Cara Cepat Belajar Bahasa Mandarin

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Anda telah memutuskan bahwa mengikuti kelas bahasa Cina dan mengikuti jadwal kursus yang kaku bukanlah hal yang Anda sukai. Tapi Anda masih senang meningkatkan keterampilan bahasa Cina Anda. Jadi apa yang bisa kamu lakukan? Sederhana: Belajar Bahasa Cina sendiri!

    Anda akan kagum dengan berbagai sumber daya yang dapat Anda peroleh di web. Dari pinyin ke chengyu, ada begitu banyak di luar sana yang tersedia untuk Anda!

    Tapi apa cara paling efektif untuk belajar sendiri? Sumber daya mana yang terbaik?

    Pertanyaan-pertanyaan itu adalah alasan mengapa kami menyusun panduan ini untuk Anda. Jadi sudah waktunya untuk menyalurkan superhero batin Anda dan dipompa untuk memulai perjalanan Anda. Kami akan menemukan beberapa motivasi besar dalam jawaban atas pertanyaan: Mengapa Anda harus belajar bahasa Mandarin?

    Mengapa Anda Harus Mulai Belajar Bahasa Mandarin

    Belajar bahasa Cina sendiri mungkin terkadang merupakan suatu prestasi. Jadi, jika Anda salah satu dari orang-orang yang masih memiliki sedikit keraguan tentang ini, maka ketiga fitur bahasa Mandarin ini pasti akan membantu Anda memperkuat keputusan itu. Anda akan senang mengetahui bahwa betapapun menakutkannya, bahasa Mandarin sebenarnya adalah sesuatu yang dapat dipelajari dan dinikmati oleh semua orang. Inilah alasannya:

    Fenomena Global

    Semakin banyak orang melompat ke kereta musik Cina. Itulah alasan mengapa ada banyak kursus bahasa Mandarin online yang muncul. Atau fakta bahwa ada lonjakan besar dalam jumlah siswa asing yang mendaftar di kursus bahasa Cina di Beijing dan Shanghai. Itu menjadi fenomena global! Orang ingin belajar semua tentang itu dan Anda juga harus.

    Kepraktisan

    Alasan utama mengapa ada minat mendadak dalam bahasa Cina terutama karena penerapannya. Ketika Cina membuka pintu untuk perdagangan luar negeri, investor dan pengusaha mulai mengalir masuk. Tetapi bahasa Inggris tidak banyak digunakan di negara ini, jadi solusi paling praktis adalah beradaptasi dengan penduduk setempat. Bagaimana? Dengan mempelajari bahasa mereka.

    Saat ini, satu dari setiap lima perusahaan memiliki kantor satelit atau setidaknya hubungan kerja eksternal di Cina. Kemungkinan besar, perusahaan tempat Anda memiliki pemegang saham Cina baik itu pemasok, klien, atau direktur. Jadi cukup jelas bahwa belajar bahasa Cina akan memberi Anda keuntungan besar di dunia bisnis.

    Budaya dan Sejarah yang Kaya

    Cina adalah salah satu negara tertua di dunia. Dengan lebih dari 8.000 tahun sejarah, tidak ada keraguan mengapa orang di seluruh dunia menaruh minat khusus pada budaya dan sejarahnya yang kaya. Bahasa Cina adalah karya seni dalam dan dari dirinya sendiri. Anda akan kagum dengan bagaimana karakter terbentuk atau bagaimana setiap karakter berhubungan dengan objek tertentu. Mempelajari bahasa akan membantu Anda menguraikan banyak misteri budaya Cina. Anda akan melihatnya sekilas, dan kemudian Anda pasti ingin terus mengungkapnya.

    Menantang Anda Akan Menghadapi Sambil Belajar Bahasa Mandarin

    Akan ada beberapa batu sandungan di sepanjang jalan - itu yang diberikan. Ketika Anda pertama kali menemukan dialog atau teks apa pun yang ditulis dalam bahasa Mandarin, Anda akan menyadari bahwa mereka sangat asing bagi Anda. Mandarin tidak seperti bahasa asing lainnya yang menggunakan alfabet Romawi; Mandarin Cina memiliki alfabet sendiri. Bahasa ini memiliki berbagai elemen lain yang baru bagi penutur bahasa Inggris, dari intonasi hingga jumlah stroke.

    Bahkan karakter yang disederhanakan dan tradisional mungkin tampak menakutkan bagi Anda. Tapi tahukah Anda? Selalu ada jalan lain. Sedikit demi sedikit, semakin Anda membiasakan diri dengan bahasa tersebut, semakin tidak asing rasanya. Baca lebih lajut. Dengarkan lebih banyak. Berlatih lebih banyak. Semakin banyak Anda mengekspos diri Anda ke bahasa, semakin akrab. Dan begitu Anda bisa mengatasi ketakutan itu, kehausan Anda akan pengetahuan dan keingintahuan akan bahasa baru akan muncul.

    Kiat tentang Cara Memulai Belajar Bahasa Cina Sendiri

    Sekarang setelah kami mengesampingkan ketakutan itu, saatnya untuk mengambil jubah dan kekuatan batin Anda, saat kami mempersiapkan perjalanan Anda yang luar biasa dalam mempelajari bahasa Mandarin. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari pembelajaran Anda:

    • Biasakan diri Anda dengan suara-suara itu. Pembiasaan adalah kunci untuk mempelajari bahasa apa pun. Anda harus tahu cara membedakan seseorang yang berbicara dalam bahasa Mandarin dari mereka yang tidak. Dengarkan siapa pun atau apa pun yang menggunakan bahasa Mandarin, baik itu buku audio, video, atau komentar belaka. Ini akan membantu Anda mempelajari dasar-dasar bahasa Cina: suara dan intonasi. Anda akan melihat suara apa yang paling umum digunakan, dan yang tidak ada dalam bahasa Mandarin.
    • Cari sisi praktis dari bahasa tersebut. Pikirkan tentang itu. Apa motivasi utama Anda untuk belajar bahasa Cina? Apakah itu untuk bisnis, untuk perjalanan atau hanya untuk apa jika itu? Apa pun alasan Anda, gunakan itu sebagai motivasi bagi Anda untuk terus belajar. Akan selalu ada saat ketika Anda merasa kecil hati atau tidak nyaman. Ketika waktu itu tiba, pikirkan alasan Anda belajar bahasa. Itu akan membuat Anda kembali ke jalurnya. Anda juga bisa mempersiapkan pelajaran Anda menuju tujuan-tujuan ini. Jika Anda belajar untuk tujuan perjalanan, kenalkan diri Anda dengan frasa wisata dan belanja dasar Tiongkok. Setelah Anda melihat aplikasi praktis dari bahasa tersebut, Anda ingin terus belajar.
    • Dengarkan kata-kata dan percakapan berulang-ulang. Pengulangan adalah cara terbaik untuk mengingat apa pun yang telah Anda pelajari. Anda akan bingung dengan semua yang Anda baca atau dengarkan pada awalnya, tetapi seiring waktu, perlahan-lahan itu akan mulai masuk akal. Pengulangan membantu Anda memahami. Anda tidak perlu mencari arti dari setiap karakter. Seiring waktu, Anda akan mengerti arti karakter melalui petunjuk konteks.
    • Gabungkan berbagai minat Anda dengan pembelajaran Anda. Ini akan membuatnya lebih menyenangkan! Jangan biarkan pembelajaran Anda begitu serius sampai menjadi beban bagi Anda. Belajar harus menyenangkan, jadi cobalah untuk mencocokkannya dengan minat Anda. Jika Anda menyukai musik, misalnya, gunakan musik untuk belajar bahasa Cina. Jika Anda suka membaca, lihat novel-novel Cina yang menarik ini. Jika Anda seorang penggemar film dan acara TV, maka gunakan mitra bahasa China. Ada begitu banyak jalan belajar yang tersedia untuk Anda temukan!
    • Berlatih setiap hari. Jangan pernah berhenti berlatih. Tidak peduli seberapa sibuknya kehidupan, sisihkan waktu untuk mempraktikkan hal-hal yang telah Anda pelajari. Ini akan membantu Anda mengingatnya dan mendorong Anda untuk terus belajar.

    Mempelajari bahasa Mandarin sama sekali tidak sulit jika Anda tahu ke mana harus mencari dan apa yang harus dicari. Anda akan senang mengetahui bahwa sebenarnya ada begitu banyak sumber daya yang luar biasa di web. Berikut adalah beberapa sumber daya terbaik yang tersedia saat ini untuk belajar bahasa Cina sendiri.

    1. Gunakan video musik

    Menggunakan musik adalah salah satu cara terbaik untuk belajar bahasa baru karena menyenangkan dan menarik! Tapi mengapa menggunakan video musik daripada hanya mendengarkan lagu-lagu Cina? Yah, kadang-kadang apa yang terjadi dalam video musik dapat memberi Anda konteks untuk lebih memahami lagu, dan di lain waktu itu mengintip budaya. Tetapi manfaat terbesarnya adalah Anda dapat memiliki pratinjau karakter-karakter Tiongkok dan mengikuti liriknya.

    Cara terbaik untuk belajar bahasa Cina dari video musik adalah dengan FluentU. FluentU mengambil video dunia nyata seperti video musik, trailer film, berita, dan ceramah yang menginspirasi dan mengubahnya menjadi pelajaran pembelajaran bahasa yang dipersonalisasi. Setiap kata dari setiap video secara hati-hati dijelaskan dengan definisi dalam konteks, gambar dan beberapa contoh kalimat. Anda bahkan dapat mengklik kata untuk melihat bagaimana kata itu digunakan dalam video lain di seluruh situs.

    Menonton video musik ini akan sangat membantu Anda mengenal pelafalan, karena intonasi dipelajari seiring waktu dengan lebih banyak pemaparan. Jadi pilihlah genre yang paling sesuai dengan selera Anda. Tidak yakin harus mulai dari mana? Kami telah mengumpulkan lagu-lagu Mandopop dan karaoke klasik terbaik untuk Anda. Jika ini berhasil dengan baik dan Anda menginginkan lebih, lihat youku.com atau tudou.com, yang memiliki daftar video yang sangat lengkap.

     2. Secara teratur bertemu dengan mitra percakapan

    Ketika saya mengambil bahasa Mandarin di Beijing, saya cukup beruntung memiliki pasangan bahasa. Saya harus belajar lebih banyak bahasa Mandarin darinya sementara dia belajar bahasa Inggris dari saya: situasi yang saling menguntungkan! Kita bisa membahas lebih banyak bidang daripada yang diajarkan di kelas, seperti bahasa gaul dan berbagai ekspresi. Saya menjadi terbiasa dengan cara mereka berbicara yang sebenarnya.

    Jadi, jika Anda memiliki teman yang menguasai bahasa Mandarin, Anda juga bisa melakukannya. Kemungkinannya adalah Anda harus mencari mitra percakapan, tetapi itu sepenuhnya bisa dilakukan! Apakah ada universitas di dekat tempat tinggal Anda, atau restoran Cina? Periksa dulu di sana. Anda juga dapat mencari mitra percakapan China online yang menjadi tren saat ini.

    Anda dapat memeriksa mylanguageexchange.com atau conversationexchange.com untuk mitra percakapan daring yang terampil. Berinteraksi dengan seseorang dalam bahasa Mandarin akan sangat membantu Anda menghargai bahasa karena Anda akan melihat sisi praktis pembelajaran. Ini akan memotivasi Anda untuk memperluas pengetahuan Anda dan berjalan di tanah yang tidak dikenal. Percayalah, itu akan membuat Anda bertanya-tanya.

    3. Tonton pertunjukan Cina dengan teks terjemahan

    Setelah Anda membahas dasar-dasarnya, menonton pertunjukan Tiongkok adalah langkah berikutnya. Baik itu drama atau variety show, Anda akan dihadapkan pada karakter dan kosa kata baru. Suka dengan musik, pilih genre yang paling Anda sukai. Tidak ada yang lebih memuaskan daripada mempelajari sesuatu yang baru sambil menikmati apa yang Anda lakukan.

    Jika Anda bertanya kepada saya, saya sarankan Anda memilih drama Cina yang berbatasan dengan komedi romantis. Mengapa? Mereka yang paling mudah dimengerti! Talkshow atau variety show sama-sama menghibur, tetapi ada kecenderungan bagi Anda untuk merasa kehilangan dalam percakapan mereka. Jika Anda tidak terbiasa dengan peristiwa dan budaya Tiongkok saat ini, Anda mungkin tidak sepenuhnya memahami tentang apa pernyataan humor mereka.

    Selain itu, pilih acara dengan subtitle. Ada begitu banyak situs streaming video yang tersedia di web; mulai dengan dramafever.com atau maplestage.com. Ini hanya beberapa situs yang lebih terkenal di luar sana menunjukkan dengan teks bahasa Cina. Menonton dengan subtitle akan sangat membantu keterampilan pengenalan karakter Anda.

    Tetapi jika Anda lebih suka untuk benar-benar mengenal setiap karakter, sekali lagi Anda dapat melihat video FluentU. Mereka menjelaskan setiap dialog untuk Anda, karakter demi karakter, dan Anda akan belajar pelafalan dalam pinyin bersama dengan penjelasan bahasa Inggris yang menyertainya.

    4. Dengarkan buku audio

    Jika Anda perhatikan, semua referensi yang saya cantumkan di sini sejauh ini menargetkan keterampilan menyimak dan membaca Anda. Itu karena cara kerjanya paling baik. Anda tidak akan mendapatkan hasil maksimal dari pembelajaran Anda jika Anda hanya menargetkan salah satunya. Karena alasan inilah buku audio akan sangat membantu Anda. Hanya dengan membaca buku tidak akan, Anda harus mendengarkan kata-kata pada saat yang sama.

    Sebagai permulaan, Anda dapat mengunduh buku pelajaran kursus bahasa Cina. Sebagian besar memiliki buku audio yang menyertai, jadi ini akan membantu Anda memahami dasar-dasar bahasa. Tetapi jika Anda ingin tetap menggunakan novel dan komik, ada berbagai topik dan judul yang tersedia di Audiobook Bar,Web Listening Web Tianfang dan verycd.com.

    Anda juga dapat melihat novel-novel berbahasa Mandarin ini, tetapi hanya disarankan jika Anda sudah berada di tingkat menengah. Novel-novel ini murni karakter Cina; tidak ada pinyin atau zhuyin untuk membantu Anda.

    5. Dengarkan podcast

    Akhirnya, jika Anda tahu ke mana harus mencari, podcast dapat menjadi teman baru saat bepergian. Ada berbagai macam topik, serta banyak podcast yang berfokus pada pengajaran dasar-dasar bahasa Cina kepada para pemula. Anda dapat mengunduh ini untuk memulai. Tetapi jika Anda sudah bisa mengelola, saya sarankan Anda memilih podcast yang diarahkan pada minat khusus dan budaya Cina. Ini akan memaparkan Anda pada rentang kosakata yang lebih luas — kata-kata yang biasanya tidak tercakup dalam kosakata sebelumnya.

    Sebagai permulaan, cobalah Cara Mudah atau Puteri Remy. Ini adalah favorit umum dari penutur Cina dan pelajar Cina. Mereka membahas berbagai topik mulai dari budaya hingga seni hingga berita harian. Anda juga dapat mencoba berita BBC untuk pembaruan yang lebih terperinci tentang politik, tetapi sebelumnya, Anda harus memiliki orang Cina tingkat menengah untuk mendengarkannya. Berita memiliki istilah yang sama sekali berbeda.

    Jika Anda mencari podcast yang ditujukan untuk minat tertentu, Anda dapat memeriksa iTunes store. Beberapa di antaranya termasuk NBA (Front Line) untuk pembaruan dan ulasan tentang NBA, (Film Tidak Membosankan) untuk semua info tentang film dan (Science Talk Show) untuk talk show yang berhubungan dengan sains, antara lain.

    Dan itu melengkapi daftar! Lima alat ini adalah cara yang pasti untuk belajar bahasa Mandarin sendiri.

    Ingatlah bahwa Anda sudah memiliki kekuatan super di dalam diri untuk membuat tanda Anda di dunia, jadi gunakan kekuatan itu untuk belajar bahasa Cina sendiri — dan nikmati perjalanannya!

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Cepat Belajar Bahasa Mandarin
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar