Pengertian Gaya dan Struktur Bangunan

Daftar Isi

    LancangKuning - Gaya adalah suatu kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenai akan mengalami perubahan posisi atau bergerak dan akan berubah bentuk.

    Berdasarkan gaya dalam ilmu fisika berarti suatu interaksi apapun yang akan dapat menyebabkan sebuah benda-benda be massa tersebut mengalami perubahan pada gerak tersebut.

    Ada 5 gaya struktur yaitu:

    Gaya tekan

    Gaya tekan adalah gaya yang cenderung untuk membuat dan menyebabkan kehancuran pada suatu elemen struktur. Gaya ini mempuyai kecenderungan nya untuk menekan suatu elemen tersebut dan akan mengalami keretakan bahkan kehancuran. Gaya tekan adalah gaya bobot yang akan bekerja pada suatu luasan nya bidang secara tegak lurus.

    Bahan yang sering dan paling baik untuk digunakan untuk menahan gaya tekan adalah beton. Beton adalah bahan yang mudah untuk didapatkan dengan mencampurkan semen, agregat halus , agregat kasar  dan air, dengan atau tanpa bahan tambahan yang akan membentuk massa yang sangat padat.

    Kelebihannya adalah sebagai berikut:

    Didapatkan dengan sangat mudah dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi, mampu menanggung beban yang sangat berat, tahan terhadap cuaca yang panas, biaya perawatannya sangat amat rendah, tahan terhadap pengaratan atau pembusukan oleh kondisi alam tersebut, sangat kuat dengan tekanan tinggi, harganya terjangkau murah.

    Gaya tarik

    Gaya tarik adalah gaya yang memiliki kecenderungan untuk menarik element nya hingga putus.
    Bahan struktur yang paling baik digunakan untuk menahan gaya tarik adalah baja. Baja merupakan bahan dengan sifat struktur yang sangat baik, mempunyai kekuatan yang tinggi dan sama kuat pada kekuatan tarik maupun kekuatan tekan. Baja adalah element struktur yang memiliki batasan sempurna yang akan menahan beban jenis tarik axial, tekan axial dan lentur dengan fasilitas yang hampir sama

    Kelebihan gaya tarik sebagai berikut:
    Kuat tarik tinggi, tidak dimakan rayap, hampir tidak memiliki perbedaan nilai mulai dan susah, bisa di daur ulang dibandingkan stainless stel lebih murah, dibandingkan beton lebih lentur dan lebih ringan, dibanding alumunium yang lebih kuat.

    Gaya geser

    Gaya geser adalah keadaan gaya yang berkaitan dengan aksi gaya berlawan arah yang menyebabkan satu bagian struktur tergelincir terhadap bagian di dekat. Gaya geser umumnya akan terjadi pada balok tersebut. Jika suatu material tersebut tidak dapat menahan gaya geser itu maka element nya akan mengalami suatu keretakan.

    Bahan struktur yang paling baik digunakan untuk menahan gaya geser tersebut adalah baja. Meskipun umumnya akan terjadi pada balok tersebut dimana balok itu terbuat dari beton, akan tetapi dengan tambahan tulangan dari baja beton tersebut itu akan menjadi kuat terhadap gaya geser yang akan terjadi pada element tersebut .

    Gaya puntir

    Puntiran adalah suatu kombinasi yang mengalami oleh suatu benda biasanya bendanya poros dalam hal tersebut ini akan terjadi pada suatu struktur, dimana terjadi akibat adanya gaya yang akan berlawan arah terhadap kedua ujungnya atau disebut gaya puntir.

    Bahan struktur yang paling baik digunakan untuk menahan gaya puntir adalah baja, sama seperti gaya geser, gaya puntir tersebut sangat paling baik ditahan oleh struktur yang terbuat dari bahan seperti baja.  Hal tersebut karena baja mempunyai sifatnya yang lebih lentur dan kuat tekan juga lebih bagus dari pada bahan-bahan lainnya.

    Gaya tekuk

    Gaya tekuk adalah fenomena yang sangat tidak stabil yang akan menyebabkan element tidak dapat menahan beban tambahan sedikitpun bisa terjadi tanpa kelebihan bahan yang disebut dengan tekuk(buckling). Gaya tekuk dapat menyebabkan sesuatu struktur patah hingga hancur.

    Bahan yang paling banyak digunakan dan paling baik digunakan dan untuk menahan gaya tekuk tersebut adalah beton. Beton mampu memikul beban yang sangat berat dan memiliki kuat tekan yang tinggi.      (ALFitrah)


                                                                                                                                   

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Gaya dan Struktur Bangunan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar