Kelebihan dan Kekurangan Archicad

Daftar Isi

    LancangKuning -  ArchiCAD adalah perangkat lunak berorientasi desain arsitektur yang kompatibel dengan sistem operasi Mac dan Windows dan dikembangkan oleh Graphisoft Company yang merupakan perusahaan Hungaria. Selama proses desain teknik dan estetika ArchiCAD menawarkan solusi desain berbantuan komputer dari berbagai komponen serta aspek desain lingkungan item atau objek arsitektur.

    Ini dirancang khusus untuk BIM (Building Information Modeling) dan CAD. Rilis pertama dari perangkat lunak ini dikembangkan pada tahun 1982 yang hanya kompatibel dengan Mac dan setelah beberapa waktu kemudian dianggap sebagai perangkat lunak CAD pertama untuk komputer pribadi yang dapat membuat desain geometris 2D dan 3D dan juga dianggap sebagai produk komersial pertama BIM untuk komputer pribadi.

    Bagaimana ArchiCAD Bekerja?

    • Ia bekerja dengan objek parametrik yang berarti memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan parameter objek dan pengguna menyebut objek ini sebagai objek pintar. Teknik ini membedakan perangkat lunak ini dari perangkat lunak CAD lain yang dikembangkan bersamaan dengan tahun 1980-an.
    • Ia memiliki kemampuan untuk merancang bangunan virtual dengan komponen virtual seperti pelat, dinding, pintu, atap dan banyak objek lain yang terlibat dalam struktur arsitektur. Anda dapat menemukan sejumlah objek pra-desain dalam software ini yang memudahkan pekerjaan Anda dalam software ini.
    • Jika Anda berbicara tentang apa peran ArchiCAD dalam desain 2 dimensi dan 3 dimensi? maka kami akan mengatakan ya itu memiliki peran penting dalam desain 2D dan 3D dan juga dapat membuat desain 2D dan 3D dengan beberapa fitur menariknya dan Anda selalu dapat mengekspor desain 2D kapan saja.
    • Model tiga dimensi dari desain dua dimensi itu akan disimpan dalam database perangkat lunak ini untuk Anda gunakan di masa mendatang. Perubahan yang Anda buat dalam desain Anda akan diperbarui setiap saat.

    Mengapa Kita Membutuhkan ArchiCAD?

    • Seperti yang kita ketahui, software ini dirancang untuk desain arsitektural pada tahun 1982 dan kemudian pada tahun 1984 juga diperkenalkan untuk desain BIM yang berarti membuktikan dirinya untuk memberikan informasi rinci tentang pemodelan berbagai jenis struktur bangunan atau struktur arsitektural melalui proses perancangannya sehingga telah sekarang berdampak baik pada industri desain arsitektur.
    • Dalam 36 tahun pekerjaannya yang berdedikasi penuh terhadap bidang perancangan arsitektur, ia mengembangkan banyak teknik perancangan untuk desain dua keputusan serta model tiga dimensi dengan banyak fitur bagus.
    • Jadi kita harus mencoba software ini karena memiliki pengetahuan tentang lingkungan kerjanya.

    Kelebihan dan kekurangan archicad

    Meskipun ini adalah perangkat lunak yang sangat membantu dalam bidang desain arsitektur bagi arsitek tetapi kami harus menganalisis pro dan kontra keduanya. Jadi mari kita lihat ini juga untuk meningkatkan tingkat pengetahuan kita tentang itu. 

    Kelebihan:

    Kami dapat menemukan sejumlah keunggulan software ini dalam desain arsitektural selama menggunakannya.

    • Keuntungan pertama dari itu adalah ia memiliki antarmuka kerja yang sangat ramah pengguna yang dapat Anda sesuaikan dalam tema yang berbeda sesuai dengan kesesuaian Anda.
    • Selanjutnya adalah Anda dapat dengan mudah merancang desain dasar konseptual di dalamnya dengan menggunakan objek geometris yang dapat disesuaikan dan dimodifikasi dengan mudah, Anda dapat menggunakan pemodelan tarik dan dorong dengan cepat dalam perangkat lunak ini, beberapa ekstrusi objek juga dimungkinkan di dalamnya.
    • Yang ketiga adalah dapat membuat gambar model yang realistis dengan seperangkat alat rendering fotorealistik yang besar. Ini memiliki fitur CineRender yang memungkinkannya untuk membuat model dalam resolusi tinggi dan kemudian Anda dapat meningkatkan cahaya, tekstur, bayangan, kecerahan dan banyak lagi dalam model Anda untuk memberikan tampilan yang lebih realistis.
    • Yang keempat yang penting tentang perangkat lunak ini adalah Produksi serta alat pengeditan yang lebih stabil dan intuitif daripada perangkat lunak sejenis lainnya di bidang arsitektur.
    • Ini memiliki konsep yang lebih jelas untuk desain tertentu karena tidak macet dengan fungsi teknik yang tidak berguna.

    Kekurangan:

    Karena banyak keuntungan dari perangkat lunak ini, kami juga memiliki beberapa kekurangan:

    • Kerugian pertama dari itu adalah bahwa meskipun memiliki antarmuka pengguna yang sangat baik tetapi Anda mungkin menghadapi fleksibilitas yang kurang selama penyesuaian antarmuka pengguna dibandingkan dengan perangkat lunak lain yang serupa untuk perancangan arsitektur.
    • Kerugian kedua adalah Anda mungkin menghadapi masalah selama pengaturan dan penyesuaian beberapa fitur itu yaitu Revisi atau Manajer Perubahan, alat Tangga dan Railing baru dan banyak lagi.
    • Kerugian ketiga itu menciptakan masalah selama transfer detail standar ke dalam proyek. Sehingga dibutuhkan sistem pertukaran yang ditingkatkan untuk transfer informasi.

    Penggunaan ArchiCAD

    Seperti yang telah kita lihat di atas bahwa software ini berfungsi untuk mendesain struktur arsitektural dan kompatibel dengan sistem operasi Mac dan Windows sehingga banyak perusahaan yang menggunakannya untuk keperluan perancangan model 2d dan 3d struktur arsitektural seperti gedung, interior, objek interior dan masih banyak lagi. hal-hal untuk memenuhi keinginan klien mereka.

    Demikianlah beberapa aspek penting tentang software ArchiCAD yang merupakan software yang sangat bagus di bidang perancangan arsitektur.(Syaidah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Archicad
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar