Keahlian Yang Harus Dimiliki Sistem Analis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kegiatan pengembangan sistem informasi biasanya mencakup dua kegiatan utama: analisis sistem dan desain sistem. Analisis sistem adalah proses pemahaman dan definisi yang lebih rinci dari sistem informasi yang akan digunakan. Sementara itu, desain sistem adalah proses yang lebih rinci tentang bagaimana komponen-komponen sistem informasi harus diimplementasikan. Dua kegiatan utama ini dilakukan dengan baik dengan terlebih dahulu memahami kebutuhan perusahaan yang mengembangkan sistem informasi.

    Oleh karena itu pengembangan sistem informasi mensyaratkan kehadiran orang yang mampu menghubungkan kebutuhan perusahaan dengan solusi sistem informasi. Analis sistem adalah jawaban untuk kebutuhan ini.System Analisis adalah seorang spesialis yang menerapkan teknik analisis dan desain untuk menyelesaikan masalah bisnis melalui dukungan TI (Teknologi Informatika).

    Sebagai pemecah masalah, analis sistem harus memiliki keterampilan sebagai berikut:

    • Seorang analis sistem harus memiliki pengetahuan tentang teknologi dan pemrograman. 

    Oleh karena itu, analis sistem biasanya adalah kepribadian yang mendorong kemajuan teknologi. Seorang analis sistem dapat memahami masalah bisnis dari berbagai perspektif dan perspektif. Keahlian dalam analisis sistem digunakan untuk memetakan masalah perusahaan klien yang dapat diselesaikan oleh sistem informasi dan mereka yang tidak bisa.

    Dengan menganalisis komponen-komponennya, seorang analis sistem dapat lebih memahami proses bisnis secara keseluruhan dan mengidentifikasi subsistem yang melaporkan masalah.

    • Seorang analis sistem mencerminkan secara sistematis

    Dengan memberikan solusi yang masuk akal untuk masalah yang dihadapi perusahaan. Seseorang harus mengetahui dan menguasai perangkat lunak dan perangkat keras terbaru, serta mengetahui pro dan kontra teknologi. Ini sangat berguna bagi analis dalam pemilihan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik pelanggan mereka. Keahlian teknis dapat diperoleh melalui pendidikan formal atau pelatihan khusus dan jam terbang yang panjang dalam pengembangan sistem informasi.

    • Mengambil langkah-langkah yang diperlukan (seperti survei pemangku kepentingan, prosedur peninjauan, dan dokumen, dll.) 

    Untuk sepenuhnya memahami masalah. Analis sistem bertanggung jawab atas sumber daya yang mereka kendalikan, seperti: B. programmer dan teknisi. Manajemen tugas yang sangat sukses untuk suatu proyek dilakukan dengan cepat. Analis sistem juga harus dapat memprediksi faktor-faktor eksternal seperti kenaikan harga peralatan, perjuangan perbaikan, dll.

    • Sistem analis selalu terbuka 

    Dengan berbagai input dan cara untuk mengembangkan opsi penyelesaian masalah yang selanjutnya dapat meningkatkan kinerja bisnis. Selain kemampuan yang disebutkan di atas, seorang analis sistem harus memiliki keterampilan komunikasi atau interpersonal. 

    Keahlian ini diperlukan untuk menangkap informasi akurat tentang masalah yang dialami pelanggan Anda. Komunikasi juga diperlukan untuk koordinasi dan pendidikan dengan pemangku kepentingan lainnya. Melalui komunikasi yang efektif, perkembangan proyek dan perubahan saat ini dapat dipantau dan diperhitungkan dengan tepat. Sementara seorang analis sistem mungkin perlu mewaspadai masalah teknis yang terkait dengan solusi TI, solusi yang diberikan pada akhirnya berkaitan dengan solusi yang meningkatkan kinerja bisnis.

    • Seorang Analisis harus mempunyai kemampuan untuk mengadakan komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis

    Keahlian dalam komunikasi interpersonal, analisis harus memiliki kemampuan untuk melakukan komunikasi lisan dan tertulis. Keahlian ini diperlukan untuk wawancara, presentasi, pertemuan, dan laporan.

    Itu lah beberapa keahlian yang harus anda miliki dalam sistem anilisis, semoga menjadi seorang yang profesional dalam bidang ini, semoga bermanfaat.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keahlian Yang Harus Dimiliki Sistem Analis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar