Komponen Anatomi dan Fisiologi Dalam Sistem Alat Gerak

Daftar Isi

    LancangKuning Kata anatomy diambil dari bahasa Yunani (greek) yang makna harfiahnya di artikan sebagai “membuka suatu potongan”. Anatomi merupakan ilmu yang dipelajari di bagian dalam (internal) dan luar (external) struktur tubuh manusia dengan hubungan fisik dan tubuh bagian lainnya, contohnya yaitu mempelajari organ uterus dan semua posisi di dalam tubuh.

    Anatomi diartikan secara harfiah diterjemahkan dengan bahasa Latin, dan susunan “ana” adalah bagian yang pemisah dan ”tomi” merupakan potongan. Anatomi juga bisa diartikan sebagai ilmu untuk mempelajari bentuk dan susunan suatu tubuh yang baik dengan keseluruhannya maupun pada bagian-bagian alat tubuh yang satu dan yang lainnya.

    Kata Fisiologi juga diambil dati bahasa Yunani (greek) adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara suatu organisme mengerjakan fungsi utamanya. Contohnya adalah seseorang yang mempelajari fisiologi dan bagaimana uterus agar membesar pada saat kehamilan dan mengapa dinding uterus berkontraksi pada waktu persalinan. Fisiologi dimaknai dengan kata dari bahasa latin, yang berasal dari kata fisis (physis) merupakan suatu alam atau suatu cara kerja. Logos (logi) merupakan ilmu pengetahuan. Dan fisiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang faal atau suatu pekerjaan, fungsi, dari setiap jaringan tubuh atau bagian dari alat alat suatu tubuh dan fungsinya. Anatomi fisiologi merupakan dua hal yang memiliki kaitan yang erat satu dan yang lainnya secara teoritis dan secara praktikal, kemudian muncul konsep yaitu” semua fungsi dan di spesifik dibentuk oleh struktur yang spesifik”.

    Klasifikasi anatomi dan fisiologi

    Anatomi dibagi menjadi dua yaitu (1) anatomi mikroskopik (2) anatomi makroskopik. Anatomi mikroskopik merupakan pelajaran suatu struktur yang tidak akan bisa dilihat dengan mata telanjang. Pemeriksaan mikroskopik merupakan sitology dan histology. Sitology mempelajari dengan individual dan histologi mempelajari tentang suatu jaringan. Anatomi makroskopik mempelajari suatu struktur yang sangat besar yang dilihat langsung dengan mata telanjang.

    Fisiologi manusia merupakan ilmu yang mempelajari faal (fungsi) dari tubuh manusia. Spesifikasi fisiologi dari anatomi yaitu fisiologi sel(yang mempelajari tenteng fungsi sel dan semua bagian bagian nya), fisiologi spesifik( yang mempelajari tentang suatu organ), fisiologi sistematik(yang mempelajari tentang fungsi organ dengan sistematis), dan fisiologi patologika (yang mempelajari tentang efek penyakit yang terdapat pada suatu organ).

    Konsep anatomi dan fisiologi yang mengarah ke pada pendekatan suatu system tubuh, dan mengharapkan lebih memudahkan mahasiswa untuk mempelajarinya, mengidentifikasi, dan menunjukkan dengan menerapkan anatomi, fisiologi dengan konteks sistematik tubuh diintegrasikan dalam suatu ruang lingkup bidan.

    Istilah dan posisi anatomi

    Posisi anatomi adalah suatu tubuh yang posisinya tegak, menghadap ke depan, kepala tegak lurus , lengan disisi dan kedua tangan terletak di samping ibu jari berada di samping/luar.

    Untuk memudahkan dalam melakukan deskripsi anatomi, maka juga diletakkan garis-garis dan bidang-bidang khayal (imajiner) yakni:

    1. garis tengah atau sagittal adalah garis imajiner yang melintas dengan vertical menembus garis bagian tengah pada tubuh dari bagian atas yang kepala sampai ke bawahnya, diantara kaki dan membagi sisi menjadi dua, yaitu kanan dan kiri
    2. Membelah horizontal membagi tubuh menjadi beberapa bagian superior dan inferior.
    3. Pembelah sagital dapat membagi tubuh menjadi bagian yang kanan dan kiri, sejajar dengan garis tengah.
    4. Pembelah koronal dapat membagi suatu tubuh menjadi 2 bagian yaitu bagian anterior dan posterior.

    Ringkasan

    Anatomi merupakan suatu ilmu yang dipelajari bagian dalam(internal) dan luar(external) dari struktur tubuh seorang manusia dengan hubungan fisik dan bagian tubuh lainnya.

    Fisiologi merupakan dua hal yang bersangkutan erat satu dengan yang lain secara teoritis ataupun secara praktikal, setelah itu muncul konsep ”semua fungsi yang spesifik dibentuk oleh struktur yang sangat spesifik”.

    Posisi anatomi, adalah tubuh yang keadaan nya dalam posisi tegak, yag menghadap ke arah depan, kepala tegak lurus, dengan lenan disisi dan kedua tangan berada disebelah ibu jari berada di samping atau diluar.(Angga)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen Anatomi dan Fisiologi Dalam Sistem Alat Gerak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar