Akreditasi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Imam Bonjol

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Hal yang diperlukan untuk membujuk minat siswa baru yaitu dengan membuktikan bahwa kelayakan sekolah tersebut sudah dinilai layak. System penilaian layak tidak layaknya sekolah adalah akreditasi. Secara penjelasannya akreditasi merupakan sebuah system penilaian yang disahkan oleh Negara yang diberi wewenang untuk menilai suatu sekolah. Lembaga yang menaungi akreditasi ini yaitu BAN PT, BAN yang berarti Badan Akreditasi Nasional dan PT berarti Perguruan Tinggi.

    Lembaga ini bertugas sebagai tim penilai suatu sekolah apakah sekolah itu layak atau tidak. Ada standar criteria yang akan di nilai dari akreditasi, contohnya seperti fasilitas sekolah ( ruang belajar, ruang guru, fasilitas olahraga, saranan ibadah, dan lain – lain ), kebersihan sekolah, kantin sekolah dan masih banyak lagi, bahkan hingga tata cara atau metode pengajaran guru.

    Pentingnya akreditasi ini yaitu menunjang siswa agar mengetahui bahwa sekolah itu layak dan baik sebagai suatu sekolah. Memang banyak sekolah yang layak tapi belum ter akreditasi, itu berkemungkinan belum ada waktu dan peluang mendaftar. Sekolah yang sudah ternilai akreditasinya, biasanya akan lebih cepat terkenal. Maka dari itu banyak dari sekolah – sekolah di Indonesia yang mengajukan akreditasi sekolah, agar sekolahnya ternilai dan terhindar dari pandangan buruk seseorang. Di Indonesia telah banyak tersebar sekolah – sekolah tinggi yang terakreditasi. Salah satunya yaitu Sekolah Tinggi Ilmu sosial dan Ilmu Politik Imam Bonjol.

    Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Imam Bonjol, biasa disebut STISIP Imam Bonjol. Berada di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Dalam segi pembelajaran, sekolah ini bersangkut paut dengan ranah sosial dan politik, yang dimana Negara kita sedang marak – maraknya politik. Hal yang baik jika kita bisa mengetahui bagaimana kehidupan berpolitik. Di Indonesia sendiri politik ikut berkembang sembari berkembangnya teknologi, karenanya pembelajaran sosial perlu dibahas. Maka dari itu Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Imam Bonjol cocok untuk pembelajaran masalah sosial dan politik.

    Sekolah Tinggi ini berada di Jalan Koto Tinggi, nomor 5, Jati Rawang, Padang Timur, Provinsi Sumatera Barat. Berdiri pada tanggal 19 February 1962, nomor SK “ 14 ‘’, tanggal SK 03 Juli 1994, dan masih aktif sampai sekarang. Mempunyai 2 Prodi ( Program Studi ), yaitu :

    1.  Prodi                : Ilmu Administrasi Negara

         Strata               :  Strata Satu ( S1 )

         Akreditasi       : belum ter akreditasi

         Status              : Aktif

    2.  Prodi                : Ilmu Pemerintahan

         Strata               :  Strata Satu ( S1 )

         Akreditasi       : belum  ter akreditasi

         Status              : Aktif

    Hal yang dipelajari pada Program studi Ilmu Administrasi Negara dikenal juga sebagai program studi dengan nama Administrasi Publik di beberapa sekolah / perguruan tinggi. Prodi ( Program Studi ) ini mempelajari tentang seluk beluk dari masyarakat, pemerintahan, dan kebijakan publik.

    Tentu saja bahwa Administrasi Publik atau Ilmu Administrasi Negara juga mempelajari tentang bagaimana memberikan pengayaan dan ayoman yang baik pada public serta mengatur system – sistem yang telah dibuat pada suatu Negara pemerintahan. Singkatnya, di dalam prodi ini akan dipelajarinya tentang pembuatan kebijakan, sistem pemerintahan hingga pengaplikasian di dunia nyata dan evaluasi nya di dunia nyata pula, dan pelayanan masyarakat serta segala sesuatu yang berkenaan atau berkaitan dengan kegiatan birokratis (organisasi terstruktur seperti piramida, ada pemimpin dan ada bawahan).

    Di prodi bisa memilih dalam konsentrasi ilmu administrasi negara, seperti, konsentrasi administrasi pembangunan, konsentrasi pemerintahan daerah dan kebijakan publik. Ini akan sangat mendukung bagaimana berkembangnya sosial di Negara tanah air kita yakni Indonesia, semoga pemuda harapan dapat mengembangkan segala sesuatu yang baik pada diri sendiri, lingkungan masyarakat dan bahkan hingga Negara.(Bintang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Imam Bonjol
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar