Jenis Wewenang Dalam Proses Penerapan Fungsi Manajemen

Daftar Isi

    LancangKuning - Dalam manajemen mempunyai sesorang yang bertugas untuk mengerjakan manajemen tersebut, yaitu bertugas sebagai pengatur, mengorganisir, dan mengontrol suatu organisasi tadi, seseorang ini biasa di panggil manager.

    Fungsi manajemen

    Secara umum ada 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan (planning), pengarahan(direction), dan pengendalian(controlling).

    1. Planning

    Manajemen ini berfungsi sebagai perencanaan. Perencanaan berfungsi untuk menyusun suatu rencana dan strategi agar mencapai tujuan organisasi.

    1. Organizing

    Manajemen ini berfungsi dalam hal pembagian tugas dan kegiatan besar menjadi kecil untuk setiap masing-masing anggota organisasi. Diartikan manajemen ini bertugas untuk mengelompokkan suatu orang, tugas, tanggung jawab dan memiliki wewenang sesuai takaran sehingga mencapai tujuan organisasi itu dengan bersama sama.

    1. Directing

    Pengarahan merupakan suatu tindakan yang dilakukan agar semua anggota yang berusaha untuk mencapai cita-cita organisasi tersebut.

    Dalam fungsi pengarahan tersebut, memiliki fungsi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi suatu kinerja para anggota secara optimal dalam mencapai cita-cita perusahaan tersebut.

    Yang dimaksud dengan fungsi ini adalah manajemen untuk menilai suatu kinerja para anggota sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan kemudian melakukan suatu perubahan dan perbaikan jika sudah terdapat hasil penilaian yang cukup kurang baik. Dan hal ini perusahaan perlu menyiapkan rencana agar fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik dan efisien dan juga tidak mengahabiskan banyak biaya.

    Manajemen menurut para ahli tetapi juga hamper menyerupai penjelasan di atas

    Fungsi manajemen menurut Henry Fayol ada lima yaitu sebagai berikut:

    1. Planning (perencanaan), yaitu membuat dan mengerjakan perencanaan tentang tujuan dan target perusahaan atau organisasi serta strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan sumber daya yang ada.
    2. Organizing (perencanaan), yaitu mensinkronkan sumber daya suatu manusia, dan sumber daya alam, sumber daya fisik dan sumber daya yang ada pada modal berguna untuk mencapai target yang sudah ditargetkan oleh perusahaan.
    3. Commanding (pengarahan), yaitu memberikan arahan pada para anggota agar mengerjakan tugas masing-masing sesuai yang sudah diberikan oleh perusahaan.
    4. Controlling (pengendalian), yaitu memberikan arahan pada para anggota tentang tugas yang sudah diberikan perusahaan untuk masing-masing para anggota yang sudah di tentukan.
    5. Coordinating (pengkoordinasikan), yaitu menghubungkan dan menyelesaikan suatu pekerjaan agar saling memiliki sinergi antara satu dan yang lain agar tidak terjadi suatu kekacauan, bentrok, maupun kekosongan kegiatan.

    Sedangkan menurut Luther Gullick manajamen ada 7, memiliki fungsi sebagai berikut:

    1. Planning (perencanaan), yaitu memilih dan menetapkan aktivitas yang dilakukan dan ditetapkannya sumber daya yang bisa digunakan untuk menunjang pencapaian tujuan dan cita-cita perusahaan tersebut.
    2. Organizing (pengorganisasian), yaitu pembagian tugas kepada para anggota yang sudah trelibat dengan sesuai keahlian dan kemampuan masing-masing.
    3. Directing (pengarahan), yaitu memilih, menentukan, mengangkat dan membimbing sumber daya manusia sampai tercapainya suatu tujuan organisasi atau perusahaan tersebut.
    4. Directing (pengarahan), yaitu memberi suatu penjelasan dan pembinaan kepada para anggota yang ikut agar tugas yang sudah diberikan agar cepat dikerjakan dengan baik sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh perusahaan.
    5. Coordinating (pengkoordinasian), yaitu melakukan suatu kegiatan supaya tidak terjadi kekosongan suatu jadwal dan kekacauan dalam pekerjaan dengan menyesuaikan pekerjaan-pekerjaan yang sudah ada.
    6. Reporting (pelaporan), yaitu memberikan informasi kepada seorang manager agar pihak yang bersangkutan bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan dengan kinerja perusahaan.
    7. Budgeting (pembuatan anggaran), yaitu mengendalikan organisasi dengan merencanakan suatu akuntansi dan fiscal mengenai suatu anggaran yang akan dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi

    Selain para ahli diatas Lyndal F. Urwick juga menampilkan pendapatannya mengenai fungsi manajemen yaitu, fungsi staffing(penempatan),planning(perencanaan),organizing(pengoganisasian),cotrolling(pengendalian),coordinating(pengkoordinasian).

    Manajemen menurut para ahli juga memilki fungsi yang hampir sama dengan penjelasan diatas, setelah itu fungsi manajemen tersebut secara umum juga dirangkum menjadi 4 fungsi juga seperti yang sudah disebutkan di atas.(Angga)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Wewenang Dalam Proses Penerapan Fungsi Manajemen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait