Cabang Ilmu Geologi

Daftar Isi

    LancangKuning Geologi merupakan suatu bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian yang telah mempelajari segala sesuatu yang mengenai sebuah planet bumi beserta seisinya yang sudah ada sebelumnya untuk dapat mengakses suatu ilmu pengetahuan di bumi. Ilmu ini akan mempelajari komponen yang berasal dari benda-benda sekecil atom hingga ukuran benua, samudera, cekungan dan rangkaian pegunungan yang akan dibuat berdasarkan dengan apa yang akan digunakan sebagai komponen ilmu biologi tersebut.

    Manfaat Ilmu Geologi

    Dalam geologi ini akan terdapat sebuah teknik yang telah mempelajari sifat batuan dan tanah dengan beserta kekuatannya, dan struktur-struktur geologi yang ada pada tanah akan dibuat menjadi stabil. Dan dengan batuan tersebut serta geomorfologi daerah sekitarnya akan membantu anda dalam menggunakan ilmu geologi dari segi kegunaan atau ilmu geologi teknik yang akan dapat dimanfaatkan untuk mengantisipasi terjadinya sebuah longsor dan akan dapat diperhitungkan kapan saja dan dimanapun berada.

    Berikut ini ada beberapa cabang ilmu geologi yang dapat anda telusuri dengan apa yang akan anda gunakan berdasarkan sistem ilmu geologi dengan baik.

    1. Mineralogi
      Mineralogi ini merupakan salah satu cabang dari ilmu geologi yang telah mempelajari tentang krimin (Kristal dan mineral) yang mempunyai sifat dan ciri-ciri fisik dalam sebuah kristal dan mineral yang terdapat dalam batuan mineralogi untuk membantu suatu perkembangan di dalamnya.
    2. Petrologi
      Petrologi merupakan salah satu cabang dari ilmu gelogi yang akan mempelajari tentang suatu batuan secara megaskopis, genesa batuan, struktur, tekstur, komposisi, manfaatnya dan penamaan dalam batuan yang terdapat di atas permukaan bumi untuk lebih mudah dibuat dengan adanya komposisi tersebut. Petrologi juga telah memiliki suatu cabang ilmu yang disebut dengan petrografi
    3. Stratigrafi
      Stratigrafi juga merupakan salah satu dari suatu cabang ilmu geologi yang telah mempelajari tentang sebuah batuan dalam penyebarannya, komposisi, ketebalan, umur, keseragaman, sifat lapisan maupun genesa batuan tersebut dengan menggunakan sistem geologi yang akan dibuat dengan baik dan lebih teliti. Stratigrafi dalam SSI ada litostratigrafi dan vulkanostratigrafi, dengan ini akan mempermudah anda dalam melakukan atau menjalankan suatu sistem geologi.
    4. Paleontologi
      Paleontologi merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang fosil dan jejak-jejak yang akan terdapat dalam batuan sehingga kita dapat meningkatkan atau menginterprentasikan dengan apa saja yang terjadi dalam keadaan masa lampau.

    Dengan berdasarkan jenis dan ukuran fosil dan paleontologi akan dapat dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut.

    • Makropaleontologi
      Makropaleontologi merupakan salah satu dari cabang ilmu paleontologi yang telah sekian lama mempelajari tentang sebuah fosil secara megaskopis yaitu dengan mata telanjang tanpa bantuan alat apapun itu.
    • Mikropaleontologi
      Mikropaleontologi ini juga merupakan salah satu cabang ilmu paleontologi yang mempelajari tentang adanya sebuah fosil secara mikroskopis dengan bantuan alat mikroskop  yang akan membantu anda dalam melakukan pembuatan ilmu geologi.
    1. Vulkanologi
      Vulkanologi ini merupakan salah satu dengan melakukan pekerjaan dengan menggunakan suatu cabang ilmu geologi yang telah mempelajari tentang sifat, ciri-ciri, genesa gunung api serta dampak terhadap kehidupan dari sekitar gunung api.
    2. Seismologi
      Seismologi juga merupakan salah satu dari cabang ilmu geologi yang mempelajari tentang gempa bumi. Dan akan membantu anda untuk berhati-hati dalam melakukan pekerjaan yang akan anda olah dengan ilmu geologi tersebut.
    3. Sedimentologi
      Sedimentologi merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang telah mempelajari tentang suatu batuan dalam sedimen yang terdiri atas klasifikasi, jenis dan macam-macam adanya bantuan yang diperolehnnya serta genesa batuan dari sedimen.
    4. Geologi Struktur
      Geologi struktur ini merupakan salah satu cabang dari ilmu geologi yang mempelajari tentang sebuah struktur dalam menjalankan ilmu geologi yang dimana struktur geologi ini dapat berupa patahan dan lipatan yang akan medeformasi dari permukaan bumi.(Pinta).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cabang Ilmu Geologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar