DPRD Siak Nilai DLH tak Mau Ambil Pusing Terkait Bencana Asap di Negeri Istana

Daftar Isi

    SIAK-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Siak mengingatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Siak agar segera respon terhadap kondisi asap saat ini di negeri istana.

    "Jangan sampai semua pihak tertunggu-tunggu dengan masalah ini, karena apa yang disampaikan kepala Dinas tersebut, saya nilai  beliau tidak mengerti dengan tugasnya," kata anggota DPRD Siak Syamsurizal, Selasa (6/8/19) siang, saat dijumpai di ruang kerjanya.

    Legislator asal Sungai Apit itu mengatakan, saat ini masyarakat sudah mulai menjerit dengan kondisi bencana kabut asap ini, namun DLH seperti "duduk manis" seperti tidak ambil pusing terkait masalah tahunan ini.

    "Semua pihak sudah tertunggu-tunggu informasi dari DLH terkait kondisi cuaca saat ini, seperti Dinas Kesehatan yang menungggu surat DLH, apakah kondisi cuaca di Siak masih aman atau sudah membahayakan," terang ketua Demokrat Siak itu.

    Pria yang akrab disapa Budi itu mengatakan, jika informasi dari DLH mengatakan kondisi cuaca sudah membahayakan, maka Dinas Kesehatan akan mengirim surat ke Dinas Pendidikan dan Kebudayan agar meliburkan anak-anak sekolah.

    "Ini kita bicara untuk orang banyak, ini masalah bencana. DLH harus punya inisiatif mencari tahu kondisi cuaca saat ini di Siak,' katanya.

    Anggoata DPRD Siak yang terpilih kembali pada Pileg 2019 lalu itu mengatakan, saat ini menurut informasi yang diterimanya, 2 alat Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kabupaten Siak rusak, memang DLH sudah mengirim surat ke DLH Provinsi Riau untuk memperbaiki alat tersebut tetapi belum ada tanggapan.

    "Harusnya ada inisiatif dong, jangan hanya menunggu, harusnya digesa. Karena kata DLH surat tersebut sudah dikirim ke Provinsi sejak Syamsuar menjabat Bupati Siak, tetapi sampai hari ini mereka hanya menunggu, tanpa ada inisiatif untuk mnggesa. Saya ingatkan lagi, bencana asap ini dirasakan semua orang, jadi jangan hanya menunggu saja," tegasnya.

    Sebagaimana diketahui, saat ini 2 alat ISPU di Siak yakni di Kota Siak dan Perawang rusak, alat tersebut merupakan aset Provinsi Riau, namun sampai saat ini belum juga diperbaiki.

    Kabupaten Siak saat ini mulai diselimuti asap akhir-akhir ini, dan jarak pandang sudah mulai terbatas. Dinas Kesehatan sudah bersiap-siap mengirim surat ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siak jika kondisi cuaca sudah membahayakan, untuk meliburkan anak-anak sekolah.

    Syamsurizal mengingatkan kepada Dinas Kesehatan agar membagikan masker ke masyarakat, terutama untuk anak-anak sekolah. (LK/Gus_li)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel DPRD Siak Nilai DLH tak Mau Ambil Pusing Terkait Bencana Asap di Negeri Istana
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar