Cara Membuat Donat Kentang Kekinian

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Donat merupakan makanan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia mulai dari anak anak, remaja sampai dengan orang tua menyukai cemilan ini. Sejarah donat sendiri terbagi atas beberapa sumber, Ada sumber yang mengatakan donat berasal dari oleh imigran dari belanda yang memperkenalkan jenis hidangan penutup salah satu nya donat ke amerika utara sumber lain nya mengatakan donat pada awal memiliki berbentuk cincin berasal dari kebiasaan kapten kapal Hadson Gregory yang berasal dari Denmark, Ketika menyetir kapal kedua tangan harus memegang kemudi sering kali ketika perjalanan sering dilanda oleh badai.

    Untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah kue goreng yang ditusukan ke kemudi kapal yang membuat bagian tengah kue tersebut menjadi bolong. Seiring perkembangan zaman donat dikembangkan dengan berbagai variasi yang kekinian menyesuaikan dengan minat dari konsumen berikut ini merupakan cara membuat donat kekinian yang bisa anda terapkan di untuk usaha maupun dibuat untuk keluarga tersayang:

    Donat kacang dengan toping krim moka kacang

    Donat ini menggunakan krim moka yang melapisi bagian atas dari donat di tambah dengan taburan kacang yang telah di sangrai kemudian di cincang sedang, Untuk bahan dan cara membuatnya seperti di bawah ini:

    Bahan yang di gunakan:

    100 gram tepung protein rendah

    400 gram tepung protein tinggi

    6 gram/ 2 sdt ragi instan

    200 gram kentang yang dikukus kemudian kehaluskan

    75 gram gula pasir

    ½ sdt  bread improver (pengemuk kue dan roti) gunakan sesuai kebutuhan.

    2 butir kuning telur

    100 mm air es

    50 gram margarin

    ½ sdt garam halus

    Bahan yang di gunakan untuk toping:

    Butter Cream (Rasa Moka)

    Kacang sangrai yang telah di cincang sedang

    Langkah-langkah pembuatan:

    1. Campurkan tepung protein rendah, tepung protein tinggi, ragi instan, kentang yang sudah di kukus, gula pasir serta bread improver (pengemuk kue dan roti) aduk semua bahan tersebut sehingga merata.
    2. Kemudian masukan  butir kuning telur dan garam halus uleni bahan tersebut hingga menjadi setengah kalis.
    3. Masukan margarin dan garam halus uleni adonan tersebut sehingga menjadi kalis elastis, selanjutnya bulatkan adonan tersebut dan diamkan adonan selama 30 menit tutup lah adona dengan menggunakan plastik atau serbet basah
    4. Kempiskan adonan tersebut, kemudian bagilah adonan tersebut menjadi 40-50 gram sesuai selera anda kemudian bulatkan lalu letakanlah adonan anda diatas kertas masak atau kertas bungkus kemudian pipihkan sedikit adonan anda.
    5. Langkah selanjutnya ambilah adonan yang telah anda bagi tadi kemudian buatlah lobah di tengah adona tersebut dengan jari telunjuk lalu goreng adona dengan menggunakan api kecil, baliklah donat jika bagian bawah sudah terlihat kekuningan atau kecokelatan cukup balik sekali dalam proses pengorengan, kemudian angkat dan tiriskan adonan anda.
    6.  Ini merupakan tahapan akhir biarkan donat anda dingin terlebih dahulu, oleskan Butter Cream(moka) secara merata di atas permukaan donat kemudian taburkan kacang di atas permukaan cream tersebut
    7. Untuk Toping yang digunakan anda bisa sesuaikan dengan selera anda bisa juga menggunakan toping lain seperti cokelat, Grean tea dan sebagainya.

    Donat Bronis(Donis)

    Untuk variasi donat yang satu ini kita menyebutnya donat yang memiliki rasa brownis atau brownis yang memiliki bentuk seperti donat, Untuk bahan dan cara membuatnya seperti di bawah ini:

    Bahan yang di gunakan:

    40 gram cokelat bubuk

    170 gram terigu serbaguna

    20 gram kopi instan (untuk memberikan rasa kopi bisa diganti dengan cokelat)

    140 gram gula pasir

    ¼ sdt garam,

    ¾ baking soda

    300 ml air panas

    155 ml minyak sayur

    1 sdt cuka masak bisa diganti dengan jeruk nipis atau lemon

    Topping: Gunakan sesuai selera anda bisa mengunakan cream moka, keju, green tea dan sebagainya karena rasa dari donis sudah enak, Toping hanya pemanis dan penambah rasa.

    Langkah-langkah pembuatan:

    1. Siapkan semua bahan-bahan di atas kemudian panaskan kukusan anda kemudian oleskan loyang yang akan digunakan dengan margarin dan taburi dengan sedikit tepung, Sediakan dua buah mangkok, Campurkan cokelat bubuk Terigu, kopi instan,  gula pasir, garam dan baking soda dalam mangkok pertama dan campurkan air panas, minyak sayur dan cuka dalam mangkok yang kedua nya.
    2. Tuang bahan dalam mangkok pertama ke dalam mangkok kedua kemudian aduk secara perlahan.
    3. Tuangkan adonan tadi sebanyak ¾ dari tinggi loyang kemudian kukus dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 15 menit.
    4. Telungkupkan lotang tadi sehingga adonan keluar kemudian angkat loyang tersebut, Biarkan adonan donat tersebut menjadi dingin terlebih dahulu. Pastikan donat benar-benar dingin ketika di balik untuk menghindari donat menjadi retak dan pecah ketika di balik
    5. Rias donat anda dengan topik sesuai selera anda.

    Itu tadi merupakan cara membuat donat kentang kekinian yang bisa menjadi referensi bagi anda ketika ingin membuat donat, semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda.(Zulkarnain)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membuat Donat Kentang Kekinian
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar