Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Tempat Magang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Magang adalah salah satu peluang bagi kita untuk mempersiapkan jalur karier kita di masa depan. Dengan magang ini, kami memperdalam wawasan kami, dan dapat menangani berbagai situasi kerja yang mungkin tidak diperoleh dengan kuliah saja. Karena itu, memilih magang harus dipikirkan dengan matang dan matang.

    Peluang magang sebelum lulus atau ketika mencari pekerjaan permanen adalah tawaran yang perlu Anda pertimbangkan. Kurang lebih akan ada gambar dunia kerja yang akan Anda dapatkan melalui magang.

    Beberapa kampus bahkan telah memasukkan magang sebagai salah satu mata pelajaran yang harus dipenuhi kredit sebelum menyiapkan skripsi, serta memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengumpulkan data terkait penelitian skripsi.

    Baca : Tempat Magang/Pkl Jurusan TKJ di Pekanbaru

    Biasanya sebelum lulus dari universitas yang diambil, siswa dapat mengikuti program magang yang ditawarkan. Selain itu, beberapa universitas seperti Binus telah meminta siswa mereka untuk bekerja di lapangan setidaknya selama satu tahun.

    Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tempat magang dan juga hal-hal yang harus kamu pertimbangkan selain mencari tempat magang yang kamu sukai :

    1. Carilah Lokasi Tempat Magang Di wilayah Sekitar

    Magang di luar kota atau daerah terpencil menjadi pilihan Anda? Tidak ada salahnya juga jika itu terkait dengan pekerjaan yang akan Anda pilih nanti, jika sektor ini sesuai lokasi anda kemudian menjadi pertimbangan lebih lanjut.

    Nostalgia untuk kuliah teman-teman dari Fakultas harus merasakan magang di hutan pedalaman di daerah provinsi Kalimantan atau Sumatra karena lokasi tesis penelitian ada di sana.

    Kondisi seperti itu tentu tidak memberikan peluang untuk pilihan. Lain halnya jika Anda ingin bekerja di kota besar atau tidak jauh dari rumah, maka magang seperti bank atau kantor bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk merasakan simulasi pekerjaan.

    1. Durasi dan Waktu Magang

    Durasi magang juga harus jelas dan diinformasikan ke kantor sebelum persetujuan. Jika waktu magang anda akan setiap hari dan berbenturan dengan jadwal bimbingan tesis misalnya, pastikan atasan Anda sudah tahu dan bersedia mentolerir nya.

    Pada periode magang di pertengahan tahun biasanya bisa lebih lama daripada selama liburan akhir tahun, mengingat kalender akademik Indonesia, yang sebagian besar memulai tahun ajaran baru di pertengahan tahun.

    Sekarang ada juga banyak tawaran magang dari Kementerian yang berlokasi di luar negeri, lho! Konsekuensinya jika magang di luar negeri biasanya melewati sedikit lebih lama, 1-2 semester bagi Anda yang durasinya lebih dari 3-6 bulan. Tetapi jika manfaatnya besar untuk stok pekerjaan.

    1. Pengalaman Kerja Yang Akan Didapat

    Salah satu hal penting yang perlu kamu pertimbangkan ketika mencari tempat magang adalah pengalaman kerja seperti apa yang akan Anda dapatkan? Secara kebetulan di Indonesia, tidak semua perusahaan atau kantor memberikan tugas yang semestinya kepada staf magang.

    Oleh karena itu, nilai pengalaman kerja yang ditawarkan oleh magang juga harus dipertimbangkan. Anda dapat bertanya kepada senior yang telah bekerja di perusahaan jika memang ada, tetapi jika tidak, Anda harus mengetahuinya.

    Akankah kantor ini mengajarkan Anda untuk berorganisasi secara profesional dan jenis pekerjaan mendapat pengawasan langsung dari manajemen atau hanya mengikuti jalur yang ada tanpa bisa berdiskusi dengan atasan?

    Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memasuki program magang di perusahaan. Anda sendiri bisa menentukan di mana anda harus magang, semoga tips nya bisa bermanfaat dan membantu anda menentukan tempat magang, ya!. (Qoir)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Tempat Magang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar