Manfaat Vitamin K untuk Ibu Hami Mampu Bantu Penyembuhan Pasca Persalinan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebagai ibu hamil demi kesehatan tubuh dan janinnya tentu saja harus memenuhi asupan nutrisi yang termasuk vitamin dan mineral. Bisa dikatakan hal ini sangat berperan dalam pertumbuhan janin terlebih vitamin K.

    Vitamin K ini adalah jenis vitamin yang membantu tubuh membangun protein untuk tulang agar sehat serta pembekuan darah normal karena larut di dalam lemak. Cara kerja vitamin K ini bersamaan dengan vitamin D, yaitu memastikan kalsium terserap oleh tulang sehingga bisa berfungsi dengan baik.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Vitamin ini merupakan kelompok senyawa seperti Vitamin K1 dan K2. Kandungan vitamin K1 ini bisa didapatkan dalam sayuran berdaun hijau sedangkan K2 ada pada daging, keju dan telur. Pada dasarnya tubuh kita memerlukan 90 mikrogram vitamin K meskipun hamil atau tidak.

    Secara umum ia berguna dalam meningkatkan pembekuan darah serta mencegah adanya pendarahan berlebihan. Tidak hanya itu saja, ia juga mampu mengatasi kehilangan tulang yang diinduksi steroid, osteoporosis dan lainnya.

    Namun harus diingat bahwa jika berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin ini juga berbahaya bagi tubuh karena berefek pada darah menjadi terlalu tipis. Selama kehamilan, tugas ibu hamil cukup memastikan bahwa sudah mencukupi kebutuhan akan vitamin ini terlebih ketika pada tahapan trimester ketiga.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Tarumanagara

    Kecukupan pada ini tidak bisa dianggap sepele dalam kehamilan, karena bisa membantu untuk pemulihan pasca persalinan dan melahirkan. Akan ada kemungkinan resiko bagi ibu dan bayi jika kekurangannya ketika hamil serta menyebabkan perkembangan kolestasis kehamilan.

    Kolestasis ini adalah gangguan pada kesehatan akibat cairan empedu berhenti atau berkurang, dan pada umumnya mempengaruhi perempuan hamil di trimester ketika serta merupakan gangguan hormon yang diinduksi aliran empedu di kantong empedu.

    Gejala-gejala dari kolestasis ini yaitu kelelahan, urin gelap, nafsu makan hilang, depresi, gatal-gatal parah dan gejala lainnya. Sehingga penting sekali bagi ibu hamil meningkatkan asupan vitamin K, bisa dikatakan harus diprioritaskan dan kebutuhan harus dipenuhi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Sebenarnya tubuh ibu hamil sudah bisa mencukupi kebutuhan vitamin K ini jika telah memenuhi asupan diet seimbang selama kehamilan. Meskipun demikian tidak ada salahnya ibu hamil mempertimbangkan mengkonsumsi makanan berikut yang memiliki kandungan vitamin K seperti bayam, kubis, daging, susu, sayuran berdaun hijau, yogurt, dan keju.

    Sekedar informasi bahwa kandungannya pada makanan ini tidak akan berkurang walaupun dimasak. Nah, itulah alasan pentingnya mencukupi kebutuhan vitamin K untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Vitamin K untuk Ibu Hami Mampu Bantu Penyembuhan Pasca Persalinan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar