Awas, Modus Iming Jadi PNS tanpa Proses Seleksi

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi

    LancangKuning.com, Jakarta - Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan meminta masyarakat waspada tawaran menjadi PNS instan alias tanpa seleksi. Permintaan ini sekaligus sebagai peringatan bagi mereka yang mau mendaftar lowongan CPNS 2019.

    Baca Juga: Berikut Jadwal Penerimaan CPNS 2019

    Ridwan mengimbau agar masyarakat jangan percaya dengan iming-iming semacam itu, karena tidak mungkin bisa menjadi PNS tanpa ikut tahapan seleksi hingga dinyatakan lulus.

    Baca Juga: Walikota Medan Terkena OTT KPK, Hartanya Mencapai Rp20 Miliar

    "Pendaftaran online, seleksi administrasi, seleksi kompensasi dasar, seleksi kompetensi bidang, pengumuman resmi di web resmi atau di BKD atau kementerian setempat, kalau bukan itu prosesnya pasti palsu," jelasnya saat dihubungi detikcom, Jakarta, Rabu (16/10/2019), seperti melansir detik.com

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Apalagi kalau ada SK pengangkatan yang seolah-olah diterbitkan oleh BKN, itu juga sudah pasti palsu. BKN hanya menerbitkan SK pengangkatan terhadap CPNS yang memang lolos seleksi masuk BKN. Sementara pengangkatan CPNS di instansi lain bukan diterbitkan oleh BKN.

    "Padahal sudah berkali-kali kami sampaikan SK CPNS itu bukan Kepala BKN yang buat atau bukan pejabat BKN yang buat tapi pejabat pembina kepegawaian setempat, bisa itu menteri, bisa kepala daerah," terangnya.

    Tentu saja modus penipuan semacam itu dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan. Biasanya korban yang percaya akan dimintai sejumlah uang.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Betul, semacam itu 'oh bisa nggak pakai orang dalam, nggak pakai tes, nggak pakai apa langsung keluar SK-nya dan sebagainya. Itu banyak sekali sampai hari ini (penipuannya)," tambah dia. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Awas, Modus Iming Jadi PNS tanpa Proses Seleksi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar