Cara Memilih Laptop Yang Baik untuk Keperluan Sehari-Hari

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Selain smartphone dan tablet, laptop adalah salah satu teknologi yang mudah dibawa kemana saja untuk memudahkan dalam pekerjaan. Laptop ini berbentuk compact bisa menjadi pengganti Personal Computer (PC) yang sulit dibawa-bawa jika hendak menyelesaikan sebuah pekerjaan. Saat ini orang rata-rata lebih memilih laptop ketimbang PC karena kemudahan yang ditawarkannya.

    Kebutuhan setiap orang akan laptop ini tentu saja berbeda-beda, meskipun terkadang masih juga yang bertahan dengan komputer. Ada yang membutuhkan perangkat ini untuk kuliah, bekerja, kuliah sambil kerja, sekolah atau hanya untuk bermain game. Jika saat ini kamu membutuhkannya untuk pekerjaan, tentu saja juga harus mempertimbangkan jenis pekerjaan. Apa hanya sekedar untuk menulis atau editing video dan hal lainnya.

    Tentu saja kita memiliki suatu hal harus disesuaikan dengan kebutuhan kita, dan menyesuaikan dengan kebutuhan inilah yang kadang menjadi dilema. Kerap kali anda merasa bingung laptop seperti apa yang harus dimiliki agar bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kita harus hati-hati dalam pemilihan ini dan tidak bisa terburu-buru, karena banyak faktor yang harus dijadikan pertimbangan. Nah, untuk anda yang masih bingung dalam membeli laptop berikut tips yang harus kamu pertimbangkan :

    1. Processor

    Processor ini bisa dikatakan otak dari komputer atau laptop, dan jenis processor yang sering kita dengar mungkin adalah intel. Untuk jenis ini sebenarnya memiliki banyak generasi atau seri dan yang lagi banyak disarankan saat ini adalah core i3, i5 dan i7. Dan ketiga seri ini tentu saja memiliki beban kerja dan fungsi yang berbeda-beda.

    Jika hanya untuk kegiatan ringan sehari-hari cukup dengan core i3, untuk lebih berat dan light gaming bisa memilih processor core i5, dan jika kamu membutuhkan laptop yang membantu pekerjaan multitasking serta high end-gaming maka i7 adalah pilihan yang tepat.

    Processor tersebut juga dilengkapi dengan kode berupa huruf dan angka di belakangnya yang memiliki arti berbeda, seperti Contoh i5-7200U . Dimana angka 7 disana menunjukan generasi dari processor sedang huruf itu Ultra Low Power dimana performanya lebih rendah dan baterainya bisa tahan lebih lama karena tenaganya rendah ini, kebalikannya yaitu H (High Performance).

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Wuna Raha

    1. RAM

    Random Acces Memory yang disingkat RAM fungsinya adalah untuk menjalankan aplikasi, sehingga semakin besar RAM yang dimiliki sebuah laptop tentu saja semakin banyak pula aplikasi yang dapat dijalankan.

    1. Graphic Card

    Graphic Card atau Kartu Grafis ini biasanya dibutuhkan oleh orang yang bekerja dalam mengolah grafis atau desain grafis, misalnya mengedit video atau bermain game.

    1. Memory (Storage)

    Storage memiliki fungsi menyimpan data di komputer, dan saat ini untuk jenisnya ada dua yaitu Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD). Meskipun memiliki fungsi yang sama, kedua jenis storage ini memiliki perbedaan dari cara kerja dan kecepatannya. Dimana SSD adalah teknologi storage terkini sehingga memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

    1. Display (Layar)

    Untuk layar yang jadi bahan pertimbangan anda adalah pertama kamu menginginkan ukuran layar seberapa, panel layar yang dipakai, dan apakah ingin touchscreen atau non-touchscreen.

    1. Keyboard

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Mungkin terkesan spele, namun tetap saja kamu harus mencari laptop dengan keyboard yang nyaman digunakan.

    1. I/O Port

    I/O Port ini adalah tempat mencolok kebutuhan seperti USB atau hal lainnya, sehingga kamu harus memperhatikan port dalam memilih laptop sesuai kebutuhan kamu.

    1. Budget

    Ini adalah hal paling penting dalam memilih laptop. Tentu saja kamu harus menyesuaikan dengan budget anda. Kamu bisa memastikan bahwa kebutuhan kamu terpenuhi dengan biaya yang kamu miliki, sehingga kamu bisa memangkas hal yang tidak terlalu kamu butuhkan karena budget terbatas.

    Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba ketika kamu memilih laptop yang baik sesuai kebutuhan kamu, ingat membeli sesuatu haruslah sesuai kebutuhan agar bisa digunakan dan berfungsi secara maksimal.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Memilih Laptop Yang Baik untuk Keperluan Sehari-Hari
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar