Tempat Magang Jurusan DKV Medan

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Magang bukan lagi kata asing lagi mahasiswa maupun siswa sekolah kejuruan. Bagi mahasiswa, magang merupakan kegiatan yang menjadi syarat utama untuk meraih gelar sarjana.

    Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan, magang menjadi bagian dalam sistem praktik kerja lapangan atau pelatihan bekerja yang biasanya diselenggarakan dalam bentuk terpadu pelatihan pada suatu lembaga untuk bekerja langsung dengan dibimbing dan di bawah pengawasan instruktur, yang merupakan pekerja atau buruh berpengalaman di bidangnya sesuai jurusan peserta magang untuk meningkatkan keterampilan maupun keahlian.

    Umumnya, program magang dilakukan di sebuah perusahaan, instansi, atau lembaga yang membuka kesempatan praktik kerja lapangan bagi mahasiswa. Progam magang biasanya dilaksanakan berdasarkan perjanjian peserta dengan pengusaha di atas hitam putih atau tertulis. Surat perjanjian itu memuat hak dan kewajiban peserta dan pihak perusahaan dalam jangka atau waktu magang dilaksanaka.

    Magang atau praktik kerja lapangan yang dilaksanakan tanpa adanya pernjanjian tidak dianggap sah, sehingga status mahasiswa sebagai peserta magang berubah sebagai pekerja di perusahaan tersebut.

    Magang Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual)

    Hampir setiap jurusan atau program studi (Prodi) di tiap perguruan tinggi maupun sekolah kejuruan membuat program magang. Tidak terkecuali untuk jurusan Desain Komunikasi Visual, yang dikenal pula dengan jurusan DKV.

    DKV merupakan jurusan dari cabang keilmuan desain. Jurusan ini membahasa konsep dalam komunikasi serta ungkapan dalam bentuk yang kreatif, media hingga teknik yang memanfaatkan berbagai elemen, mulai dari visual atau rupa dan gambar hingga audio yakni suara, sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada konsumen dengan efektif, komunikatif, dan informatif.

    Mahasiswa DKV mempelajari elemen-elemen dalam bentuk visual. Mahasiswa DKV dituntut untuk berpikir agar dapat mengolah setiap pesan, termasuk kata-kata. Sebab, DKV merupakan ilmu yang menggabungkan bidang keilmuan dengan kreativitas dan inovatif. Sementara, inti pada pesan juga harus diolah agar komunikatif, efektif dan efisien, serta saling medukung dalam proses penyampaian pesan tersebut.

    Meski berkutat dengan ilmu desain, mahasiswa DKV tidak harus mahir dalam menggambar. Kamu hanya harus mampu membuat karya dalam bentuk seni visual dengan tujuan tertentu, di antaranya untuk mempengaruhi seseorang, yakni konsumen. Biasanya, DKV berperan penting dalam bidang branding dan marketing.

    Bisa dikatakan bahwa DKV merupakan versi mutakhirnya desain grafis. Pasalnya, DKV mempelajari materi yang luas, tidak hanya tentang karya visual bentuk 2D pada media cetak. DKV justru mempelajari karya visual dan gerak versi 3D.

    DKV memiliki ilmu konsentrasi, yakni new media, yang mempelajari tentang desain untuk diaplikasikan pada new media, seperti web digital, packaging, poster, dan lain sebagainya. Adapula konsentarasi Creative Advertising, tentang kebutuhan pada desain periklanan. Kendati begitu, konsentrasi di jurusan ini disesuaikan pada masing-masing perguruan tinggi atau penyelenggara program pendidikan.

    Selain itu, DKV juga mengajarkan ilmu komunikasi dengan singkat. Karena seperti ilmu komunikasi, DKV juga bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan lewat gambar serta visual hingga suara. Dengan mempelajari ilmu komunikasi, para mahasiswa dapat mengetahui cara untuk menyampaikan sebuah pesan secara efektif serta efisien dan sampai ke konsumen sebagai target marketing maupun branding pada suatu produk.

    Tempat Magan Jurusan DKV Medan

    Setiap perguruan tinggi maupun sekolah kejuruan tentunya mengharuskan mahasiswa atau siswanya untuk mengikuti program magang. Program magang pada kedua lembaga pendidikan merupakan syarat untuk menyelesaikan program studi atau sekolah kejuruan.

    Di Tanah Air, sudah banyak perusahaan, instansi pemerintahan, hingga yayasan yang membuka program magang dengan persyaratan tertentu. Salah satunya di Kota Medan, Sumatera Utara.

    Seperti diketahui, Medan merupakan kota yang mengalami perkembangan sangat pesat, terutama di sektor industri perekonomian. Salah satu perusahaan yang membuka kesempatan magang di Medan adalah Garuda Cyber Indonesia.

    Garuda Cyber Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT Software Development yang berdiri sejak 2013. Tentunya, sangat tepat untuk menjadi tempat magang bagi mahasiswa jurusan DKV di Medan.

    Untuk magang di Garuda Cyber Indonesia, kamu hanya perlu melengkapi persyaratan dan mengikuti kententuan yang diberlakukan perusahaan ini. Salah satu yang terpenting adalah surat rekomendasi dari kampus maupun SMK.

    Contact Person : 0811-7692-800

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Magang Jurusan DKV Medan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait