Perbedaan Teknik Informatika dengan Manajemen Informatika

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Perbedaan teknik informatika dengan manajemen informatika sangat lah berbeda, meski nama dari jurusan ini hampir sama akan tetapi kedua jurusan ini sangat berbeda.

    Berikut Perbedaan teknik informatika dengan manajemen informatika :

    Teknik komputer adalah seperangkat disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pemrosesan data dengan memanfaatkan teknologi komputer secara optimal melalui proses logis.

    Di bidang teknik komputer, bidang yang paling banyak dipelajari adalah pemrograman dan ilmu komputer, rekayasa perangkat lunak untuk berbagai aplikasi di berbagai bidang ekonomi dan teknologi jaringan komputer.

    Jadi apa yang kita pelajari dalam teknologi komputer?

    Algoritma membentuk dasar untuk pengetahuan dalam teknik komputer. Dalam teknik komputer, siswa harus dapat mempelajari pengetahuan dan keterampilan teknik komputer berdasarkan pemahaman, analisis, evaluasi, penerapan, dan pembuatan perangkat lunak pemrosesan komputer.

    Secara umum, bahan rekayasa komputer dapat dibagi menjadi berbagai bidang ilmiah, termasuk:

    1. Sistem Informasi

    Memberikan pengetahuan dasar dan pemahaman tentang konsep, kerangka kerja, metode dan teknik sistem informasi untuk desain, pemeliharaan sistem, pengujian serta melalukan pengembangan perangkat lunak.

    2. Rekayasa Perangkat Lunak

    Dalam bidang ini terdiri dari objek peningkatan proses rekayasa dan analisis desain, inspeksi perangkat lunak, rekayasa perangkat lunak, dan pemrograman basis data klien / server.

    3. Pemrograman dan ilmu komputer

    Memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk menganalisis masalah di bidang komputasi, komputasi paralel, sistem terdistribusi dan teknologi antar-jaringan.

    4. Jaringan TI dan Arsitektur

    Materi belajar dalam bidang ini yaitu arsitektur komputer, organisasi komputer, elektronik, sistem digital, sistem mikroprosesor, jaringan komputer dan sebagainya.

    Prospek untuk lulusan teknologi informatika

    Bidang aplikasi komputer sangat besar, hampir tidak ada ruang hidup yang tidak terpengaruh oleh teknologi komputer. Luasnya area aplikasi, terbatasnya jumlah analis sistem, pesatnya perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan yang cukup besar untuk pengembangan perangkat lunak menawarkan prospek yang menjanjikan bagi lulusan dalam ilmu komputer.

    Lulusan ilmu komputer dipilih dari: programmer, analis sistem, desainer web, insinyur perangkat lunak / situs web, insinyur jaringan komputer / komunikasi data, lembaga pemerintah dan lembaga penelitian dan lainnya (perusahaan telekomunikasi, bank, konsultan atau dosen dari universitas negeri dan swasta, dll.

    Kemudian muncul manajemen informasi, yang sebenarnya tidak jauh berbeda, tetapi beberapa di antaranya diajarkan dengan sangat berbeda.

    Sedangkan Manajemen Informatika sebagai berikut :

    Manajemen Informatika adalah suatu Pengembangan organisasi perdagangan dan industri akan berdampak signifikan pada teknologi yang digunakan. Menggunakan teknologi yang tepat akan menghasilkan informasi yang lebih cepat, lebih akurat dan lebih tepat serta komunikasi yang lebih efisien. Kondisi ini berdampak kuat pada penggunaan sumber daya yang mampu menguasai teknologi yang dibutuhkan.

    Disiplin manajemen TI berkisar dari konsep ilmiah hingga pengembangan di bidang pemrograman dan desain. Apa yang kita pelajari di departemen Manajemen Informatika ?

    Konsentrasi pembelajaran dibagi menjadi pemrograman dan desain. Melalui kompetensi kursus sebagai berikut :

    1. Bahasa pemrograman PHP dan Delphi
    2. Database Oracle dan MySQL
    3. Infografis, animasi, dan multimedia
    4. Pembuatan dan pengeditan gambar digital
    5. Buat animasi dan kartun web
    6. Penyuntingan video

    Kesempatan kerja yang didapat dari Manajemen Informatika

    Lulusan program gelar Manajemen Informatika harus menjadi orang-orang kreatif dan profesional di bidangnya. Ruang kerja yang bisa dihubungi adalah :

    1. Sebagai administrator sistem dan web
    2. Sebagai konsultan desain
    3. Sebagai programmer junior
    4. Sebagai seorang ahli dalam desain grafis

    Perbedaan dari kedua jurusan ini sangatlah mengandung perbedaan yang sangat jauh, selain mempunyai nama yang hampir mirip kita tidak bisa menyamakan kedua nama jurusan tersebut.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Teknik Informatika dengan Manajemen Informatika
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    66%

    Terinspirasi

    33%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar