Gunung Talamau Pasaman, Destinasi Wisata yang Unik  

Daftar Isi

    Wisata Pasaman, Sumbar, Lancangkuning.com - Gunung Talamau merupakan salah satu keindahan alam yang ada di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Pasaman Barat. Gunung Talamau merupakan gunung tertinggi yang ada di Pasaman dan sering disebut dengan nama Gunung Ophir, gunung ini berdampingan dengan Gunung Pasaman. Gunung Talamau merupakan tipe gunung api yang tidak aktif. Dengan ketinggian 2.920 meter diatas permukaan laut (mdpl).

    Keunikan Gunung Talamau terdapat pada telaga yang ada di Gunung Talamau, tepatnya pada ketinggian sekitar 2.750 meter ada 13 telaga yang juga dapat menjadi tujuan wisata dan juga pendakian gunung. Ketiga belas nama telaga tersebut diambil berdasarkan dari beberapa cerita legenda yang sudah diyakini masyarakat setempat ratusan tahun lalu.

    {{}}

    Nama telaga yang ada di Gunung Talamau ialah, Talago Biru, Talago Buluah Parindu, Talago Cindua Mato, Talago Imbang Langik, Talago Lumuik, Talago Mandeh Rubiah, Talago Puti Bungsu, Talago Puti Sangka Bulan, Talago Rajo Dewa, Talago Satwa, Talago Siuntuang Sudah, Talago Tapian Puti Mambang Surau, Talago Tapian Sutan Bagindo.

    Tidak hanya telaga yang ada di Gunung Talamau, di Gunung Talamau juga terdapat air terjun yang mempunyai ketinggian lebih dari 100 meter, yaitu,  Air Terjun Puti Lenggo Geni. Belum ada fasilitas resmi yang dapat dinikmati jika sedang berwisata ke Gunung Talamau, namun untuk penginapan, wisatawan bisa menyewa rumah warga sekitar kaki gunung. Juga terdapat warung atau toko yang menyediakan makanan dan minuman. Mendaki Gunung Talamau juga dapat dijadikan tujuan wisata bagi para pendaki gunung. (hyAzn)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gunung Talamau Pasaman, Destinasi Wisata yang Unik  
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar