Manfaat Peta Minda

Daftar Isi

    LancangKuning - Tanpa kita sadari ada banyak teknik atau metode yang sebenarnya dapat monolog kita dalam bekerja, belajar, berbisnis, atau dalam kehidupan sehari-hari untuk memahami sebuah gagasan atau konsep. Peta minda atau sering di sebut mind map menjadi teknik yang paling popular untuk mengatur ide dan memvisualisasikan ide-ide baru.

    Peta minda atau peta pikiran membuat penjelasan terhadap suatu hal lebih mudah untuk di ingat menjadi mudah dengan grafik, bagan, dan diagram. Peta pikiran bisa membuat kamu atau tim memvisualisasikan pikiran dengan kolaborasi waktu nyata.

    Peta pikiran dipopulerkan oleh Tony Buzan berprofesi penulis inggris dan konsultan pendidikan pada tahun 1970an. Ide peta pikiran termotivasi dari Leonardo da Vinci dan Albert Einstein. Pengamatannya dalam bidang teknologi computer pada tahun 1971 menjadi pertanyaan untuk dirinya “mengapa computer perlu manual pemakaian ribuan lembar untuk dapat beroperasi? Tetapi “mengapa manusia sebagai makhluk berfikir bisa jauh lebih hebat. Tanpa manual manusia bisa melakukan rekayasa dan tindakan yang dahsyat, misalnya mengubah dunia?”

    Karena perbedaan kemampuan komputer dengan manusia ini yang kemudian Buzan mengeksplorasi daya pikir manusia dengan rekayasa model dalam pengembangan potensi manusia. Dari pertanyaan tersebut muncullah pemetaan pikiran.

    Manfaat Peta Minda

    Buzan menjelaskan bahwa peta pikiran bermanfaat untuk meningkatkan dalam hal daya ingat, kreativitas, dan produktivitas. Kemudian bisa membebaskan diri dari semua jeratan aturan ketika mengawali belajar, meringkas isi sebuah buku, membuat rencana, merangsang bekerjanya otak kiri dan kanan, dan punya efek yang menyenangkan.

    Penelitian psikologis mengungkapkan bahwa peta pikiran meningkatkan kreativitas dengan membantu otak mempertimbangkan ide dari berbagai sudut pandang. Itulah sebabnya mengapa peta pikiran juga merupakan teknik yang cukup efektif untuk melakukan curah pendapat dan pengambilan keputusan, serta untuk memahami konsep dan proses kompleks

    Peta pikiran bisa dibuat dengan menggunakan media online ataupun offline. Media offline bisa menggunakan media spidol, pensil warna, bolpoin, untuk membuat hasil peta pikiran bisa dibaca dengan mudah dengan pembedaan warna. Media online bisa menggunakan aplikasi gratis, atau uji coba gratis dan yang selanjutnya berbayar.

    Software Peta Minda

    Perangkat lunak dengan versi gratis bisa dipakai untuk membantu membuat peta minda. Beberapa perangkat lunak itu antara lain, MindMeister, Mindly, Ayoa, Mindomo, Coggle, Venngage, dan Bubbl.us.

    Adapun perangkat lunak yang bisa digunakan dengan uji coba gratis seperti Mindjet, MindManager, Padlet, Drakonhub, Cacoo dan iMindQ.

    Penggunaan Peta Pikiran

    Penggunaan peta pikiran ataupun peta minda bisa di gunakan untuk banyak hal. Ada beberapa contoh penggunaan peta pikiran ini sebagai penjelasan berikut :

    1. Barinstroming, Dengan cara menggambar kotak yang dengan tema awal dan focus. Tambahkan kotak baru ketika ide memasuki pikiran. Kemudian, tambahkan ide baru tersebut ke kotak kosong dan segera mencari banyak ide baru untuk dibuat.
    2. Manajemen Tugas, Memuaskan peta pikiran perihal tugas dan berbagai langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan. Gunakan peta untuk menetapkan peran dan tanggung jawab kepada tim kamu. Ini membuat mereka mendapatkan informasi tentang peran yang mereka dapatkan sendiri dan bagaimana mereka berhubungan dengan anggota tim yang lain.
    3. Pencatatan, catatan yang telah di tulis linear bisa mempersulit ketika ingin menemukan beberapa informasi kembali yang diperlukan. Berbeda dengan catatan yang telah dipetakan pikiran dapat mempermudah kembali untuk menemukan informasi yang diperlukan secara cepat.
    4. Perencanaan Acara, Peta pikiran dapat membantu kamu untuk menyimpan semua opsi secara sekilas. Gunakan peta untuk mengevaluasi, masing-masing saat harus membuat keputusan akhir. Gunakan juga untuk melacak semua tugas serta tanggung jawab yang kamu perlukan.
    5. Strategis Bisnis, Mengembangkan strategi bisnis dengan peta pikiran bisa tersusun secara detail. Bahkan strategi tersebut bisa berjalan dengan lancar karena peta pikiran bisa berjalan dengan lancar karena peta pikiran bisa membuat secara detail rencana yang terekam secara baik. Jadi, peta berfungsi sebagai pengingat langkah-langkah yang diperlukan untuk berhasil.

    Kekurangan Peta Minda

    Peta pikiran ini memiliki berbagai manfaat tersendiri, tetapi bukan berarti ia tidak memiliki kekurangan. Ketika diterapkan, peta pikiran belum tentu bisa diterima oleh semua orang. Tidak semua orang tertarik terhadap peta pikiran karena setiap orang mempunyai cara belajar dan berfikir masing-masing.

    Peta pikiran bisa membuat orang yang sedang melakukan brainstorming bahkan mampu memunculkan ide-ide baru. Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa berfikir logis terhadap ide-ide tersebut. Agar dapat memahami perihal peta pikiran, kita terlebih dahulu harus tau manfaat peta pikiran yang dimana dapat memberikan informasi dan struktur penjelasan sendiri yang dapat di pahami dengan baik oleh siapa saja yang mengambil bagian dalam pembuatannya.(Tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Peta Minda
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar