Perbedaan Antara Artikel Dengan Essay

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Artikel dan esai adalah dua bentuk penulisan akademik. Meskipun ada kesamaan tertentu di antara mereka, ada juga perbedaan yang berbeda di antara mereka. Perbedaan-perbedaan ini didasarkan pada format, tujuan, dan konten. Sebelum melihat perbedaan antara artikel dan esai, mari kita lihat definisi dari dua kata ini. Esai adalah karya tulis yang menggambarkan, menganalisis, dan mengevaluasi topik tertentu, sedangkan artikel adalah karya tulis yang disertakan dengan orang lain di surat kabar atau publikasi lain. Perbedaan utama antara artikel dan esai adalah bahwa artikel ditulis untuk menginformasikan kepada pembaca tentang beberapa konsep sedangkan esai biasanya ditulis sebagai tanggapan terhadap pertanyaan atau proposisi.

    Apa itu Artikel?

    Artikel adalah tulisan yang disertakan dengan orang lain di surat kabar, majalah, atau publikasi lainnya. Ini adalah komposisi tertulis yang nonfiksi dan prosa. Artikel dapat ditemukan di majalah, ensiklopedi, situs web, surat kabar, atau publikasi lainnya; konten dan struktur artikel mungkin bergantung pada sumbernya. Misalnya, artikel dapat berupa editorial, ulasan, artikel fitur, artikel ilmiah, dll.

    Namun, tujuan atau tujuan dari suatu artikel tetap sama; tujuan utama sebuah artikel adalah untuk memberi informasi kepada pembaca tentang suatu topik tertentu. Fitur umum lain dari artikel adalah bahwa mereka biasanya mengikuti format heading dan subtitle; format ini membuat pembaca memahami konsep-konsep yang dibahas dalam artikel dengan mudah. Artikel juga dapat bervariasi sesuai dengan jenis informasi yang disajikan. Fakta dan informasi ini umumnya disajikan secara obyektif karena tujuan penulis adalah untuk menjelaskan topik, bukan untuk membujuk pembaca agar menerima pandangannya.

    Apa itu Esai?

    Esai adalah karya tulis yang menggambarkan, menganalisis, dan mengevaluasi topik atau masalah tertentu. Ini adalah bentuk tulisan singkat dan singkat yang berisi pengantar, badan yang terdiri dari beberapa paragraf pendukung, dan sebuah kesimpulan. Esai dapat menginformasikan pembaca, mempertahankan argumen, menganalisis masalah atau menguraikan konsep. Esai adalah kombinasi antara statistik, fakta, dan pendapat serta pandangan penulis.

    Esai dapat dibagi menjadi berbagai jenis seperti narasi, deskriptif, persuasif, argumentatif, ekspositori, dll. Tujuan dan isi esai dapat bergantung pada jenis esai. Misalnya, jika Anda menulis esai naratif, Anda akan memperhatikan gaya, dan narasi yang dapat menarik minat pembaca. Tetapi jika Anda menulis esai argumentatif atau persuasif, Anda akan lebih khawatir tentang fakta dan argumen kuat untuk membuktikan maksud Anda.

    Perbedaan Antara Artikel dan Esai

    Definisi

    Artikel adalah tulisan yang disertakan dengan orang lain di surat kabar, majalah, atau publikasi lainnya. Esai adalah tulisan pendek tentang subjek tertentu.

    Tujuan

    Artikel ditulis untuk menginformasikan kepada pembaca tentang beberapa konsep. Esai umumnya ditulis sebagai respons terhadap pertanyaan atau proposisi.

    Format

    Artikel mengikuti format pos dan subpos. Esai tidak ditulis di bawah judul dan subjudul.

    Kutipan

    Artikel tidak memerlukan kutipan atau referensi. Esai membutuhkan kutipan dan referensi.

    Efek visual

    Artikel sering disertai dengan foto, grafik, dan grafik. Esai tidak memerlukan foto.

    Perbedaan antara Esai dan Artikel

    Bayangkan membuka majalah hiburan favorit Anda atau koran lokal Anda dan menemukan koleksi esai. Berapa lama, dalam hal itu, apakah uang yang Anda habiskan untuk majalah dan koran dianggap sebagai bagian dari anggaran hiburan Anda? Artikel bisa informatif dan tidak semuanya menghibur. Namun, lebih cenderung menemukan artikel di majalah yang menawarkan hiburan bagi pembaca daripada esai.

    • Tone

    Perbedaan yang paling menonjol antara esai dan artikel adalah Tone. Esai secara tradisional adalah tulisan subjektif subyektif yang menawarkan analisis topik tertentu. Dengan kata lain, seorang penulis esai mempelajari, meneliti, dan membentuk opini berdasarkan fakta tentang topik tersebut untuk menginformasikan kepada orang lain tentang ide-ide mereka.

    Sebuah artikel secara tradisional lebih objektif daripada subyektif. Menulis artikel tidak selalu mengharuskan pendapat untuk dibentuk dan diungkapkan, dan tidak ada persyaratan bahwa analisis ditawarkan tentang informasi yang disajikan.

    • Struktur

    Gulir ke seluruh salinan Cosmopolitan, National Geographic, dan edisi hari ini dari surat kabar lokal Anda, dan Anda akan mengetahui bagaimana artikel dapat disusun dengan berbagai cara. Beberapa termasuk judul dan subjudul bersama dengan foto-foto yang menyertai untuk melukis gambar bagi pembaca untuk membentuk pikiran dan pendapat mereka sendiri tentang subjek artikel.

    Esai, bagaimanapun, memiliki pedoman yang lebih ketat pada struktur tergantung pada jenis esai yang telah dipilih penulis. Secara tradisional, pembaca akan melihat paragraf pengantar yang menyajikan pernyataan tesis, paragraf tubuh dengan kalimat topik yang berhubungan dengan dan menyempurnakan tesis, dan kesimpulan dengan penulis mengambil informasi yang disajikan.

    • Faktor Hiburan

    Sementara esai naratif dapat menceritakan kisah-kisah yang menghibur, itu adalah artikel yang paling sering dimasukkan dalam majalah dan surat kabar untuk membuat pelanggan mereka mendapat informasi dan membaca.

    Terserah penulis artikel pesan apa yang ingin mereka sampaikan. Terkadang pesan itu informatif dan terkadang lucu. Untuk seorang penulis esai, ini semua tentang belajar sebanyak mungkin tentang suatu topik, membentuk opini, dan menjelaskan bagaimana mereka sampai pada pendapat itu dan mengapa.

    Anda tidak akan menemukan esai di majalah hiburan. Seseorang yang mencari informasi mendalam tentang suatu subjek akan mencari esai, sementara orang yang mencari tulisan yang menghibur yang memungkinkan mereka untuk menarik kesimpulan sendiri akan lebih cenderung mencari artikel.

    Sekian terimakasih semoga bermanfaat.(Indri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Antara Artikel Dengan Essay
    Sangat Suka

    75%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    12%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    12%

    Komentar