Jenis-Jenis Perawatan Perangkat Keras Komputer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Hardware adalah sebuah perangkat keras yang terdpat pada komputer dan bisa kita sentuh bentuknya, dari sebagian besar komponen hardware dialiri oleh energi listrik. Dan pada umum nya komponen hardware yang ada pada komponen sangat rentan sekali terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh benda cair seperti contohnya minyak dan air.

    Seberapa pun tahan dan mahal nya komputer kita, harus tetap perlu untuk merawatnya agar tetap awet dan juga tahan lama, tentu sebelum melakukan perawatan, kita juga harus tau jenis-jenis perawatan yang pada perangkat keras komputer.

     Berikut jenis-jenis perawatan perangkat keras komputer :

    Jenis-jenis perawatan perangkat keras komputer

    1. Perawatan pasif

    Perawatan pasif merupakan jenis perawatan komputer yang tidak disertai oleh perbaikan, dan pada umumnya perawatan pasif hanyalah mengecek kondisi perangkat dan juga membersihkannya. Untuk perawatan pasif sendiri bisa dilakukan secara terjadwal dalam melakukan perawatan misalnya saja dilakukan setahun sekali ataupun sebulan sekali. Misalnya saja dalam melakukan perawatan CPU/Prosesor, harus sangat sering di cek guna menjaga kesehatan pada komputer dan selalu mengecek keadaan thermal paste, jika thermal paste sudah dalam keadaan kering kita harus segera menggantinya agar nantinya panas pada prosessor bisa berpindah secara sempurna ke heatsink. Dan hal yang sangat mudah di lakukan pada saat melakukan pengecekan adalah ketika keyboard kita berdebu, maka kita hanya harus rutin dalam membersihkannya, karena pada saat ada kotoran masuk di dalam bawah tombol keyboard maka tombol keyboard yang berdebu tebal akan menimbulkan macet saat di tekan.

    Tahap dalam melakukan Perawatan Pasif

    • Mengecek bagian dalam CPU/Prosesor, agar nantinya terbebas dari debu, kotoran dan polusi yang menyebabkan komputer terganggu.
    • Selalu memperhatikan kemungkinan adanya suhu panas dalam ruangan, dan jangan meletakan komputer di dekat jendela agar tidak terkena tetesan air hujan dan juga paparan sinar matahari langsung.
    • Selalu sediakan Outlet ground dai power yang sudah stabil dan juga bebaskan dari gangguan elektris dan interferensi, guna menghindari dari aliran listrik statis, dan yterhidar dari resiko tersengat listrik dari casing komputer.
    • Bila memungkinkan, jauhkan komputer Anda dari pemancar atau sumber-sumber frekuensi radio.
    1. Perawatan Aktif

    Perawatan aktif merupakan perawatan pada perangkat komputer yang di sertai oleh perbaikan, dan biasanya perawan ini sering di lakukan ketika salah satu perangkat komputer mengalami masalah, contohnya saja ketika keyboard sudah macet, pastinya saat itu kita baru akan melakukan perawatan. Karna pada dasarnya perawatan aktif akan lebih condong melakukan perbaikan saat komputer mengalami trouble. Untuk melakukan perawatan aktif ini sendiri tidak lah terjadwal, karena saat komputer sudah trouble saja kita melakukan perawatan perangkat keras pada komputer.

    Tahap-tahap melakukan perawatan aktif :

    Hardware

    • Selalu membersihkan debu yang terdapat di casing dan MotherBoard dalam CPU dengan menggunakan kuas,
    • Bersihkan konektor-konektor dan juga kontak pada konektor slot, konektor keyboard, konektor power supply, konektor mouse dan juga konektor speaker.
    • Lakukan perawatan hardware di tempat yang terbuka dan hindari tempat yang lembab saat melakukan perawatan.

    Peralatan untuk melakukan perawatan pada komputer

    • Obeng, obeng yang di gunakan adalah yang berbentuk kepala kembang dan kepala pipih, dan juga bermagnet.
    • Senter, senter berguna saat kita melakukan perawatan di tempat tertutup atau gelap, guna melihat kabel-kabel kecil dan bagian-bagian konektor.
    • Kuas, kuas berguna sabagai alat untuk membersihkan debu yang ada pada MotherBoard nantinya.
    • Tang runcing, untuk menjangkau bagian-bagian yang terkecil atau untuk menekuk kawat
    • Wadah komponen, ini merupakan bagian terpenting, agar pada saat kita melepas sekrup, tidak berserakan.
    • Thermal grease atau biasa di sebut dengan pasta prosesor

    Itu lah sedikit informasi mengenai Jenis-jenis perawatan perangkat keras komputer beserta tahap-tahapnya.(Doni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis-Jenis Perawatan Perangkat Keras Komputer
    Sangat Suka

    60%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    10%

    Tidak Peduli

    20%

    Marah

    10%

    Komentar