Etika Dalam Berbisnis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bisnis merupakan suatu kegiatan aktivitas produksi, penjualan dan pembelian, ataupun pertukaran barang dan jasa. Yang dimana dalam berbisnis memiliki tujuan tertentu untuk mendapatkan keuntungan atau laba yang dilakukan oleh individu, organisasi maupun perusahaan. Semua kegiatan yang berhubungan dengan bisnis berfungsi untuk menciptakan suatu produk ataupun jasa yang bernilai tinggi, yang nantinya bisa memenuhi kehidupan masyarakat.

    Bisnis mempunyai terdapat banyak macam, contohnya seperti bisnis pertanian, bisnis produksi bahan mentah, bisnis jasa, bisnis perdagang besar maupun kecil dan masih banyak lainnya. Setiap bisnis mempunyai aktivitas yang berbeda, namun mempunyai tujuan yang sama yakni untuk menciptakan sesuatu yang bernilai dan berguna bagi masyarakat. Namun perlu kamu ketahui, dalm berbisnis juga memerlukan yang namanya etika.

    Etika dalam berbisnis sama halnya dengan etika pada umumnya, karena memang pada dasarnya etika merupakan sebuah ilmu kesusilaan atau perilaku manusia terhadap sesamanya. Yang dimana etika disini mencakup suatu prinsip dan aturan tentang bagaimana cara bertingkah laku yang benar. Dalam artian lain, etika merupakan suatu tanggungjawab dan kewajiban moral setiap manusia dalam berperilaku bermasyarakat.

    Dalam dunia perbisnisan, etika berbisnis itu sangat diperlukan yang nantinya digunakan untuk mengelola dan menjalankan bisnis tersebut dengan baik. Etika bisnis merupakan sebuah cara dalam berbisnis yang berhubungan dengan semua aspek yang berkaitan dengan individu, masyarakat dan juga perusahaan.

    Semua pebisnis baik itu pebisnis baru maupun pebisni lama yang sudah lama terjun ke dunia perbisnisan dan sudah lama menggeluti bisnis tersebut, etika bisnis sangat dibutuhkan. Kenapa etika bisnis itu perlu?  Karena etika bisnis akan mendorong kesadaran moral pebisnis tersebut agar menjalankan bisnis yang sedang mereka jalankan itu dengan baik, dan juga menumbuhkan kesadaran agar tidak menjalankan bisnis dengan cara yang curang. Yang nantinya hal tersebut bisa merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

    Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari dunia perbisnisan, bahwa salah satu kunci sukses yaitu mempunyai etika yang baik. Bisnis tanpa etika akan rapuh, karena etika juga bisa menentukan sebuah kesuksesan dalam menggeluti sebuah bisnis tersebut. Niat, tekat dan ambisi yang kuat tentu saja menentukan sebuah kesuksesan, namun etika tetap ikut andil dalam suksesnya sebuah bisnis.

    Kamu seorang pebisnis? sudahkah memiliki etika yang baik sebagai seorang pebisnis? Jika belum tau apa saja etika dalam berbisnis tersebut, berikut beberapa etika dalam berbinis:

    1. Kejujuran

    Perlu kamu ketahui, kejujuran itu sangat penting dalam segi apapun. Kejujuran merupakan salah satu poin terpenting dalam dunia perbisnisan, karena kejujuran ini bisa membangun sebuah kepercayaan customer nantinya. Untuk sukses, kamu harus memiliki sifat jujur dalam hal sekecil apapun.

    1. Memenuhi Janji Serta Komitmen yang Dibuat

    Ketika kita berani berbuat janji, maka kita harus berani memenuhi janji tersebut. Jika kita membuat janji dan komitmen lalu kita menepatinya, hal tersebut juga akan membangun kepercayaan klien terhadap kita.

    1.  Menjaga Reputasi

    Taukah kamu bahwa reputasi itu penting? Karena reputasi orang lain bisa menilai bagaimana bisnis kita pada saat ini. Kita harus bisa membangun serta melindungi nama baik perusahaan serta segala hal yang berada di dalamnya. Jika reputasi kita baik dimata orang, maka hal tersebut akan membangun kepercayaan orang lain terhadap kita.

    1. Keadilan

    Keadilan juga merupakan salah satu poin penting terhadap suksesnya sebuah bisnis. Kita tidak boleh menggunakan kedudukan kita seenaknya sendiri, kita harus bersikap adil kepada semua orang, seperti karyawan. Selain itu kita juga harus bersikap adil dalam mengambil keputusan, perbedaan pendapat, dan lain sebagainya.

    1. Mematuhi Aturan

    Patuhilah segala aturan yang ada di perusahaan mu, baik itu peraturan besar maupun kecil sekalipun. Jadilah orang yang taat peraturan, maka dari itu kamu akan menjadi pebisnis yang bisa disegani segala pihak.

    Nah, itulah beberapa etika dalam berbisnis. Sudahkah kamu memilikinya? Jika belum, yuk belajar bagaimana beretika dengan baik dalam berbisnis agar bisnis mu bisa berjalan dengan baik dan sukses. (Mega)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Etika Dalam Berbisnis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar