Masalah-Masalah Ekonomi

Daftar Isi

    LancangKuning - Selama ini permasalahan ekonomi yang terjadi di berbagai negara sangat kompleks, meskipun dalam lingkup kebijakan moneter ekonomi harus dimasukkan ke dalam kebijakan pemerintah.

    Perlu diperhatikan bahwa permasalahan ekonomi sering terjadi di dunia usaha dan bisnis, maka pemerintah perlu memperhatikan dampak perusahaan terhadap penerimaan negara. Oleh karena itu, biasanya masalah ekonomi adalah hal-hal yang muncul dan terjadi karena keinginan dan kebutuhan masyarakat yang tidak terbatas, sedangkan sumber daya yang disediakan sangat terbatas.

    Masalah ekonomi di dunia bisnis juga akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi, dan harus diketahui oleh masyarakat dan para pelaku bisnis apa saja yang muncul dari permasalahan ekonomi modern.

    Apa Itu Masalah Ekonomi?

    Sebenarnya masalah ekonomi adalah masalah yang muncul karena adanya keinginan atau kebutuhan, akan tetapi sumber daya tersebut terbatas. Sehingga contoh permasalahan ekonomi modern akan selalu muncul dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, permasalahan ekonomi merupakan hal yang jarang terjadi pada suatu negara dan seluruh lapisan masyarakat, akibat perilaku ekonomi dari waktu ke waktu yang menimbulkan permasalahan makroekonomi.

    Berikut ini adalah masalah-masalah ekonomi yang terjadi sebagai berikut:

    • Pengangguran dan Kemiskinan Menjadi Masalah Ekonomi Tertinggi

    Permasalahan ekonomi pertama yang terjadi di beberapa negara khususnya di Indonesia adalah kemiskinan dan pengangguran yang cukup tinggi yang dapat mempengaruhi peningkatan hasil usaha dan bisnis. Dengan demikian penyebab kemiskinan dan pengangguran akan menjadi penghambat kualitas produk yang tidak bisa dibeli oleh masyarakat yang sangat rendah.

    Sehingga dampaknya bagi para pelaku bisnis dalam memperoleh pendapatan untuk suatu usaha, sehingga bisa merotasi keuntungannya dan menghasilkan barang jadi, terhambat. Akibatnya, perusahaan berkembang akan bangkrut dan menyebabkan suatu negara mengalami krisis moneter. Cara mengatasi masalah ekonomi adalah dengan memberikan fasilitas kredit usaha kecil, bantuan langsung tunai, modal kerja dan lain sebagainya.

    • Daya Beli Rendah Terhadap Inflasi

    Kenaikan harga inflasi dalam daya beli suatu produk tidak berkembang, hal ini justru membuat daya beli masyarakat semakin menurun tajam. Sehingga dampak biaya produksi bagi para pelaku usaha juga semakin besar, karena jumlah produksi yang terakumulasi membuat pelaku usaha mengalami kerugian.

    Cara mengatasi masalah ekonomi adalah ketika terjadi inflasi, sehingga sistem ekonomi yang berkembang menyebabkan harga-harga naik dan peredaran uang semakin besar.

    • Kualitas Pertumbuhan Ekonomi Yang Tidak Stabil

    Permasalahan makro ekonomi yang sering terjadi dan berdampak pada suatu negara khususnya Indonesia sangat sulit untuk menjaga kualitas pertumbuhan ekonominya. Pasalnya, angka kemiskinan yang relatif tinggi, pengangguran masih di atas rata-rata, bahkan kesenjangan sosial masih jauh dari harapan dan masalah lainnya.

    Hal tersebut menjadikan permasalahan ekonomi sebagai salah satu penyebab penurunan kualitas pertumbuhan ekonomi suatu negara akibat menurunnya daya beli dan kualitas produk.

    • Kelemahan Daya Saing Pembeli

    Melakukan perekonomian dalam bisnis sering terjadi pada setiap pemilik bisnis, perusahaan yang tidak mampu bersaing dengan perusahaan lain akan kalah dalam persaingan bisnis. Oleh karena itu, daya tarik pembeli menyebabkan suatu produk dalam suatu bisnis menurun.   

    Hal ini juga berdampak pada pesaing dari perusahaan yang berada di luar negeri, dengan kesamaan produk dalam negeri maka akan membuat pembeli membandingkan keunggulan suatu produk.

    • Masalah Ekonomi Ekspor Dan Impor

    Permasalahan ekonomi suatu usaha di bidang impor pada perusahaan industri dapat dikatakan sebagai sistem perekonomian tradisional. Dapat mempengaruhi bisnis di bidang peternakan dan pertanian di Indonesia.

    Impor yang dinilai sangat tinggi adalah mengimpor kebutuhan bahan baku masyarakat, yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi semakin menurun dan impor semakin meningkat. Namun, ketersediaan produk dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tidak ter cukupi sehingga masyarakat lebih memilih untuk mengimpor kebutuhannya.

    Bahkan ekspor terbatas dalam suatu negara, khususnya Indonesia, tidak dapat mencapai pertumbuhan ekonomi, sehingga produk dalam negeri tidak sesuai dengan standar kualitas bahan baku.

    Demikianlah artikel yang saya buat semoga bermanfaat. (Haikal)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Masalah-Masalah Ekonomi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar