Hukum Permintaan Dan Penawaran

Daftar Isi

    LancangKuning - Penawaran dan permintaan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia khususnya dalam perekonomian, kita akan mempelajari semuanya secara lengkap jadi baca baik-baik ya.

    Pertama kita mulai dari pengertian permintaan, permintaan merupakan beberapa barang ataupun jasa untuk dibeli atau disewa untuk memenuhi kebutuhan seseorang dengan berbagai tingkatan harga dan waktu tertentu.

    Permintaan dibagi menjadi dua bagian, pertama permintaan absolute, permintaan absolute adalah permintaan bisa itu barang ataupun jasa secara umum bisa disertai kemampuan untuk membeli dan tidak. Kedua permintaan efektif, permintaan efektif merupakan permintaan terhadap barang ataupun jasa yang berbeda disertai dengan kemampuan untuk membeli.

    Permintaan juga memiliki hukum yaitu, hukum permintaan menganggap faktor yang lain bersifat tetap  dengan menyatakan bahwa pada saat harga barang atau jasa mengalami penurunan harga makan jumlah permintaan dan jasa juga akan mengalami peningkatan hal ini juga berlaku pada hal sebaliknya, ketika harga barang atau jasa mahal atau meningkat makan kebutuhan akan barang atau jasa tersebut juga akan menurun.

    Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah permintaan, dalam hukum permintaan harga dipengaruhi atas banyaknya jumlah barang atau jasa yang diminta pasar. Selain faktor diatas ada juga faktor lain seperti, harga setiap barang sendiri karena sesuai dengan hukum permintaan yaitu harga suatu barang selalu berpengaruh terhadap banyaknya permintaan.

    Faktor yang kedua ialah pendapatan masyarakat, ketika pendapat seseorang meningkat maka akan terjadi peningkatan jumlah terhadap barang ataupun jasa. Hal ini berlaku sebaliknya terhadap barang inferior seperti beras dan nasi jagung yang justru ketika pendapatan tinggi maka akan mengurangi jumlah barang yang akan diminta karena rata-rata orang kelas menengah saja yang membeli beras.

    Faktor ketiga ialah banyaknya kebutuhan yang diperlukan, beberapa orang selalu mementingkan kebutuhan yang hanya diperlukan saja dan ini juga menyebabkan permintaan terhadap suatu barang juga meningkat. Misalnya permintaan kue lebaran selalu lebih tinggi pada saat ramadan dari pada selain bulan ramadan.

    Faktor keempat ialah jumlah penduduk, sederhana saja, semakin banyak penduduknya makan sudah bisa dipastikan maka permintaan akan suatu barang dan jasa pasti akan meningkat.

    Faktor kelima ialah kesukaan terhadap suatu barang atau jasa, misalnya mobil listrik lebih digemari pada zaman sekarang dari pada  mobil konvensional pada umumnya.

    Terakhir, barang pengganti, ketersediaan barang pengganti tergantung pada jumlah barang utama yang diminta.

    Kurva terhadap permintaan merupakan relasi antara harga dan jumlah barang diminta pasar, perubahan harga suatu barang akan berpengaruh terhadap pergeseran kurva permintaan.

    Penawaran adalah barang ataupun jasa yang tersedia di pasar atau swalayan untuk dijual dengan berbagai tingkatan harga dan waktu yang tertentu.

    Hukum penawaran, dalam hukum penawaran berlaku hal sebaliknya terhadap permintaan yaitu, semakin tinggi harga barang atau jasa akan membuat penawaran terhadap barang ataupun jasa akan meningkat namun dengan asumsi faktor lain tetap digunakan.

    Faktor yang memenuhi penawaran, pertama biaya produksi karena rendah atau tingginya biaya produksi pasti akan berpengaruh terhadap banyaknya barang yang diproduksi hal ini berpengaruh terhadap penawaran.

    Kedua teknologi yang digunakan semakin canggih teknologi yang digunakan dalam memproduksi suatu barang maka makan efisien waktu untuk memproduksi suatu barang.

    Keempat harapan harga suatu barang di masa depan, misalnya produsen suatu barang mengetahui bahwa harga suatu barang akan menjadi mahal pada masa yang akan datang maka produsen akan menimbun barangnya dan kemudian akan dijual pada saat yang dibutuhkan dan hal ini meningkatkan keuntungan yang didapat,

    Kurva terhadap penawaran, kurva penawaran menggambarkan relasi antara harga dengan banyaknya barang atau jasa yang ditawarkan. Perubahan terhadap harga akan membuat perubahan pada kurva penawarnya. (Romi)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hukum Permintaan Dan Penawaran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait