Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bauh apel yang memang banyak khasiatnya ini sering dibudidayakan. Alasannya karena, banyaknya peluang usaha berjualan buah. Untuk membudidayakan buah ini termasuk mudah bagi yang mengerti. Karena berbasis dari tumbuhan ini yaitu perkebunan. Di Indonesia juga banyak kebun buah apel, dari berbagai provinsi, yaitu :

    1. Jawa Timur

    Provinsi yang satu ini memanglah penghasil buah buahan terbesar di Indonesia, mengapa demikian? Karena suhu dan cuaca serta tanah yang sangat memadai untuk berkebun. Banyak buah yang ada di daerah itu, salah satunya buah apel. Bahkan ada kota di Jawa timur yang disebut kota apel, karena saking banyaknya buah apel yang menyokong komoditas perkebunan di Indonesia. Bahkan di kebun apel kota Batu, satu batang pohon apel bisa mendapatkan buah mangga hingga 40 kilogram. Dan di kebun itu lebih dari 1000 batang pohon apel.

    2. Sumatera Barat

    Di provinsi ini mendapatkan motivasi dari daerah Jawa Timur. Dampak dari terkenalnya provinsi jawa akan buah apelnya, hal ini membuat provinsi di sumatera termotivasi, karena tanah di sumatera sama bagusnya di jawa. Akhirnya provinsi ini membuat ladang perkebunan apel, yang membuka satu hectare dan dengan 800 batang pohon apel. Hal ini sangat mencengangkan, karena pohon apel yang subur akan mendapatkan lebih dari 20 kilogram per batang pohon. Apalagi dengan kondisi wilayah geografis di sumatera sangat mendukung. Hal ini akan membuat ladang perkebunan di Sumatera Barat menjadi sangat lebat.

    Ada banyak manfaat dari buah apel untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu :

    1. Mencegah konstipasi

    Banyak yang tidak mengetahui konstipasi, dari pengertian cepatnya konstipasi yaitu sembelit. Banyak nutrisi yang ada pada serat pada apel, ini akan membuat pengolahan makanan di tubuh kita membaik, hasilnya bisa mencegah sembelit atau konstipasi. Karena serat kulit buah apel berisi kandungan yang baik, bahkan jika kita rajin mengonsumsi apel maka akan membuat kita tidak mudah lapar.

    2. Mencegah kanker

    Diadakan penelitian dari Cornell University pada tahun 2007. Ada kandungan yang berada di kulit apel yang disebut triterpenoid. Kandungan ini memiliki skill/kemampuan yang berguna membunuh sel - sel kanker, khususnya yang ada di payudara, usus, dan sel - sel kanker hati. Jika sel-sel kanker di tubuh sudah berkurang atau saat memenuhi standar yang baik maka resiko kanker pada tubuh kita menurun drastic. Manfaat yang satu ini sangat mencengangkan, mengingat bahwa buah ini mudah untuk ditemukan.

    3. Mengatasi masalah pernapasan

    Pernapasan sangat berguna bagi tubuh, jika kita tidak bernafas sama sekali maka akan membuat kita meningkatkan resiko kematian. Maka dari itu mengolah pernapasan dengan baik akan meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin yang berada pada buah apel ini sangat baik untuk mengolah teknik pernapasan. Orang yang memakan atau mengonsumsi apel setidaknya 5 buah per-minggu, memiliki fungsi pernapasan paru-paru yang baik. Menjadikan resiko penyakit asma menurun sangat pesat. Dengan baiknya pernapasan maka aliran darah menjadi baik dan lancar saat menuju ke otak, menjadikan otak berfungsi lebih baik.

    4. Membantu menurunkan berat badan

    Memang banyak nutrisi dalam kandungan kulit buah apel ini. Salah satu kandungannya yaitu asam ursolat, kandungan ini bisa digunakan untuk mencegah obesitas. Asam ursolat juga mempunyai kemampuan meningkatkan otot yang bisa membakar kalori yang tidak berguna, hal ini bisa menurunkan resiko obesitas.

    5. Membantu produksi sel-sel darah merah sehat

    Kulit apel banyak mengandung mineral yang penting seperti folat, kalium, zat besi, kalsium, dan fosfor. Mineral tersebut mempunyai banyak fungsi bagi tubuh, mulai dari memaksimalkan pertumbuhan sel-sel, menjaga kesehatan tulang, hingga memproduksi sel-sel darah merah.

    6. Menjaga Wajah tetap bersih

    Kulit apel yang banyak berfungsi bagi peredaran darah, maka darah yang ada pada wajah juga akan mengalir dengan baik. Maka dari itu wajah pun bisa terlihat lebih bersih, putih, serta cerah. Jika memang banyak mengonsumsi buah apel maka wajah pun akan lembab dan kenyal, akan membuat wajah kita menjadi lebih indah.(Bintang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar