Rumah Yatim ACT untuk Pengungsi Rohingya Selesai Dibangun

Daftar Isi

    Foto: ACT

    LancangKuning.com, CHITTAGONG - Bangunan lima tingkat yang terdiri dari 30 ruangan itu kini kokoh berdiri. Rumah Yatim Aksi Cepat Tanggap itu berlokasi di Padua, Chittagong, Bangladesh. Bangunan yang dibangun sejak November 2017 tersebut diperuntukkan bagi anak-anak yatim Rohingya  dan Bangladesh.

    Baca Juga: Kenali Tanda Liver Bermasalah

    "Gedung ini terdiri dari 5 lantai dan 30 ruangan, nantinya, selain menjadi asrama anak yatim, gedung ini juga akan digunakan sebagai gedung sekolah," ujar Sucita Nur Ramadinda dari tim Global Humanity Response (GHR) - ACT, Rabu (9/10).

    Rumah Yatim yang dibangun di atas tanah wakaf ini merupakan bentuk kepedulian  masyarakat Indonesia terhadap pendidikan pengungsi anak-anak Rohingnya. "Insyaallah rencananya Rumah Yatim ini akan digunakan oleh 300 anak yatim Rohingya dan juga Banglades h untuk tinggal dan bersekolah," terang Sucita.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Sucita menjelaskan, ACT mengikhtiarkan gedung ini sudah bisa digunakan pada Januari 2020. Kini, ACT pun tengah membangun kesepakatan dengan mitra yang akan mengelola asrama dan sekolah tersebut nantinya.

    "MItra kita di Bangladesh selama ini juga bekerja sama dalam pembangunan shelter juga distribusi bantuan untuk pengungsi Rohingya sebelumnya. Mereka juga mengelola sekolah yang lokasinya tidak jauh dari Rumah Yatim," tambah Sucita. Ia berharap, semua ikhtiar yang dilakukan ACT berjalan dengan baik dan Rumah Yatim bisa segera difungsikan.

    Melalui program-program Solidaritas Kemanusiaan Dunia Islam (SKDI), ACT terus memberikan dukungan kemanusiaan bagi pengungsi Rohingnya. Sucita mengatakan, bantuan itu mulai dari pangan sampai ke pemberdayaan masyarakat.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Untuk distribusi logistik, terutama di tahun ini, kita lebih banyak fokus ke Rohingya di Arakan, Myanmar. Di tahun ini kita juga menyalurkan bantuan waterpump di Myanmar, pemberdayaan perempuan Rohingya melalui pelatihan menjahit, iftar saat Ramadan dan distribusi daging kurban," tandasnya.

    UNICEF pun memperingatkan tentang masa depan yang suram pengungsi anak Rohingya di pengungsian Bangladesh.

    “Jika saat ini juga kita tidak membuat investasi di bidang pendidikan, kita akan menghadapi kenyataan menyeramkan tentang hilangnya generasi anak-anak Rohingya,” ujar representatif UNICEF untuk Bangladesh Edouard Beigbeder, Februari lalu. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rumah Yatim ACT untuk Pengungsi Rohingya Selesai Dibangun
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar