Nah Lho, Esemka Muncul Lagi. Kali Ini Berbentuk Komponen-komponen

Daftar Isi

    JAKARTA-Sempat hilang beberapa tahun, usai gencar-gencarnya promosi saat kampanye Pilpres 2014 lalu. Esemka muncul lagi. Mobil yang digadang-gadangkan sebagai mobil nasional ini muncul dalam bentuk komponen-komponen yang dipajang di The Automotive Component Industri Expo 2019, gedung Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, Selasa (13/4/2019).

    "Esemka ini agak terkenal, tinggal kita lihat barangnya. Keluarnya kapan?" kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto.

    Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreatif, Edi Wirajaya, mengatakan sampai saat ini, mobil yang diproduksi bertipe pick-up. Hanya saja ia enggan membeberkan waktu peluncuran mobil tersebut.

    "Nanti diekspose saat kita launching," kata Edi.

    Saat ditanya apakah akan diluncurkan pada tahun ini, Edi tetap tidak mau membuka suara. Begitu juga saat ditanya perkembangan produksi mobil.

    "Kita harapkan (diluncurkan akhir tahun 2019)," ucapnya.

    Pada pameran tersebut, PT Solo Manufaktur Kreatif memajang sejumlah komponen mobil seperti rangka, setir, pintu, velg, dan komponen lainnya.

    Secara terpisah, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin mengatakan kementerian sedang bersinergi menjembatani hulu dan hilir agar komponen mobil Esemka merupakan komponen lokal. 

    "Dari engine sampai ke steering system, aksesoris, semua kan ada. Jadi kita coba jembatani. Tidak hanya Esemka tetapi yang lain aupaya mereka bisa menggunakan komponen dalam negeri," katanya.

    Dalam rilis pers, PT Solo Manufaktur Kreasi mengatakan SDM atau tenaga kerja diambil dari lulusan SMK di wilayah Solo Raya dan Jawa Tengah. Manajemen mengklaim tenaga kerja mereka telah berhasil memproduksi kendaraan dengan jumlah ratusan unit sampai saat ini.(rie/net)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Nah Lho, Esemka Muncul Lagi. Kali Ini Berbentuk Komponen-komponen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar