Fungsi Konstruksi Geometris

Daftar Isi

    LancangKuning - Secara khusus kita akan belajar tentang konsep geometry dasar seperti titik, garis, dan bidang, garis sejajar, tegak lurus, dan sudut. Sebelum lanjut membahas konsep-konsep tersebut kita harus lebih dulu mengetahui apa itu konstruksi geometris dan fungsinya.

    Konstruksi geometris adalah tata cara menggambar benda 3dimensi yang terukur dan dapat didefinisikan berdasarkan konstruksi geometris. Bentuknya bisa berupa garis, garis lengkung (busur), sudut, lingkaran, dan sebagainya. Materi tentang konstruksi geometri sangat penting dipejari oleh engineer pada gambar teknik. Berikut pengertian dari titik, garis, bidang, dan ruang karena konstruksi merupakan bagian dari bentuk-bentuk tersebut:

    • Titik

    Titik termasuk sesuatu yang tidak terdefinisi yang menempati suatu tempat. Titik juga bisa disebut abstrak karena tidak memiliki panjang, lebat, dan tinggi. Titik juga merupakan bagian terkecil dari suatu objek.

    • Garis

    Garis merupakan lapisan tertipis yang dapat digambar. Garis juga dikatakan suatu idea atau abstrak karena garis tidak bisa dijelaskan secara biasa. Garis memiliki panjang yang tak terbatas, lurus, dan mempunyai ketebalan, dan juga tidak mempunyai ujung.

    • Bidang

    Bidang merupakan bagian dari objek fisik. Bidang datar adalah irisan tertipis yang dapat di potong. Ciri-cirinya tak terbatas, tidak memiliki ketebalan, dan terus menerus dalam semua arah.

    • Ruang

    Ruang bisa dikatakan sebagai gabungan dari semua titik. Mempunyai ciri khas yaitu tidak mempunyai batas panjang, panjang, lebar, dan tinggi. Ruang juga termasuk sesuatu yang tidak terdefinisi.

    Jenis konstruksi geometris terdiri dari garis tegak lurus, segilima, segienam, atau bentuk lainnya yang berhubungan dengan gambar teknik, setiap jenisnya akan disesuaikan dengan kebutuhan pada gambar teknik. Jenis-jenis konstruksi geometri tersebut adalah sebagai berikur:

    1. Garis tegak lurus yaitu membagi garis menjadi dua sama panjang.
    2. Membagi sudut merupakan suatu cara membagi dua sudut agar menjadi sama besar walaupun sudut terbentuk tidak beraturan.
    3. Membuat segi lima yaitu merupakan cara membuat bentuk segi lima yang beraturan dan semua sisinya sama panjang.
    4. Membuat segi enam, jenis ini sama dengan cara membuat segi lima tujuannya juga untuk membuat semua sisinnya beraturan.
    5. Membuat elips, merupakan cara membuat bentuk elips yang rapid an presisi.

    Konstruksi geometris memiliki fungsi yang penting yaitu untuk membantu menyelesaikan pembuatan gambar teknik dan membantu memecahkan masalah dengan grafik dan diagram. Konstruksi geometris merupakan salah satu teknik yang di gunakan agar gambar terlihat lebih rapi, dan akurat, sehingga gambar dapat sesuai dengan yang diinginkan. Untuk menggambar konstruksi geometris sangat diperlukan adanya ketelitian, Karena selain menggambar kita juga akan memecahkan persoalan tentang grafik atau diagram.

    Untuk menentukan desain geometris, dibutuhkan empat alat penting yaitu kompas, penggaris lurus, busur derajat, dan jangka untuk membuat lingkaran. Awalnya orang Yunani kuno hanya menggunakan kompas dan penggaris lurus, namun karena adanya sudut dan bentuk lingkaran maka jangka dan busur derajat adalah penemuan selanjutnya dan dipakai sebagai alat untuk membuat desain konstruksi tersebut.

    Namun, sekarang atau lebih tepatnya zaman modern untuk mendesain konstruksi geometris sudah lebih mudah karena telah terciptanya beberapa software yang berkaitan dengan konstruksi geometris salah satunya adalah GeoGebra, apliikasi ini dikembangkan oleh Markus Hohirewarter di Universitas Florida Atlantik, yang dikembangkan sejak tahun 2011. Aplikasi ini merupakan aplikasi perhitungan matematika dinamis dengan menggabungkan ilmu geometri, aljabar, dan kalkulus, khususnya bangun ruang.

    Manfaat dari aplikasi GeoGebra antara lain:

    1. Geogebra dapat digunakan sebagai media penunjang proses pembelajaran matematika yang di fungsikan untuk memdemostrasikan konsep matematika khusus yang membutuhkan ketelitian tinggi.
    2. Program GeoGebra juga berguna untuk memberikan bantuan yaitu untuk melengkapi berbagai jenis software aplikasi yang ada pada computer.
    3. GeoGebra menawarkan kesempatan yang lebih efektif sebagai inovasi lingkungan belajar online yang memungkinkan pengguna mengeksplorasi berbagai konsep matematika.
    4. GeoGebra membantu memahami konsep yang membutuhkan ketelitian tinggi.
    5. GeoGebra juga bermanfaat untuk memudahkan membuat grafik dari persamaan yang sulit digambarkan secara manual.(Nurul Latifah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Konstruksi Geometris
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar