Rahasia Kesuksesan Jack Ma

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jack Ma tumbuh di Hangzhou, Cina di mana, setelah lulus kuliah, ia melamar dan ditolak dari 30 pekerjaan, sebelum menjadi guru bahasa Inggris. Kemudian, setelah ia diperkenalkan ke internet dalam perjalanan ke Amerika Serikat pada tahun 1995, ia melanjutkan untuk menemukan perilaku e-commerce China, Alibaba tanpa keterampilan teknis atau bisnis, katanya. Hari ini, Ma bernilai $ 35 miliar dan perusahaan yang didirikannya memiliki kapitalisasi pasar lebih dari $ 396 miliar.

    "Saya pikir semua orang bisa sukses jika Anda benar-benar berusaha keras," kata Ma pada konferensi Viva Tech di Paris pada bulan Mei. Dia berpikir karena dia menjalaninya. Ma memulai Alibaba di apartemennya pada tahun 1999 tanpa uang dan tim kecil yang menggunakan status underdog mereka sebagai motivasi. Berikut ini rahasia sukses dari seorang yang terkenal di dunia yaitu Jack Ma.

    1. Berpikir secara berbeda adalah kekuatan Anda

    "Jika semua orang setuju, maka tidak ada peluang," kata Ma di Paris. “Jika orang-orang mengkritik Anda, Anda harus berpikir. Dan saya menghabiskan banyak waktu memikirkan masa depan, saya menghabiskan begitu banyak waktu mendengarkan keluh kesah. Karena orang-orang seperti saya, kami tidak punya uang, kami tidak memiliki teknologi, kami tidak memiliki hubungan yang kuat, satu-satunya hal yang kami bersaing dengan yang lain adalah bagaimana kami melihat masa depan".

    Melihat masa depan yang lain tidak bisa memberi Ma keunggulan kompetitif ketika ia memulai Alibaba. Ketika ia pertama kali diperkenalkan ke internet selama perjalanan ke Seattle pada 1995, ia mencari istilah "China." Tidak ada "data tentang China," kata Ma kepada Charlie Rose pada 2015.  “Jadi saya mengobrol dengan teman dekat saya: Mengapa tidak membuat sesuatu hal tentang Cina? Ya itulah yang kami pikirkan, Jadi kami membuat halaman yang sangat kecil tampak sangat jelek yang kami sebut China, ”kata Ma kepada Rose. Itu adalah asal mula untuk mendirikan Alibaba, yang dimulai sebagai "e-marketplace untuk informasi," kata Ma. “Jika saya percaya masa depan seperti ini dan orang-orang seperti itu, tentu saja kita berbeda. Dan ketika kita percaya bahwa itu adalah masa depan, kita mulai melakukannya”.  Ketika banyak orang yang percaya kepada Anda, Anda tidak mempunyai kesempatan. Namun ketika mempercayai Anda hanya sedikit orang, Anda percaya, kemudian Anda membuktikannya dengan nyata, maka itulah sesungguhnya kesempatan Anda, "kata Ma di Paris.

    1. Jangan pernah menyerah

    Ma banyak ditolak dalam hidupnya. "Saya gagal di ujian sekolah dasar utama dua kali dan saya gagal seperti tiga kali untuk sekolah menengah," kata Ma kepada Rose. "Saya mendaftar diri masuk ke Harvard - 10 kali ditolak," kata Ma kepada Rose. Namun akhirnya, Ma menghadiri dan lulus dari Institut Guru Hangzhou dengan jurusan pendidikan bahasa Inggris.

    Ma juga ditolak karena pekerjaan di Kentucky Fried Chicken (24 orang melamar dan semuanya kecuali Ma mendapat pekerjaan), sebagai polisi dan manggung sebagai pelayan di sebuah hotel bintang empat di Hangzhou (sepupunya mendapatkan pekerjaan itu). Bahkan setelah meluncurkan Alibaba, dia menghadapi penolakan. Pada tahun 2001, Ma mencoba untuk mengumpulkan $ 5 juta dalam pendanaan kapitalis ventura dari investor di Amerika Serikat dan ditolak. Tetapi Ma bersikeras, dan pada 2005 Yahoo membeli saham mayoritas di Alibaba. Pada 2014, Alibaba mengeluarkan IPO senilai $ 25 miliar yang  

    memecahkan rekor. Kuncinya, kata Ma, adalah tidak membiarkan penolakan membuat Anda lama. "Tentu saja, kamu tidak bahagia ketika orang mengatakan 'tidak'. Tidur nyenyak, bangun, coba lagi", kata Ma di Paris. Ma memberi tahu Charlie Rose bahwa dia terinspirasi oleh Forrest Gump dalam hal itu: "Saya suka Forrest Gump," kata Ma. "Sederhana - jangan pernah menyerah."

    1. Gunakan keterampilan apa yang Anda miliki

    "Saya sama sekali tidak tau apa-apa tentang yang namanya teknologi, saya sama sekali tidak tahu apa-apa tentang yang namanya pemasaran" kata Ma di Paris. "Hanya satu yang kuketahui yaitu tentang orang." Jadi, Ma menggunakannya. Dia telah belajar bagaimana menginspirasi dan memberdayakan orang-orang di pekerjaan pertama nya, ketika dia seorang guru bahasa Inggris, dan dia menerjemahkannya menjadi inspirasi dan mendorong timnya.

    Dari catatan khusus, Ma memfokuskan energinya pada orang-orang yang dia layani dan yang membangun perusahaannya, fondasi bisnisnya. Dia tidak terlalu khawatir dengan membuat investor senang, mencatat bahwa investor bisa berubah-ubah - "ketika Anda dalam kesulitan, mereka berjalan sangat cepat".

    “Menghabiskan waktu untuk pelanggan Anda. Habiskan waktu untuk orang-orang Anda, di tim Anda sendiri,”kata Ma. “Jangan menghabiskan waktu untuk investor Anda. Jangan menghabiskan waktu untuk pesaing Anda. Ketika Anda melihat orang-orang, Anda ingin melayani. Ketika Anda melihat orang-orang yang bekerja bersama, jika mereka bahagia, Anda akan menang. Itu sangat sederhana". (Ali)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rahasia Kesuksesan Jack Ma
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar