Kabut Asap, YBM PLN Wilayah Riau dan Kepri Berikan Layanan Kesehatan Gratis

Daftar Isi

     

    Foto: Istimewa

    LancangKuning.Com, PELALAWAN - YBM PLN Unit wilayah Riau dan Kepri memberikan pelayanan Kesehatan Gratis dan berbagi masker di tiga Desa, berada di Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Kabut asap yang melanda provinsi Riau akhir-akhir ini masih menimbulkan masalah kesehatan disejumlah titik Provinsi Riau.

    Salah satu nya Adalah Desa Pematang Tinggi, Desa Banjar Panjang dan Desa Mak Teduh, wilayah ini merupakan wilayah yang ikut terdampak bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan  menjadi sasaran aksi peduli respon kabut asap oleh YBM PLN Unit Riau dan Kepri bersama Human Initiative Riau dalam mengatasi dampak kesehatan yang ditimbulkan akibat Karhutla.

    Baca Juga: 1.842 RLH Ditargetkan Rampung Pada Tahun 2019

    Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung  Pertemuan Desa Pematang Tinggi dan dan Balai Desa Banjar Panjang, masyarakat sangat antusias mengikuti pengobatan ini, kemudian aksi pengobatan yang diberikan tidak hanya layanan pengobatan, namun tim aksi juga memberikan masker kepada masyarakat.

    Aksi dimulai pukul 08.00 s.d 17.00 WIB, sebanyak 252 orang penerima manfaat yang datang mengecek kesehatannya mulai dari usia balita hingga lansia, dari hasil pemeriksaan dokter masayarkat yang datang keluhan yang dirasakan adalah seperti batuk, sesak nafas, mata perih, mata merah dan demam. Tim aksi mengirimkan 2 orang dokter, 3 orang perawat, dan para relawan.

    Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Kabupaten Pelalawan Riau beberapa bulan terakhir menimbulkan kabut asap dibeberapa kecamatan di Pelalawan yang berdampak masalah kesehatan bagi masyarakat.

    Baca Juga: Sering Bertengkar, IRT di Siak Tega Bayar Pembunuh Bayaran Habisi Nyawa Suami

    Sejak Bulan Juli hingga pekan ketiga Agustus ini tercatat 2.730 warga yang terserang Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA). Dengan rincian selama Bulan Juli terdapat 1.547 pasien ISPA dan di Bulan Agustus per tanggal 17 sudah mencapai 1.183 orang.

    Ini berdasarkan laporan dari 14 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang kita miliki di seluruh kecamatan," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, Asril M.Kes

    Kepala Desa Banjar Panjang Ponirin mengucapkan terima kasih banyak kepada tim YBM PLN Unit Willayah Riau dan Kepri yang telah memberikan aksi peduli ini di desa kami, warga kami sangat senang dan bersyukur dengan adanya pemeriksaan dan pengobatan ini.

    Pengobatan ini sangat bermanfaat untuk warga kami. Ucap Bapak ponirin, kepala Desa Banjar Panjang.
    Aksi selanjutnya, tim akan melakukan pengobatan pada titik ke 3 di Desa Mak Teduh pada hari Senin, 2 September 2019. Aksi layanan kesehatan ini juga bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Kerumutan.

    Aksi ini akan dilaksanakan di Posyandu dusun II Pematang Tengah Jamaludin sebagai kepala dusun setempat, mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan berupa layanan pengobatan gratis yang akan dilaksanakan di desa kami. (LKC/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kabut Asap, YBM PLN Wilayah Riau dan Kepri Berikan Layanan Kesehatan Gratis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar