Perbedaan Hukum Permintaan Dan Penawaran

Daftar Isi

    LancangKuning - Hukum permintaan merupakan suatu harga barang atau jasa turun maka jumlah permintaan akan naik sebaliknya saat harga barang yang diminta naik makan permintaan akan turun faktor lain yakni harga barang substitusi atau pengganti.

    Fungsi permintaan merupakan dimana saat harga barang naik kuantitas yang diminta akan turun sedangkan saat harga barang turun kuantitas yang diminta akan naik hal tersebut menggambarkan bahwa harga barang dan permintaan yang diminta saling memiliki hubungan negatif.

    Permintaan fungsinya mengikuti hukum permintaan yakni jika harga suatu produk yang diminta akan bertambah dan sedangkan fungsi penawaran adalah persamaan atau hubungan keterkaitan antara jumlah berang yang produsen tawarkan dengan harga barang di pasaran.

    Dalam penawaran merupakan suatu ilmu ekonomi  yang banyak barang atau jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu penawaran dipengaruhi oleh beberapa faktor.

    Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran adalah

    • Ketersediaan sumber daya
    • Jumlah penjual atau produsen
    • Tingkat harga
    • Harga barang pengganti
    • Biaya produksi
    • Waktu produksi
    • Kemajuan teknologi
    • Tingkat mobilitas faktor produksi

    Contoh penerapan hokum permintaan dalam kehidupan sehari-hari misalnya ketika harga satu mangkuk bakso di kantin sekolah Rp 5000 jumlah permintaan bakso di kantin sekolah sebanyak 100 mangkuk per hari namun ketika harga bakso naik menjadi Rp 8000 jumlah permintaan bakso menurun yaitu menjadi 40 mangkuk per hari.

    Penawaran merupakan suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga berang atau jasa yang ada di pasar dengan kualitas penawaran yang ditawarkan oleh seorang produsen fungsi penawaran digunakan oleh produsen dengan tujuan untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan banyak barang yang akan diproduksi dalam barang dan jasa.

    Hukum permintaan dan penawaran merupakan teori yang menjelaskan tentang interaksi antara penjual dan pembeli dalam suatu sumber daya tertentu dikutip dari Investopedia dan hukum permintaan dan penawaran menjelaskan  tentang hubungan keterkaitan antara harga suatu barang atau jasa ketersediaan dan jumlah orang yang membelinya.

    Kelebihan permintaan adalah terjadi ketika jumlah yang diminta melebihi jumlah yang disediakan dalam situasi ini harga pasar berada di bawah harga ekuilibrium sehingga memberikan tekanan ke atas pada harga produk disebut juga kelangkaan atau ekses permintaan.

    Hukum permintaan dan penawaran ini menjelaskan hubungan antara harga dan jumlah yang ditawarkan jika harga suatu benda di pasar meningkat akan bersedia untuk masuk lebih banyak produk jika harga objek di pasar juga akan meningkat lebih sedikit dan orang yang mau membelinya karena terlalu mahal.

    Kelebihan penawaran merupakan suatu kondisi dimana penerapan suatu harga (P1) mengakibatkan kuantitas penawaran (Q2) menjadi lebih besar dari kuantitas permintaan yang sebenarnya (Q1).

    Faktor-faktor yang mempengaruhi penawar adalah

    1. Biaya produksi barang
    2. Teknologi produksi barang
    3. Adanya produsen baru

    Kurva penawaran menjelaskan fungsi harga dengan jumlah barang yang ditawarkan dalam perubahan harga barang atau jasa tersebut mempengaruhi pergerakan kurva penawaran semakin tinggi harga barang maka penawaran terhadap barang tersebut pun akan semakin tinggi.

    Permintaan merupakan suatu jumlah barang atau jasa yang diinginkan dan mampu dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga dan pada waktu tertentu sedangkan penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual berbagai tingkat harga  yang akan di berikan dan pada waktu tertentu.

    Hukum permintaan menujukkan hubungan terbalik antara harga dan kuantitas yang diminta dan itu berlaku dalam sebagian besar situasi dalam kehidupan kita tetapi itu tidak berlaku untuk semua barang dan jasa.

    Hukum penawaran merupakan kenaikan harga jual barang yang ditawarkan maka jumlah penawaran bertambah sedangkan jika terjadi penurunan harga jual barang yang ditawarkan maka jumlah penawaran berkurang demikian bunyi hukum penawaran yang berlaku untuk umum dalam setiap penawaran dengan asumsi sentris peribus. (Aini)

     

     

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Hukum Permintaan Dan Penawaran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait