Cara Merawat Kopling Otomatis Sepeda Motor

Daftar Isi

    LancangKuning - Sepeda motor merupakan kendaraan yang beroda dua dan dapat digerakkan oleh sebuah mesin untuk letak kedua roda sebaris lurus  pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik sedangkan untuk kecepatan rendah kestabilan dan keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara  dalam penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakar serta biaya  dalam operasional cukup hemat.

    Sepeda motor merupakan pengembangan dari sepeda konvensional yang lebih dahulu ditemukan Michuax ex cie pada tahun 1868 dalam suatu perusahaan pertama di dunia yang memproduksi sepeda dalam skala besar dan dapat mengembangkan mesin uap sebagai tenaga penggerak sepeda namun  dalam usaha tersebut masih belum berhasil dan kemudian dilanjutkan oleh Edward Butler seorang penemu asal Inggris Butler itu membuat kendaraan roda tiga dengan suatu  dalam motor melalui pembakaran dan sejak itu penemuan tersebut semakin banyak dilakukan percobaan untuk membuat motor dan mobil salah satunya dilakukan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Jerman.

    Cara Merawat Motor Kopling Agar Tetap Awet Adalah

    1. Rutin mengganti oli kalau tidak mengganti oli akan bisa pelumas dan memberikan lapisan pada bagian-bagian mesin yang sedang bekerja.

    2. Cek kanvas merupakan kopling melakukan pengecekan kanvas kopling menjadi suatu keharusan yang dilakukan pengendara motor mesin kopling.

    3. Membersihkan kabel kopling.

    4. Perhatikan kualitas bahan bakar

    Cara Kerja Kopling Otomatis Adalah

    Dalam kerja kopling otomatis merupakan suatu hal ini sebenarnya sama saja dengan cara kerja pada kopling manual namun yang berbeda hanya pada cara dalam pengoperasiannya saja dan untuk kopling otomatis tidak ditarik dengan kabel kopling ataupun ditekan dengan cairan hidrolik dan akan tetapi kopling otomatis bekerja dengan mengandalkan komponen kopling sentrifugal yang berkerja mengikuti dari kecepatan mesin pada saat putaran mesin rendah stasioner, dalam gaya sentrifugal dan kampas kopling pemberat menjadi kecil sehingga sepatu kopling terlepas dari rumah kopling atau tertarik ke arah poros engkol yang akibatnya rumah kopling yang berkaitan dengan gigi pertama penggerak menjadi bebas terhadap poros dan engkol pada saat putaran mesin bertambah maka gaya sentrifugal semakin besar sehingga  bisa mendorong kanvas dalam kopling mencapai rumah kopling dimana gayanya lebih besar dari gaya tarik pengembali.

    Pemeriksaan kopling otomatis

    Sepeda motor merupakan suatu yang dilengkapi dengan kopling otomatis dan sabuk penggerak transmisi dengan perbandingan tak tetap atau variable ratio belt drive transmission penyambungan kopling diatur oleh putaran mesin dan mekanisme sentrifugal yang terletak pada bagian kopling.

    Kopling otomatis merupakan kopling cara kerjanya diatur oleh tinggi atau rendah dalam putaran mesin itu sendiri dimana pembebasan yang akan dilakukan dalam secara otomatis pada saat putaran rendah.

    Pemeriksaan Penyambungan Awal

    • Hangatkan mesin hingga temperatur normal
    • Lepas penutup rangka bagian depan
    • Sambungkan kabel elektrik tachometer ke kabel busi
    • Duduklah diatas sepeda motor sementara

    Pemeriksaan lock-up kopling Adalah

    Dalam pemeriksaan ini untuk menentukan kapan kopling menyambung sempurna dan tidak selip yaitu.

    • Tarik tuas rem depan dan belakang sekuat-kuatnya
    • Buka gas sepenuhnya dan catat putaran mesin maksimum yang dapat ditahan dalam saat pengetesan gas haru belan di putar supaya masih bagus.
    • Jenis-jenis Dan Tipe Sepeda Motor Adalah
    • Sport.
    • Standard/Naked.
    • Cruiser.
    • Trail/Off-Road.
    • "Bebek"
    • Skuter matik.
    • APP-KTM.
    • Bajaj.

    Kopling merupakan suatu sistem  dalam pemindahan tenaga  kerja dari mesin ke roda  sedangkan sepeda motor dan Kopling diperlukan untuk meneruskan perputaran dalam proses engkol ke transmisi dan melepaskan hubungan antara poros engkol dengan transmisi ketika memindahkan gigi. (Aini)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Merawat Kopling Otomatis Sepeda Motor
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait