Tips Budidaya Ikan Gurame

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ikan adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia selain daging dan ayam. Ikan mudah didapati dan banyak dijual dengan harga yang terjangkau sesuai jenisnya. Banyak macam jenis ikan, diantaranya adalah Ikan Gurame. Ikan Gurame ini sangat banyak diminati dan cocok untuk dijadikan sebagai peternakan di rumah.

    Jika kalian mempunyai lahan yang cukup untuk memulai budidaya Ikan Gurame, itu jelas sangat bagus dimanfaatkan. Yang perlu kalian lakukan adalah menyusun rencana untuk membuat kolam tanah. Kolam tanah ini sangat cocok untuk tempat pembenihan dan pembesaran Ikan Gurame. Dan juga tidak akan menguras kantong karena dengan modal yang minim bisa dilakukan dalam pembuatannya, itu karena dapat dilihat dari kebutuhan bahan yang sedikit.

    Membudidayakan sesuatu tidaklah mudah dan tanpa modal. Untuk kita membudidayakan sesuatu perlulah kita mempunyai niat yang betul-betul dari hati dan tidak ikut-ikutan orang atau teman. Selain itu, membudidayakan sesuatu kita juga harus sudah tau bagaimana teorinya dengan belajar dengan orang-orang yang sudah berpengalaman.

    Diluar itu, modal juga sangat dibutuhkan. Membudidayakan sesuatu bukan berarti tidak dengan modal. Namun, membudidayakan Ikan Gurame ini kita tidak perlu menggunakan modal yang cukup besar dan menguras kantong kita. Sebab tidak banyak yang harus dibeli dan dilengkapi peralatannya.

    Ikan Gurame merupakan salah satu jenis ikan yang ada dan memiliki peluang usaha yang baik jika dibudidayakan dengan baik. Karena Ikan Gurame sangat banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena mempunyai tekstur daging yang tebal dan gurih.

    Ikan Gurame merupakan ikan favorit yang ada di Indonesia, dan juga menjadi serbuan para masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dan lezat membuat gurame banyak digemari masyarakat Indonesia. Secara tidak langsung permintaan akan daging ikan gurame tidak akan pernah ada habisnya. Ini merupakan salah satu peluang usaha peternakan yang menjanjikan, kami sajikan kali ini untuk para pebisnis tentang cara budidaya ikan gurame lengkap beserta analisa usahanya. Budidaya Ikan Gurame memiliki peluang usaha dan hasil yang menjanjikan, maka dari itu bisnis budidaya Ikan Gurame ini harus dicoba.

    Keberhasilan budidaya Ikan Gurame juga dipengaruhi oleh beberapa faktor penting, diantaranya:

    1. Bibit gurame yang baik
    2. Kolam gurame yang baik
    3. Pakan gurame yang baik
    4. Pemeliharaan yang baik
    5. Penanganan hama penyakit yang baik.

    Budidaya ikan gurame rumahan sangat menguntungkan. apalagi ikan gurame doyan makan sayur-sayuran. Sehingga bisa menghemat biaya pakan. Salah satu pakan yang perlu disiapkan adalah daun talas. Tanaman ini sangat gampang tumbuh tanpa harus melakukan perawatan khusus.

    Usaha budidaya Ikan Gurame ini memang sangat menjanjikan. Karena untuk mendapatkan hasil dan pembesaran Ikan Gurame yang cukup cepat dan tidak memerlukan biaya pakan yang banyak. Dan untuk pertumbuhan lebih cepat dengan merabuk kolam menggunakan kotoran ayam supaya menimbulkan pakan alami yang bisa mempercepat pertumbuhan ikan gurame.

    Sistem sirkulasi termasuk salah satu cara dalam budidaya Ikan Gurame. Maksudnya adalah dengan air yang berputar dari air pembuangan kemudian dialirkan ke bak penyaringan atau di filter. Setelah itu air dialirkan kembali ke kolam. yang bertujuan untuk : membersihkan kotoran, untuk menambah oksigen, dan menghemat pergantian air.

    Menurut pengalaman yang saya lalui selama ini, induk yang siap untuk dipijahkan yaitu yang sudah berumur yang cukup. Yaitu berumur diatas 5 tahun. Ciri-ciri yang identik untuk membedakan Ikan Gurame ini tidaklah mudah, karena haruslah banyak pengelaman.

    Pakan ikan yang mengandung banyak protein, adalah pakan yang sangat dianjurkan untuk Ikan Gurame. Baik protein nabati maupun protein hewani. Oleh sebab itu kalian sangat dianjurkan untuk memberi pakan yang memiliki kandungan dua protein tersebut untuk Ikan Gurame yang kalian pelihara.(Iqbal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Budidaya Ikan Gurame
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar