Komunitas SOSFOR Bagikan Masker Gratis ke Pengendara yang Melintas

Daftar Isi

     

    Foto: Komunitas SOSFOR 

    LancangKuning.Com, PEKANBARU -  Kabut asap kiriman dari Kabupaten Tetangga terus menyelimuti udara di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Untuk meringankan beban warga yang terpapar kabut asap. Sebuah komunitas peduli yakni SOSFOR Berbasis Peduli sosial dan Peduli Lingkungan Berinisiatif untuk Membagikan Masker Gratis di Jalanan HR Soebrantas, Panam
    Senin pagi (9/09/19).

    Ratusan masker gratis ini diberikan  kepada warga yang beraktivitas di luar ruangan. Pembagian Masker diutamakan untuk anak-anak, lansia,pengendara sepeda motor dan pejalan kaki. Mayoritas masyarakat dan pengendara terlihat sangat antusias menerima masker gratis tersebut.

    Baca Juga: Angggota DPRD Kampar Zalka Putra Lepas Pawai Peringatan Tahun Baru Islam

    Selain membagikan masker, SOSFOR juga mengedukasi warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah saat kabut asap menyelimuti udara dan selalu menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

    “Melihat Kabut Asap yang semakin menebal, kami berupaya memberikan edukasi atas kesehatan beraktivitas diluar Rumah saat ini, sangat penting apalagi khususnya bagi anak-anak untuk selalu menggunakan masker untuk menghindari dari Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) yang diakibatkan oleh Kabut asap tebal ini," ujar Arif Anggota SOSFOR.

    Kabut asap sisa karhutla sangat pekat menyelimuti Pekanbaru dari pagi hingga siang hari.
    Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan asap atau jerebu yang memenuhi udara berasal dari kebakaran lahan di Kabupaten Pelalawan dan sekitarnya

    "Kalau ada orang atau pihak tertentu sengaja membakar Lahan dan Hutan, tangkap saja jangan diberi ampun karena dampaknya sangat besar kpd Kesehatan masyarakat," ujar Asran Pengendara Sepeda Motor.
    dia juga berharap, kebakaran hutan dan lahan bisa teratasi agar dampaknya tidak semakin membahayakan.

    Baca Juga: Udara Pekanbaru Mulai Dekati Status Berbahaya

    Daus salah seorang Anggota Komunitas SOSFOR menyebutkan, aksi ini Merupakan Aksi Sosial panggilan hati nurani, menyikapi kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru.

    Komunitas ini juga berharap Pemerintah Kota Pekanbaru segera mendirikan Posko darurat kabut asap. Posko ini harus dibangun di kawasan strategis dan keramaian serta harus melayani masyarakat yang mengalami gangguan pernapasan atau penyakit lain dampak kabut asap.

    Sebagai salah satu Komunitas yang Berbasis peduli terhadap lingkungan Hidup tidak tinggal diam. Mereka segera Melakukan Serangkaian Aksi terkait Kabut Asap. Hal pertama yang mereka lakukan adalah Menyebarkan Informasi Melalui Media Sosial yang Bertujuan untuk Menyebarkan Semangat Positif untuk Lebih Peduli kepada Lingkungan.

    Diantaranya tentang penyebab kebakaran, bahaya asap, kegiatan kenanggulangan yang dilakukan oleh banyak pihak (Pemda dan relawan), dan tindakan Preventif yang bisa dilakukan oleh Masyarakat Menghadapi Asap. Melalui media sosial informasi yang mereka Sampaikan Mendapat Sambutan dari Masyarakat Pekanbaru dan Sekitarnya. (LKC/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komunitas SOSFOR Bagikan Masker Gratis ke Pengendara yang Melintas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar