Menteri Kelautan dan Perikanan : Tidak Ada Lagi Penenggelaman Kapal

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Edhy Prabowo yang kini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Indonesia Maju Jokowi Maruf 2019 – 2024 yang menggantikan posisi dari Susi Pudjiastuti secara lantang mengatakan bahwa mulai saat ini dan seterusnya penenggelaman kapal tidak lagi dilakukan seperti yang dilakukan Menteri Susi pada saat jabatannya.

    Saat ditemui oleh media secara lantang Edhy mengatakan bahwa tidak akan menggunakan kebijakan untuk menenggelamkan kapal, namun ia akan lebih menekan kebijakan untuk fokus terhadap pembinaan sektor nelayan.

    Edhy mengakui bahwa kebijakan penenggelaman kapal yang dipelopori oleh Menteri Susi ini merupakan suatu terobosan yang sangat baik dan bermanfaat, namun pada masa jabatannya saat ini, kebijakan itu tidak akan terlalu ditekankan, karena Edhy ingin lebih fokus terhadap pembinaan kepada nelayan-nelayan indonesia. Karena mindset nelayan Indonesia juga harus dibina agar mampu bersama menjaga kekayaan laut indonesia.

    Baca juga : The Minions Juara Fuzhou China Open 2019

    Adapun kebijakan untuk membina para nelayan ini, berdasarkan pengakuan Edhy kebijakan tersebut merupakan arahan dari Presiden untuk mendapatkan hasil akhir bagi para nelayan Indonesia yaitu supaya sejahtera.

     

    Dalam hal ini nelayan juga diharapkan mampu mengawas laut serta kekayaan Indonesia dari para pencuri kekayaan laut serta masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungan dan kekayaan laut indonesia.

    Edhy menilai, hal itu dilakukan karena selama ini banyak nelayan Indonesia yang mendapatkan intimidasi dari pihak luar negeri, meski mereka mencari ikan di teritori wilayah Indonesia. Untuk itu, fokus utama KKP melalui PSDKP, selain mengawasi sumber daya  kelautan dan perikanan, juga memberikan perlindungan dan pengamanan kepada nelayan Indonesia terhadap ancaman pihak luar.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    "Saya berharap agar personel PSDKP tidak memusuhi nelayan kita, mereka saudara kita. Jadikan mereka mata dan telinga kita untuk melakukan pengawasan terhadap sumber daya kelautan dan perikanan yang ada," ujar Edhy.

     

    Namun, Eddy juga berharap kepada para nelayan yang berada dari Sabang hingga Marauke untuk tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara yang salah. Serta selalu memperhatikan kelestarian ekosistem biota laut demi terjaganya populasi ikan di laut Indonesia.

    "Kalau ada nelayan kita yang melakukan penangkapan dengan cara yang salah, kami tidak segan-segan menindaknya," tegas Edhy. Minim anggaran Edhy menjelaskan, saat ini dirinya sadar bahwa anggaran untuk pengawasan sangatlah kurang, bahkan jauh dari kata cukup.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Namun demikian hal itu bukan menjadi alasan untuk tidak semangat melakukan pengawasan. "Saya sedang berusaha agar anggaran pengawasan ditambah. Namun, hal itu jangan terlalu dipikirkan, yang harus dipikirkan bagaimana caranya sumber daya kelautan dan perikanan milik kita bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan nelayan, dan diminati untuk bangsa kita sendiri," ujar dia (Zainal).
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menteri Kelautan dan Perikanan : Tidak Ada Lagi Penenggelaman Kapal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar