Sebaiknya Jangan Olahraga Dulu Jika Kamu Dalam Kondisi Ini

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Agar bisa tetap bisa menjalani hidup sehat dan tubuh tetap bugar tentu saja kita dianjurkan untuk berolahraga secara rutin. Dengan berolahraga maka kita memberikan hak kesehatan untuk jasmani kita. Banyak dan besar sekali manfaat dari berolahraga ini untuk kesehatan tubuh. Jiwa yang sehat juga dihasilkan dari tubuh yang sehat, sehingga olahraga rutin adalah hal yang harus kita biasakan agar tetap bisa fit dalam beraktivitas sehari-hari.

    Meskipun olahraga secara rutin adalah hal yang memang disarankan agar bisa tetap bugar dan menjaga kesehatan kita. Namun, ada saat-saat tertentu kita harus menahan diri untuk tidak olahraga. Jika kita tetap memaksakan olahraga, yang ada kita bukan sehat namun mengalami kondisi sebaliknya. Namun, ada juga dalam kondisi kita memang harus berolahraga. Hal ini haruslah kita perhatikan, kapan saat ini kita tetap harus berolahraga dan kapan kita harus beristirahat.

    Misalnya dalam keadaan kurang sehat atau sakit sebaiknya kita menunda waktu berolahraga, karena itu justru akan berefek buruk kepada tubuh kita. Jika awalnya tubuh kita dalam kondisi memang tidak sehat atau fit, sebaiknya kita istirahat dengan banyak. Dan ada beberapa kondisi lainnya yang disarankan jangan olahraga dulu sebelum memperparah keadaannya yaitu :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Tubuh Sudah Terlalu Capek

    Olahraga sangat berguna dalam menambah energi jika tubuh kamu dalam kondisi yang sedikit capek. Namun, jika tubuh tersebut dalam kondisi yang sangat capek dan melelahkan tentu saja kamu tidak disarankan untuk berolahraga. Kita akan sulit fokus jika terlalu kecapekan dan jika dipaksakan berolahraga akan berisiko pada cedera.

    Mengalami Demam

    Deman ini adalah kondisi tubuh kita yang sedang berjuang untuk melawan penyakit, nah jika kamu dalam kondisi tengah demam maka disarankan kamu banyak istirahat dan jangan berolahraga. Tubuh akan semakin terbebani jika kamu tetap memaksakan diri berolahraga sehingga demam kamu akan sangat susah disembuhkan. Selain itu, jika terus dipaksakan berolahraga akan memperparah kondisi karena suhu tubuh akan meningkat.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus STMIK Banjarbaru

    Sedang Flu

    Tujuan dari berolahraga secara rutin adalah meningkatkan kekebalan tubuh kita agar tidak mudah diserang flu. Namun akan berbeda ceritanya jika anda sudah terkena flu, kamu harus menghindari olahraga hingga flu kamu sembuh. Tubuh akan sulit pulih apabila anda memaksakan diri untuk berolahraga dalam keadaan flu tersebut. Sebelum kamu kembali berolahraga, maka kamu harus fokus terlebih dahulu pada pemulihan dan kesembuhan.

    Sedang Mengalami Cedera

    Adakalanya bagian tubuh kita mengalami cedera akibat beberapa hal, nah jika kamu mengalami ini sebaiknya kamu memberi waktu dulu untuk tubuh kamu bisa pulih dan sembuh. Jika kamu memaksakan diri berolahraga dengan kondisi seperti tentu saja akan memperparah keadaan. Namun, jika kamu merasa sumpek tidak berolahraga sebenarnya kamu bisa melakukan olahraga ringan untuk menenangkan pikiran dan mental kamu seperti olahraga yoga atau meditasi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Nyeri Otot

    Apabila kamu mengalami nyeri otot, maka dengan bergerak bisa membantu proses pemulihannya. Bergerak bisa melemaskan kembali otot-otot tubuh dan juga bisa mengalirkan oksigen yang digunakan untuk proses pemulihan tersebut. Meskipun demikian, jika kamu berolahraga berlebihan justru akan memperparah rasa sakit otot kamu. Kamu harus memberi waktu kepada tubuh kamu untuk istirahat memulihkan rasa sakitnya jika nyeri otot tersebut terjadi karena olahraga yang kamu lakukan sebelumnya.

    Itulah beberapa kondisi yang sebaiknya kamu tidak usah berolahraga dulu. Jika kamu merasa tubuh sangat capek, neyri dan kelelahan sebaiknya kamu beristirahat total agar tubuh kembali pulih.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sebaiknya Jangan Olahraga Dulu Jika Kamu Dalam Kondisi Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar