Tujuan Presentasi

Daftar Isi

    LancangKuning - Presentasi merupakan suatu kegiatan seseorang yang akan berbicara di hadapan banyak hadirin atau dari salah satu bentuk suatu komunikasi oleh yang menyampaikan prensentasi di hadapan semua orang yang menyaksikannya. Presentasi juga merupakan suatu kegiatan atau pengajuan suatu topik pendapat atau suatu informasi yang akan anda sampaikan didepan umum.

    Tujuan Presentasi

    Dapat untuk membujuk, menginformasikan, meyakinkan atau untuk menjadi presentasi semakin baik dalam menyajikan suatu presentasi yang akan dibuat sehingga orang yang masih belajar dapat juga mempelajari suatu objek tersebut sehingga orang yang sering belajar tentang ahli presentasi juga akan ada banyak pembicara yang terkenal dan lebih sering diamati oleh orang-orang yang ingin tahu bagaimana cara berbicara didepan umum agar tidak grogi atau tidak fokus dalam menyampaikan suatu presentasi.

    • Meyakinkan Pendengar

    Mula-mula yang asalnya telah memiliki suatu unsur ketidakjelasan dan ketidakpastian dalam menyampaikan isi dari teks yang telah dibuat sehingga ketika diadakan suatu presentasi oleh seorang pembicara atau seorang kelompok tersebut akan menjadi yakin dengan informasi yang diberikan kepada orang yang mendengarkan apa yang telah anda sampaikan di depan umum.

    • Menghibur Pendengar

    Seorang presenter telah dituntut untuk dapat melakukan pembicaraan yang sifatnya sangat menghibur penonton tetapi relevan dan profesional sehingga para penonton akan dapat menyaksikannya dengan tenang dan akan terhibur dalam mendengarkan presentasi yang sudah disampaikan.

    Jenis-Jenis Presentasi

    • Presentasi dadakan (Impromptu)

    Pembicara impromptu merupakan jenis suatu presentasi yang akan dilakukan secara mendadak tanpa adanya persiapan apapun dalam melakukan sesuatu. Dalam hal ini seorang pembicara juga akan ditunjuk langsung untuk menyampaikan suatu informasi kepada para pendengar tanpa melakukan persiapan segala sesuatunya untuk digunakan, baik itu mengenai tema pembicaraan maupun alat bantu yang akan digunakan dalam hal penyampaian tema dalam presentasi yang ingin anda sampaikan didepan umum.

    Kelebihan Presentasi

    1. Suatu informasi yang akan disampaikan harus sesuai dengan perasaan yang dialami seorang pembicara yang sesungguhnya dan membuat pendengar tertarik untuk mendengarkan apa yang disampaikan.
    2. Kata atau rasa yang keluar merupakan hasil dari spontanitas dengan rasa percaya seorang pembicara untuk berdiri di didepan umum.
    3. Akan membuat seorang pembicara terus berfikir selama menyampaikan suatu informasi untuk lebih baik dalam menceritakan atau mempersembahkan topik yang sudah dibuat.

    Kelemahan Presentasi

    1. Suatu informasi yang akan disampaikan dengan tersendat-sendat disebabkan karena membutuhkan waktu untuk berfikir dan mengolah kata-kata yang akan ditampilkan dengan baik dan untuk membuat semua penonton berpihak padanya.
    2. Presentasi tidak berurutan/sistematis dalam suatu penyampaiannya karena secara mendadak untuk menyampaikan informasi yang telah anda buat untuk presentasi anda didepan semua penonton yang akan mendengarkannya.
    3. Akan terjadi demam panggung kepada seorang pembicara apabila belum ada sama sekali persiapan apapun mengenai apa saja yang harus disampaikan untuk objek.
    • Presentasi Naskah (Manuscript)

    Merupakan jenis dalam suatu presentasi yang dimana terdapat di tema yang akan anda tunjukkan didepan semua penonton dalam menyampaikan suatu informasi dengan menjamin anda untuk tetap fokus dan terlihat baik di hadapan semua orang.

    • Presentasi Hafalan (Memoriter)

    Merupakan jenis suatu presentasi yang akan dilakukan dengan dapat menghafal suatu teks yang telah disediakan sebelumnya untuk objek anda. Berbeda juga dengan jenis manuscript, memoriter ini tidak akan menggunakan naskah dalam suatu penyampaian untuk di dengar oleh sekelompok pendengar. Tetapi akan semakin baik untuk menghafalkan isi dari teks yang anda buat.

    • Presentasi Ekstempore

    Merupakan jenis presentasi yang paling baik untuk dilakukan dengan mudah dibandingkan dengan jenis presentasi lainnya. Pembicara juga akan mempersiapkan suatu materi dengan garis besarnya saja, kemudian pada saat akan mempresentasikan teks, anda akan dapat untuk menjabarkan isi dari tema anda secara mendetail atau tidak ada kesalahan dalam penyampainnya.(Pinta).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tujuan Presentasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar