi oleh penderita Gagal Ginjal

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Dizaman yang serba ada seperti sekarang ini sudah banyak macam-macam penyakit yang mengidap didalam tubuh manusia. Hal tersebut dikarenakan cara hidup yang kurang teratur contohnya manusia lebih banyak menjalani aktifitas tanpa diiringi oleh istirahat yang cukup, dan olahraga.

    Manusia membutuhkan istirahat maksimal 8 jam dalam sehari, namun masih banyak dizaman sekarang mereka menggunakan waktu istirahat untuk beraktifitas, selain itu manusia membutuhkan olahraga paling tidak 3 kali dalam seminggu untuk menjaga metabolisme tubuh dan memakan makanan yang sehat, namun manusia sekarang hanya mementingkan aktifitasnya saja tanpa diiringi oleh hal-hal diatas.  Nah, hal tersebut akan berakibat pada kesehatan-nya sendiri.

    Penyakit gagal ginjal bukanlah penyakit yang terdengar menyepelekan karena dibalik itu semua kita harus pandai dalam mengatur pola makan agar penyakit tersebut tidak makin parah. Ginjal memiliki posisi yang sangat penting dalam tubuh karena ginjal memiliki fungsi melakukan penyaringan darah dari limbah beracun atau cairan yang berlebih dalam tubuh kita.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Penyebab umum dari penyakit gagal ginjal ini adalah adanya komplikasi dari penyakit lain seperti Diabetes dan Tensi Tinggi (Hipertensi). Gejala yang ditimbulkan bisa kita lihat dari urine kita, apabila ada gejala seperti kencing berdarah, kencing berbusa maka segeralah untuk melakukan check-up ke Rumah Sakit. Lantas makanan seperti apa yang kita butuhkan untuk mengontrol kesehatan ginjal kita?. Jangan makan makanan-makanan berikut :

    • Makanan Yang Mengandung “Protein” Yang Tinggi

    Tubuh kita memang membutuhkan protein yang berfungsi sebagai pembangun metabolisme tubuh, tetapi bagi anda penderita gagal ginjal sebaiknya membatasi makan makanan yang kaya akan protein contohnya daging, ikan, kuning telur, susu, dan makanan lainnya. Mengapa hal demikian dilarang?. Itu dikarenakan makanan yang tinggi akan protein akan mengakibatkan penumpukan limbah yang terlalu besar di organ ginjal.

    • Makanan Yang Mengandung “Fosfor” Yang Tinggi

    Mineral pada fosfor memang memiliki fungsi yang juga besar yaitu membantu ginjal untuk menyaring zat sisa dan tidak perlu lagi. Tetapi mengonsumsi produk yang mengandung fosfor secara berlebihan seperti keju, yogurt, es krim, selai kacang, ikan sarden, dan lain sebagainya akan mengganggu kinerja ginjal. Anda dapat menggantikan keju, yogurt, dan es krim dengan mengkonsumsi susu agar anda mendapatkan fosfor yang pas dan pastinya tidak akan berlebihan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Makanan Yang Mengandung “Garam” Yang Tinggi

    Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak natrium akan menyebabkan hipertensi serta memproduksicairan tubuh yang membuat tubuh dalam keadaan yang tidak aman. Bagi anda penderita gagal ginjal sebaiknya membatasi makanan yang mengandung natrium terlalu banyak. Makanan yang memiliki banyak kandungan natrium seperti daging-daging dalam kaleng, ikan kalengan, mie instan, makanan cepat saji.

    • Makanan Yang Mengandung “Kalium” Yang Tinggi

    Kalium merupakan mineral yang memiliki posisi penting juga loh, kalium memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada didalam tubuh kita. Tidak hanya itu, kalium juga berfungsi sebagai pengendali tekanan darah manusia.

    Namun sangat disayangkan jika anda penderita gagal ginjal, dikarenakan ginjal tidak bisa mengendalikan kadar kalium dari dalam darah yang berlebihan. Faktanya, kalium banyak terkandung dalam beberapa sayuran dan beberapa buah-buahan seperti labu, kentang, brokoli, bayam, alpukat, pisang, kiwi, jeruk, melon, anggur, aprikot, asparagus.

    Baca juga : Mau Lolos Tes CPNS? Belajar, Jangan Pakai Jimat

    Itulah makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal. Tidak menutup kemungkinan makanan yang lain akan baik untuk ginjal anda. Jadi untuk itu kita harus mengatur pola makanan agar ginjal dan organ-organ lainnya tetap berfungsi dan tetap sehat (Dani).

     

     


     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan yang boleh di konsumsi oleh penderita Gagal Ginjal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar