Perbedaan Catia Dan Solid Works

Daftar Isi

    LancangKuning Catia merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang komersial yang multi platform nya CAD/CAME/CAE , yang untuk mendesain dengan bantuan komputer, manufaktur yang dengan bantuan komputer  yang dikembangkan oleh  sebuah perusahaan di perancis dan ditulis dengan bahasa pemrograman C++ dan lainnya .
    Software jenis ini tidak hanya digunakan untuk menggambarkan 2D dan 3D saja , akan tetapi software ini juga dapat digunakan untuk membuat perencanaan dan perancangan sebuah proses pe mesin an dari suatu produk, membuat simulasi nya, serta menganalisa sebuah karakteristik dari sebuah produk tersebut. Dan banyak industri-industri yang menggunakan catia  terkemuka dari aerospace, perkapalan, automotive.

    Software catia banyak menyediakan solusi yang terpadu untuk dapat menyederhanakan dan memudahkan sebuah proses desain dan analis dari sebuah struktur. Dan dengan proses tersebut, apabila hilangnya data atau informasi bisa dihindari dan waktu untuk proses analis nya juga akan menjadi lebih singkat.
    Adapun desain dan analis yang diberikan oleh catia adalah sebagai berikut:

    • Catia untuk desain (gambar geometri)
    • Catia untuk pembuatan model elemen
    • Catia untuk perhitungan berbasis metode elemen
    • Catia untuk dapat menampilkan hasil dari sebuah analis secara detail dari perhitungan tersebut.

    Jenis-jenis model dari catia

    1. Model Fisik
      Model ini menjadi alat yang sangatlah efektif untuk dapat men komunikasi kan sebuah informasi yang tertentu mengenai objek tersebut , misalnya dengan semua keseluruhan dari bentuk dan hubungan antar komponen. Namun apabila jenis model fisik yang digunakan , maka akan banyak aspek-aspek yang praktis yang akan tetap tinggal sebagai imajinasi, dan model fisik juga sulit dan membutuhkan waktu yang sangat lama dalam membuat dan merevisi nya.
    2. Model Datar
      Proses ini dimulai dengan sebuah konsep tentang suatu objek dalam pikiran seorang perancang dan proses ini diakhiri dengan pembuatan objek yang nyata di pabrik , dan akan tetapi diantara kedua proses tersebut, maka objek tersebut akan di presentasi kan dalam dua bentuk yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi dan banyak waktu dan tenaga yang akan terbuang.
    3. Model Digital
      Model ini merupakan model yang matematis dari suatu objek yang nyata. Komputer akan memanipulasi angka-angka yang menampilkan citra grafis dan informasi yang terdapat di dalam angka-angka tersebut .

    Solid works merupakan salah satu cad software yang dibuat oleh dassault system yang digunakan untuk merancang permesinan atau susunan permesinan yang berupa assembling yang dengan tampilan 3d untuk dapat mempresentasikan past sebelum real part nya dibuat ataupun tampilan 2d untuk gambar proses permesinan. Pada saat ini sudah banyak industri manufaktur yang sudah memakai jenis software ini.
    Solid works juga dapat dipercaya sebagai perangkat lunak yang membantu proses sebuah desain suatu benda atau bangunan dengan mudah. Dan keunggulan solid works ini adalah mampu menyediakan sketsa 2D yang ubah menjadi bentuk 3D. Dan selain itu juga pemakaiannya juga sangat mudah karena memang dirancang khusus untuk mendesain sebuah benda yang sederhana maupun yang rumit .

    Fitur –fitur dasar solid works

    • Extrude
      Merupakan garis yang menarik tegak lurus terhadap bidang sketsa 2 dimensi sehingga menjadikan sketsa menjadi 3 objek dimensi. Extrude dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu extrude cut dan boss. Extrude cut digunakan untuk membuat lubang dan menghilangkan bagian dari 3 objek dimensi , dan sedangkan extrude boss digunakan untuk membuat objek 3 dimensi.
    • Swept
      Fitur ini digunakan untuk membuat bentuk-bentuk seperti pipa, dan  untuk menggunakan jenis fitur ini dibutuhkan suatu 1 sketsa yang tertutup dan 1 sketsa yang berupa garis.
    • Loft
      Loft dapat digunakan untuk membuat objek seperti teropong, piramida , kerucut, dan masih banyak lainnya. Dan untuk menggunakan fitur ini dibutuhkan 2 sketsa yang tertutup dan 2 sketsa yang sejajar.
    • Shell
      Fitur ini biasa digunakan untuk membuat part yang berongga. Dan rongga dapat dibuat dengan memilih face atau permukaan yang hendak ingin di lubangi. (Syaidah).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Catia Dan Solid Works
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar