Tips Semangat Puasa Sunnah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Puasa merupakan suatu kegiatan menahan diri pada hawa nafsu. Puasa sunnah merupakan puasa yang memang dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW. Bukannya hanya orang lain yang membuat buat, akan tetapi Nabi Muhammad SAW. Dalam ketentuannya ada beberapa jenis puasa sunnah, yaitu :

    Jenis - Jenis Puasa Sunnah

    1. Senin Kamis

    Puasa yang memang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW. Dan puasa ini pula yang sering diikuti/dikerjakan.

    2. Puasa Daud

    Puasa yang satu ini merupakan puasa yang dilakukan dua hari sekali, jadi misalkan kita mulai hari ini puasa, maka besoknya tidak puasa dan lanjut lagi pada hari ke tiga. Puasa ini tidak boleh dilakukan bersamaan dengan puasa senin kamis.

    3. Puasa Syawal

    Puasa syawal, seperti namanya puasa ini dilakukan di bulan syawal, dimana bulan ini setelah bulan ramadhan. Puasa ini dilakukan setelah tanggal 1 syawal. Karena 1 syawal merupakan haram puasa. Maka dari itu puasa syawal dilakukan setelah tanggal 1 syawal, dan dilakukan selama enam(6) hari, boleh secara beruntun atau pun tidak, asalkan masih di bulan syawal.

    4. Puasa Arafah

    Puasa ini dilakukan saat bulan dzulhijah dan bertepatan pada tanggal 9 pada bulan tersebut. Puasa ini juga merupakan puasa yang amalan nya sangat besar. Jika kita tidak berhalangan untuk puasa, maka sayang sekali jika tidak melakukannya.

    Hikmah Puasa Sunnah

    Selain dari kita menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW, ada hikmah yang terkandung dalam puasa tersebut, yaitu:

    1. Melawan Hawa Nafsu

    Hal yang penting saat berpuasa yaitu menahan diri dari hawa nafsu. Ini membuat kita mampu melawan nafsu yang berkecimuk di dalam diri kita. Maka dari itu, hikmah dari puasa sunnah yaitu melawan hawa nafsu. Bisa berguna saat kita sedang marah dan kita bisa meredakan amarah tersebut.

    2. Hidup Sederhana

    Dengan berpuasa sunnah maka kita akan mengetahui bagaimana kesulitan orang lain yang kurang dalam hal ekonomi. Kita mengetahui rasanya lapar dan dahaga. Maka dari itu kita bisa berfikir bahwa kita itu sudah mendapatkan rezeki yang banyak, itu membuat kita hidup tidak boros dan lebih sederhana.

    3. Menjaga Kesehatan

    Puasa ternyata memang bisa meningkatkan daya tubuh, meskipun kita lelah saat puasa, akan tetapi itu merupakan hal yang baik bagi tubuh kita. Membuat sirkulasi darah jadi lancer. Akan membuat tubuh kita menjadi lebih bugar. Maka dari itu hal-hal yang baik di tubuh kita bisa menjadikan tubuh kita menjadi sehat dan terjaga kesehatannya.

    Saat melakukan puasa, biasanya kita akan merasa malas dan susah untuk mengerjakannya. Maka dari itu ada tips yang bisa membuat kita lebih semangat, sebagai berikut :

    1. Buat suasana sahur menjadi convertible atau nyaman, Jika sudah nyaman saat sahur, maka akan mudah untuk berpuasa selanjutnya akan lebih semangat.

    2. Asupan air cukup saat tidur, jadi saat pagi hingga sore tidak akan terasa haus. Haus merupakan factor untuk mengurangi semangat. Maka dari itu, kita harus mengisi asupan air minum yang cukup.

    3. Selalu berfikir bawa puasa akan meningkatkan kualitas pertahanan hawa nafsu. Puasa dapat mengurangi bahkan melawan hawa nafsu. Hal ini merupakan motivasi bagi diri kita untuk terus semangat menjalankan puasa.

    4. Mengatakan pada diri sendiri bahwa ini rasanya lapar dan haus. Untuk mengingat orang yang kurang dalam hal ekonomi, maka caranya adalah berpikiran bahwa rasa lapar dan haus ini yang dirasakan oleh orang yang kurang dalam hal ekonomi.

    5. Jangan tidur setelah sahur, seringkali kita mengantuk saat setelah sahur. Sehingga pada siang harinya akan malas mengerjakan puasa ataupun kurang semangat. Jika sudah kurang semangat, itu akan menjadi bahaya bagi puasa, takutnya membatalkan puasa.(Bintang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Semangat Puasa Sunnah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar