Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Insomnia merupakan sebuah penyakit, dimana sang penderita akan merasakan susah untuk tidur, biasanya insomnia ini sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dan salah satu penyebab insomnia sendiri adalah hal yang dapat memicu stress. Misalnya saja karena terlalu memikirkan pekerjaan, kondisi kesehatan, atau keuangan.

    Faktor Resiko Insomnia

    Meskipun setiap orang bisa mengalami insomnia, terdapat juga beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko terjadinya kondisi ini. Antara lain adalah:

    • Berjenis kelamin wanita. Perubahan hormon pada saat menstruasi datang dan jika berada pada masa menopause, akan sangat mengganggu pola tidur. Selain itu, insomnia bisa juga terjadi di masa kehamilan.
    • Berada Pada Kondisi Medis. Insomnia sendiri akan sangat beresiko besar pada seorang yang memiliki gangguan kesehatan, bisa itu fisik ataupun jug mental.
    • Usia Yang Berada Diatas 60 Tahun. Pola tidur dan juga kondisi kesehatan akan berubah dengan seiring usia, dan juga akan sangat meningkatkan resiko insomnia.
    • Perubahan pada jadwal aktivitas. Faktor perubahan ini akan sangat mengganggu pola tidur, misalnya saja di sebabkan oleh pergantian jadwal saat bekerja.
    • Stres. Stres ringan ini juga bisa menyebabkan insomnia. Karna semakin berat dan lama stres yang di rasakan, resiko terjadinya insomnia ini akan menjadi makin tinggi.

    Kurang tidur sendiri menjadi sebuah penyebab menurunnya fungsi tubuh, mulai dari rendahnya konsentrasi sampai melemahnya daya tahan tubuh, Meskipun begitu jika kita ingin mengatasi insomnia, bukan berarti kita harus menggunakan obat tidur ketika kita merasa terkena insomnia. Karna ada cara ampuh untuk bisa mengatasi insomnia tanpa harus menggunakan obat-obatan, berikut cara untuk mengatasi insomnia paling ampuh :

    1. Membaca

    Saat beberapa kali terbangun saat tidur malam dan akan merasa sulit untuk tidur kembali adalah hal yang sering dialami oleh seorang penderita insomnia.

    Oleh sebab itu biasanya saat terbangun dari tidur malam, seorang penderita insomnia akan hanya berbaring dan mencoba untuk tidur kembal padahal mata sudah tak mampu terpejam, namun saat terbangun dari tidur cobalah untuk membaca buku agar mata menjadi mengantuk dengan sendirinya nantinya. Dan kita juga bisa mendengarkan musik karena musik bisa menjadi pengantar tidur.

    1. Mengkonsumsi Buah Kiwi Kaya melatonin

    Melatonin yang terdapat pada buah kiwi ini bisa membantu kit tertidur, karena mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kaya melatonin, bisa memungkinkan tubuh bisa tidur lebih nyenyak.

    1. Makan Malam Lebih Awal

    Kondisi koma makanan juga sangat menentukan kualitas tidur. Karna koma makan ini adalah kondisi tidur atau bisa jug kelesuan yang disebabkan oleh mengkonsumsi makan dalam jumlah yang sangat besar, dan juga dapat membuat kita nantinya terbangun daro tidur saat tengah malam.

    Cobalah untuk makan 3-4 jam sebelum tidur pada malam hari, karena, jika perut sudah terisi dengan banyak makanan sebelum tidur, terutama pada makanan yang sangat penuh lemak, akan sangat berpengaruh dan juga menyebabkan refluks atau naiknya asam lambung yang dapat mengganggu tidur kita.

    1. Menyingkirkan Televisi dari Kamar

    Jika di kamar mu terdapat televisi, maka ada baiknya jika kamu memindahkan televisi itu ke tempat lain, karena televisi akan sangat berpengaruh dan bisa snagat memperparah terjadi nya kondisi insomnia. Suara dan juga cahaya yang dihasilkan dan juga dipancarkan oleh televisi akan bersifat merangsang otak.

    1. Menerapkan Jam Tidur Yang Teratur

    Cobalah untuk menerapkan jam tidur yang teratur yaitu dengan 7-8 jam waktu tidur, agar nantinya tubuh terasa segar saat terbangun dari tidur, dan cara mengatasi insomnia dengan cara alami adalah dengan memilih jam dimana saat anda merasa lelah dan mengantuk di setiap malam untuk segera tidur dan beristirahat. Biasanya, orang dewasa akan merasa lelah dan juga tertidur pukul 10.00 ataupun 11.00 malam.

    Demikian cara mengatasi insomnia paling ampuh yang bisa anda coba untuk mengatasi insomnia pada diri anda tau keluarga anda.(Doni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar