Begini Fakta Sebelum Terjadi Kerusuhan di Manokwari

Daftar Isi

     

    Foto :Istimewa
    Kerusuhan di Manokwari

    LancangKuning.Com, PAPUA BARAT – Kerusuhan terjadi di kota Manokwari, Papua Barat, pada pagi ini, Senin 19 Agustus 2019. Sejumlah ruas jalan diblokir, pembakaran ban dilakukan oleh massa. Diduga kerusuhan ini buntut dari kejadian yang terjadi di Surabaya, Malang dan Semarang.

    Berikut penyebab awal kerusuhan di Manokwari yang dihimpun VIVA.co.id, Senin, 19 Agustus 2019 dari VIVAnews.

    Terusik kejadian di Jawa Timur

    Gubernur Papua, Lukas Enembe marah dengan perlakuan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Jawa Timur, tepatnya di Surabaya dan Malang.  Hal itulah yang memicu kerusuhan di Manokwari, Papua Barat pada Senin pagi.

    Ada ungkapan kasar

    Kerusuhan juga karena adanya ketersinggungan mahasiswa Papua dengan ungkapan 'monyet'. Mahasiswa Papua se-Jawa bahkan telah menyatakan sikap mengecam tindakan rasisme itu.

    Baca Juga: Tips Budidaya Ikan Gurame

    Menurut Lukas Enembe, mahasiswa dan masyarakat memang merasa marah dengan perlakuan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Jawa Timur. Kemarahan mahasiswa dan masyarakat di Papua memancing aksi pembakaran di kantor DPRD Papua Barat.

    Ada akun yang memprovokasi

    Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo menyebut, kerusuhan yang terjadi di Papua Barat lantaran masyarakat dan mahasiswa terpancing emosi dipicu oleh beredarnya konten-konten yang tersebar di media sosial.

    Baca Juga: Rusuh, Gedung DPRD Manokwari, Papua Barat Dibakar Massa

    Konten yang berisi peristiwa di Surabaya tersebut, mereka anggap mengandung unsur diskriminasi. "Mereka boleh dikatakan cukup terprovokasi dengan konten yang disebarkan oleh akun di medsos terkait peristiwa di Surabaya," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 19 Agustus 2019. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Begini Fakta Sebelum Terjadi Kerusuhan di Manokwari
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar