ACT Sediakan Stok Darah untuk Pasien di Gaza

Daftar Isi

    Foto: Dok. ACT

    LancangKuning.com, GAZA – Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali memfasilitasi donor darah bagi masyarakat Gaza, Palestina. Kegiatan donor darah ini berlangsung sejak September hingga Desember mendatang.

    Baca Juga: Putra Aktor Pemeran 'Tarzan' Tikam Ibunya Hingga Tewas

    Program yang bekerja sama dengan sejumlah mitra di Gaza tersebut menargetkan 1.000 kantong darah untuk dipasok ke rumah-rumah sakit seluruh Gaza, baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta.

    Andi Noor Faradiba dari tim Global Humanity Response (GHR)-ACT melaporkan, melalui program ini, ACT dapat membantu kebutuhan pasien di rumah sakit. Dukungan dana untuk layanan medis, peralatan medis, termasuk biaya perawatan darah membuat pasokan darah mahal dan minim di Gaza.

    Baca Juga: Ternyata, Polusi Udara Bisa Memicu Keguguran

    “Belum lagi, situasi yang mengancam di Jalur Gaza dan adanya kemungkinan tindakan agresi yang akan terus berlangsung,” kata Faradiba.

    Bertempat di The Central Blood Bank Association, Khan Younis, Gaza, donor darah diikuti oleh puluhan orang. Para resipien merupakan korban kekerasan militer Israel ketika aksi Great Return March.  

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Menurut laporan Faradiba, hingga September lalu tercatat 34.282 korban luka pada aksi GRM. Selain itu, penerima darah adalah pasien kanker yang jumlahnya sangat banyak di Gaza, pasien dengan talasemia, leukimia, gagal ginjal, pasien yang baru saja menjalani operasi, dan persalinan.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    “Melalui program ini kami berharap juga dapat berbagi informasi dan mengedukasi masyarakat di Gaza terkait minimnya kesadaran mendonorkan darah,” kata Faradiba, Selasa (16/10). Padahal, kebutuhan transfusi darah di sejumlah rumah sakit di Gaza sangat besar. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel ACT Sediakan Stok Darah untuk Pasien di Gaza
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar