Pesan Ustaz Fadlan untuk Santri Indonesia

Daftar Isi

    Foto: ACT

    LancangKuning.com, JAKARTA – Tak sedikit kehidupan santri di berbagai pelosok negeri kondisinya masih memprihatinkan. Mereka menuntut ilmu walau dengan fasilitas pendidikan yang terbatas. Belum lagi, tak jarang mereka terkendala masalah ketersediaan pangan.

    Kondisi ini terlihat di Pesantren Al-Istiqomah, Kampung Walesi, Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Fasilitas mereka untuk menuntut ilmu sangat sederhana. Bahkan, para santri dan ustaz pengajar sempat kekurangan logistik pangan ketika pecah konflik kemanusiaan di Wamena beberapa pekan lalu.

    Baca Juga: Pilih Tugas di Rupat Utara, Bupati Bengkalis Tak Penuhi Panggilan KPK

    Walau berada di tengah konflik, keterbatasan fasilitas serta kurangnya ketersediaan pangan, para santrinya tak patah semangat. Ketika Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkunjung pada Jumat (4/10) lalu, santri dan pengajarnya tetap antusias melakukan kegiatan belajar mengajar.

    Hal serupa juga dapat dilihat di MAS Darul Ulum Sikakap, Mentawai, Sumatra Barat. Belajar dengan fasilitas yang masih terbatas seakan sudah terbiasa. Mereka hanya belajar dengan dua kelas yang digunakan secara bergantian untuk tiga tingkat. Sedangkan satu ruang kelas kini telah disulap sebagai tempat tinggal santri yang menetap di sekolah.

    Baca Juga: Warga di Mali dapat Bantuan Al-Quran

    Melihat masih banyaknya kondisi pesantren seperti itu di berbagai penjuru negeri, Ustaz Fadlan Garamatan kemarin mengatakan, santri perlu terus mengemban ilmu walau dengan kondisi dan fasilitas yang terbatas di pesantren. “Santri merupakan penerus para nabi,” ungkapnya, Selasa (22/10), pada kesempatan peluncuran program Beras untuk Santri Indonesia dari ACT yang bertepatan dengan HSN 2019.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Beras untuk Santri Indonesia merupakan program yang akan menyediakan kebutuhan beras bagi pesantren-pesantren di berbagai pelosok negeri. Pesantren yang dibina Ustaz Fadlan merupakan salah satu pesantren yang akan mendapatkan distribusi beras dari ACT pada Rabu (23/10).

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Fadlan yang merupakan ustaz asal Papua ini menambahkan, santri di zaman modern harus dapat terus menjadi bagian penerus bangsa. Menurutnya, layaknya para pendahulu mereka yang berjuang dan mempertahankan kemerdekaan, maka santri zaman sekarang harus menjadi ujung tombak memajukan Indonesia. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pesan Ustaz Fadlan untuk Santri Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar