Kelebihan dan Kekurangan SolidWorks

Daftar Isi

    LancangKuning - Pengertian dan sejarah solidworks | SolidWorks adalah program komputer untuk pemodelan CAD (Computer Aided Design) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Dassault Systèm, yang berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows. Solidworks pada umumnya digunakan oleh insinyur atau desainer untuk merancang part permesinan atau susunan part permesinan yang ditampilkan dalam 3D atau tampilan 2D untuk gambar proses permesinan.

    SolidWorks Corporation didirikan pada tahun 1993 oleh Jon Hirschtick, seorang lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) dengan merekrut beberapa insinyur untuk membangun perusahaan yang mengembangkan program komputer CAD 3D, berkantor pusat di Concord, Massachusetts, dan merilis produk pertama, SolidWorks 95, pada tahun 1995. SolidWorks dirilis sebagai pesaing untuk program CAD lain seperti Unigraphics, Autodesk Inventor, Autodesk AutoCAD, NX Siemens, dan CATIA dengan harga yang lebih terjangkau.

    Pada tahun 1997, Dassault Systèmes, Pengembang program CATIA CAD, mengakuisisi SolidWorks dan memiliki 100% saham milik SolidWorks. SolidWorks sudah digunakan oleh lebih dari 3 juta pengguna dan digunakan di lebih dari 80.000 perusahaan di seluruh dunia.

    Fungsi-fungsi SolidWorks

    SolidWorks adalah software pemodelan 3D yang menggunakan desain parametrik, yang mana menghasilkan 3 jenis file yang berkaitan dengan tiga konsep dasar Solidworks: part, assembly, dan drawing. File-file ini saling berhubungan satu sama lain, dan modifikasi sekecil apapun dapat mempengaruhi ketiga file yang berhubungan tersebut. Ketiga file tersebut dinamai fungsi, dan fungsi tersebut merupakan dasar yang penting dalam membuat model di SolidWorks.

    Solidwork merupakan software yang digunakan untuk membuat desain produk dari yang sederhana sampai yang kompleks seperti roda gigi, mesin mobil, alat konstruksi, alat pertanian, dan sebagainya. Software ini wajib dipelajari bagi yang berkecimpung dalam dunia teknik, khususnya teknik mesin dan teknik industri, karena SolidWorks sangat sesuai dibidang teknik dan prosesnya lebih cepat daripada software lainnya. File desain dari SolidWorks bisa di ekspor ke software analisis seperti Ansys dan model desain juga bisa disimulasikan, dianalisa kekuatan dari desain secara sederhana, maupun dibuat animasinya.

    Fungsi utama SolidWorks yaitu:

    1. Part

    Part adalah sebuah objek 3D yang terbentuk dari fitur-fitur. Sebuah part merupakan sekumpulan fungsi solid yang terdiri dari relasi anterior, geometri, dan relasi Boolean. Sebuah part bisa menjadi sebuah komponen pada suatu assembly, dan juga bisa dibuat dalam bentuk 2D pada sebuah drawing. Fitur adalah bentukan dan operasi yang membentuk part. Base feature merupakan feature yang pertama kali dibuat. Extension file untuk part SolidWorks adalah .SLDPRT.

    1. Assembly

    Assembly adalah gabungan dari beberapa parts, feature dan assembly lain (Sub Assembly) yang disatukan. Extension file untuk SolidWorks Assembly adalah .SLDASM.

    1. Drawing

    Adalah templates yang digunakan untuk membuat gambar kerja 2D/2D engineering Drawing dari single component ( part ) maupun Assembly yang sudah kita buat. Extension file Untuk SolidWorks Drawing adalah .SLDDRW.

    Kelebihan dan Kekurangan SolidWorks

    Kelebihan

    • User friendly (Sangat mudah digunakan)
    • Referensi dan tutorial mudah dicari di internet
    • Penggambaran (Rendering) 3d sangat baik dan realistis
    • Satu package cukup lengkap modulnya selain simulation, juga terdapat piping, electrical, plastics, moulding,
    • Sangat aplikatif dan mudah untuk di gabung dengan software analisa yang lain
    • Penggambaran detail drawing 2D, annotation, section, thickness, dan 3D View cukup mudah dan secara otomatis dapat dilakukan tanpa membuat lagi satu demi satu.

    Kekurangan

    • Membutuhkan komputer berspesifikasi bagus dan peforma tinggi, terutama ketika melakukan simulasi dan render
    • Dalam hal simulasi, masih disarankan untuk menggunakan ANsys atau Catia yang memiliki peforma yang lebih tinggi, karena peforma dari solidworks ini tidak sebagus CATIA atau ANsys
    • Panjang garis maksimal yang bisa dibuat adalah 1000 m.(Syahdan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan SolidWorks
    Sangat Suka

    62%

    Suka

    37%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar